Monday, October 31, 2016

Makan sate ayam ala Jepang di Toridoll (***)

Hari Senin yang lalu kami pergi ke Gandari City Mall dengan tujuan menonton film. Karena kebagian tiket pk. 8.45, sambil menunggu film dimulai kami akan makan malam dulu. Ada makanan apa yang baru di Gandaria City ? Setelah kami menyusuri lantai dasar, sampailah kami disebuah resto Jepang bernama Toridoll. Begitu banyak resto Jepang di mall ini, tapi sepertinya resto ini baru buka karena baru kali ini kami melihatnya. Sebelum masuk, kami lihat dulu buku menu yang disediakan didepan pintu masuk. Ternyata resto ini memiliki sajian unggulan berupa sate ayam atau yakitori skewers.



Memasuki resto ini, interiornya modern dengan kombinasi warna-warna natural kayu, abu dan terakota, sehingga menimbulkan kesan hangat dan nyaman. Kami duduk dimeja dan kursi sofa disamping dinding berlukiskan bunga-bunga. Dapurnya berada ditengah ruangan, dengan konsep open kitchen, memanjang seperti bar. Ruangan didesain menimbulkan kesan luas, dan jarak antara meja makan satu dengan yang lainnya cukup lebar.

Buku menu berisi aneka sate ayam daging cincang (seperti sate lilit), daging paha, sayap, kulit dan jeroan, selain sate ayam ada juga sate daging sapi, salmon dan telur puyuh, lalu ada sate sayuran seperti jamur, tomat, ketimun, terong, kentang mini dan bawang putih. Aneka sate tsb bisa dipesan per porsi isi 2 tusuk atau dicampur bermacam-macam (assorted). Selain sate, disini juga menyajikan menu kamameshi yaitu nasi yang disajikan dalam wadah kayu, menu gorengan seperti tempura dll, yakisoba atau mie soba goreng, aneka appetizer, salad dan sup, dessert, minuman mocktail, jus, teh dan softdrink.


Penasaran, kaya apa sih enaknya sate ala Jepang sampai disajikan disebuah resto mewah seperti ini ? Maka saya memesan sate kulit ayam (kawa skewers) dan sate daging paha ayam (torimi skewers) plus nasi putih, sedangkan suami saya memesan ebi kamameshi. Ada sebuah gambar dessert yang mengundang sekali yaitu chiffon cake matcha ice cream, saya belum pernah melihat menu seperti ini. Nanti kalau masih ada waktu dan perut yang longgar, akan kami pesan belakangan.


Pesanan kami tidak terlalu lama datangnya. Empat tusuk sate pesanan saya disajikan disebuah piring putih berbentuk melengkung seperti bumerang bersama sausnya. Penampilannya saja sudah cantik, bagaimana dengan rasanya ? Sate kulit teksturnya garing tanpa lemak, berwarna coklat dengan jejak bakaran. Sate daging paha berwarna putih kecoklatan dengan jejak bakaran, ketika kumakan daging terasa juicy dan empuk. Kedua sate ini rasanya enak dan gurih walapun belum dicelup kedalam saus, tapi akan semakin enak bila dibalur saus yang rasanya manis gurih. Walaupun saya hanya makan 3 tusuk sate, karena 1 tusuk saya berikan suami, sate ini cukup bagi saya untuk makan bersama semangkok nasi.



Kemudian datanglah ebi kamameshi dalam sebuah wadah kayu, lengkap dengan tutup dan centongnya. Ketika tutup nasi dibuka, wah nasi masih mengebul panas, hmm aromanya wangi udang. Nasi berwarna kekuningan mirip nasi goreng, diberi topping telur dadar iris, ikan teri, udang dan kacang polong. Ketika dimakan, nasi terasa gurih dan pulen, terinya tidak asin, udangnya gemuk-gemuk dan segar, sedapnya.


Selesai makan saya melihat jam, sepertinya masih cukup waktu untuk memesan dessert. Kami segera memesan chiffon cake matcha ice cream. Tapi sayang sekali, chiffon cake telah habis dan hanya tersisa matcha ice cream nya saja. Yah apa boleh buat, ice cream tsb tetap kami pesan. Matcha ice cream disajikan dalam mangkok bening dengan dasar crumble. Ketika kumakan crumble ini, rasanya seperti hancuran biskuit yang teksturnya keras dan manis, seperti permen, cocok dipadupadankan dengan matcha ice cream yang sedikit pahit dan kesat khas green tea.


Makan malam telah ditutup dengan sempurna dan sekarang kami minta bill nya. Harga ebi kamameshi yang paling mahal yaitu Rp 75.000, harga sate Rp 28.000 per porsi, nasi putih Rp 15.000, matcha ice cream Rp 25.000, minuman es lemon tea Rp 18.000 dan hot ocha Rp 15.000. Peralatan makan disini juga cantik dan elegan, menimbulkan selera makan dan foto-foto. Secara keseluruhan atmosfir resto ini sangat menyenangkan.

No comments: