Wednesday, October 26, 2016

Pengajian Mesjid Nurul Hikmah tg 25-10-16 oleh Ustad Adrian Parlindungan

Pengajian Mesjid Nurul Hikmah tg 25-10-16 oleh Ustad Adrian Parlindungan (0817737610)

Kita selalu mencari kebahagian, walaupun semua tindakan kita belum tentu menghasilkan kebahagiaan. Menurut Al Quran, hanya orang yang beriman dan beramal sholeh saja yang berpotensi mendapatkan kebahagiaan.

Apabila kita memiliki sebuah rumah, perasaan kita akan senang tapi bukan bahagia, karena perasaan senang berkaitan dengan nafsu. Tapi apabila rumah tsb kita gunakan untuk tindakan kebaikan seperti pengajian, maka kita akan bahagia karena perasaan bahagia berkaitan dengan hati.

Kunci kebahagiaan adalah bersyukur kepada Allah karena mendapat nikmat Allah. Sedangkan orang yang mengeluh adalah orang yang paling miskin karena memandang segala sesuatu dengan kacamata negatif.


Ada sebuah penelitian oleh seorang profesor di Amerika sekitar 10-15 th yang lalu yaitu hubungan antara bersyukur dengan kebahagiaan, kesuksesan dan kesehatan. Ternyata hasilnya adalah orang yang bersyukur maka dia akan lebih bahagia, lebih sukses dan lebih sehat.

Bersyukur harus diiringi dengan perbuatan kebaikan. Kita merasa Allah memberikan kenikmatan bagi kita, maka kita akan bersyukur dan mengucapkan alhamdulillah, tapi harus diiringi perbuatan kebaikan agar menghasilkan kebahagiaan.

Misalnya kita kita memperoleh uang yang banyak, maka kita merasa Allah memberikan kenikmatan, maka kita akan bersyukur dan mengucapkan alhamdulillah, tapi harus diiringi perbuatan kebaikan yaitu sedekah agar menghasilkan kebahagiaan.

Surat 7 Al-A’raf Ayat 172 : Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap roh mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari Kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini."
Maksudnya : Ketika ruh ditiupkan kedalam tubuh pada hari ke 120, dan dia bersaksi “tiada Tuhan selain Allah” maka itulah disebut Fitrah, dan semua bayi lahir dalam keadaan suci, karena semua fitrah sudah bersumpah kepada Allah.

Contoh-contoh tindakan yang memberi kebahagiaan adalah silaturahmi, sedekah, menuntut ilmu, berbakti kepada ortu, saling berbagi dll.

Mencari kebahagiaan itu asalnya bukan dari luar diri kita, melainkan dari dalam diri kita, karena bahagia merupakan citra Ilahi. Misalnya perasaan kita sedang kesal, lalu jalan-jalan ke mall, artinya mencari kebahagiaan dari luar diri kita, maka tidak akan kita dapatkan, karena pulang dari mall, perasaan kesal kita akan timbul kembali.

Fitrah tsb walaupun perbuatan kita bukan perbuatan dosa, melainkan hanya masalah etika, fitrah kita tetap akan bicara. Misalnya kita bertamu ke sebuah rumah, pemilik rumah belum keluar kamar untuk menemui diri kita sebagai tamu tetapi pembantu telah menyajikan makanan minuman suguhan, maka hati kecil kita atau fitrah kita akan bicara, “ngga enak ah makan minum sebelum yang punya rumah menemui kita”.

Sebanyak apa perbuatan kebaikan yang kita lakukan maka akan mendapatkan kebahagiaan sebanyak itu. Tapi cukup kita melakukan 1 perbuatan dosa maka akan mengakibatkan penderitaan yang berkepanjangan.

Misalnya melakukan perbuatan dosa selingkuh atau berzina, walaupun hanya sekali, walapun kita sudah berobat dan diri kita berubah menjadi lebih baik, menjadi ustad dsb, perbuatan dosa kita akan tetap membayangin.

Surat 16 An Nahl Ayat 97 : Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. 

Surat 94 Al Insyirah Ayat 1-8 :
1. Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Muhammad)?,
2. Dan Kami pun telah menurunkan bebanmu darimu,
3. yang memberatkan punggungmu,
4. Dan Kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu.
5. Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan,
6. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.
7. Maka apabila engkau telah selesai (dari suatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain),
8. dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.

Surat 2 Al-Baqarah Ayat 273 : (Apa yang kamu infakkan) adalah untuk orang-orang fakir yang terhalang (usahanya karena jihad) di jalan Allah; sehingga dia yang tidak dapat berusaha di bumi; (orang lain) yang tidak tahu, menyangka bahwa mereka adalah orang-orang kaya karena mereka menjaga diri (dari meminta-minta). Engkau (Muhammad) mengenal mereka dari ciri-cirinya, mereka tidak meminta secara paksa kepada orang lain. Apa pun harta yang baik yang kamu infakkan, sungguh, Allah Maha Mengatahui.

Surat 70 Al Ma’arij Ayat 19-22 :
19. Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh.
20. Apabila dia ditimpa kesusahan dia berkeluh kesah,
21. dan apabila mendapat kebaikan (harta) dia jadi kikir,
22. Kecuali orang-orang yang melaksanakan shalat

Perbuatan kebaikan = kebahagiaan, akan menimbulkan rasa percaya diri bahwa Allah akan menolong kita, Allah bersama kita. Tapi orang yang melakukan perbuatan dosa akan menghilangkan kebahagiaan dan rasa percaya diri, merasa sangsi apakah Allah akan menolong dia.

Surat 41 Fussilat Ayat 30-31 :
30. Sesungguhnya orang-orang yang berkata, "Tuhan kami adalah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), "Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.”
31. Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya (surga) kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh apa yang kamu minta.

Self-esteem adalah harga diri atau nilai diri, Self-confidence adalah percaya diri, akan berjalan searah, bila Self-esteem bertambah maka Self-confidence pun bertambah, begitu pula sebaliknya.


Cara tadabur Al Quran : belajar dari Al Quran tematik yaitu Al Quran yang memiliki pengindeksan ayat-ayat Quran berdasarkan tema, misal tema kebahagiaan ada didalam surat 16 An Nahl Ayat 97 dll, maka kita fokus belajar mengenai kebahagian dari semua surat Al Quran yang membahas mengenai kebahagiaan. 

No comments: