Friday, November 17, 2017

Menikmati nasi timbel komplit ditepi sawah yang dilalui kereta api (***)


Ternyata di kota Tasikmalaya ada loh resto dengan suasana nyaman, pemandangan pedesaan, makanannya enak dan terkenal dikalangan para selebritis. Hal ini baru kami ketahui ketika kami diajak makan oleh seorang teman yang memang bertempat tinggal di kota Tasik. Nama resto ini adalah Saung Ranggon di Jl. Leuwidahu no. 81 G.

Sunday, October 22, 2017

Sayur Asem Betawi H. Masa memang beda (***)

Waktu menunjukkan pk. 14 lebih, kami sedang menuju daerah Bintaro dan suami saya belum makan sejak pagi tadi. Mau makan siang apa di sekitar sini ? Saya teringat satu tempat makan yang pernah dibahas di Kompas yaitu rumah makan yang menyajikan sayur asem legendaris bernama RM Sayur Asem Betawi H. Masa. Berbekal bantuan WAZE kami menyusuri jalanan yang belum pernah kami lalui sebelumnya, dan sampailah kami di Jl. Raya Pondok Jaya no. 5 Pondok Aren - Tangerang Selatan.

Saturday, October 21, 2017

Kerenyahan home made pizza di NOI Pizza (*)

Dalam rangka memberikan kejutan untuk Mamah yang sedang ultah, rencana kami sekeluarga adalah janjian ketemu di sebuah tempat makan yang lokasinya dekat saja dari rumah. Saya mengusulkan sebuah cafe yang berada di daerah perumahan Pondok Pinang, dimana saya sudah sering melewati tempat tsb tapi belum sempat mencobanya. Cafe tsb terkenal akan sajian home made pizza nya dan saya yakin keponakan saya, si penggemar makan pizza, akan menyukainya.



Cafe ini bernama NOI Pizza, terletak di Jl. Pinang Kuningan I, UL 4, Pondok Indah. Kalau mau kesana harus pakai WAZE bagi pengunjung yang kurang paham daerah Pondok Pinang. Tempatnya berupa cafe homey yang mungil, berada di pinggir jalan yang agak sempit, sehingga sulit untuk parkir, apalagi bila pengunjungnya banyak.

Tuesday, October 03, 2017

Antrian mengular di Nasi Jamblang Bu Nur (***)

Sejak adanya jalan tol Cikopo–Palimanan atau Cipali, kami menjadi agak sering berkunjung atau melintas dan mampir ke kota Cirebon. Tujuan utama kami yang paling sering adalah makan. Sebagian besar kuliner khas kota Cirebon sudah kami cicipi, dari Empal Gentong H. Apud dan Amarta, Nasi Jamblang Mang Dul, Nasi Lengko H. Barno, Seafood & Chinese food H. Moel, Toko Kue Ruby, Es Kopyor 4848, dll.


Masih tersisa kuliner khas yang terkenal, yang belum kami coba yaitu Nasi Jamblang Bu Nur. Lokasinya ada di Jl. Cangkring 2 no. 34 Kejaksan. Ketika kami sampai di tempat tsb, keadaan disini sangat ramai oleh pengunjung. Karena selain nasi jamblang, Bu Nur juga membuka warung makan Nasi Lengko & Empal Gentong yang letaknya berseberangan.

Monday, September 25, 2017

Aneka ragam sushi komplit, halal MUI di Sushi Bar (*)

Kalau menemukan resto Jepang dengan sertifikat halal rasanya sesuatu banget, ngga usah cape nanya-nanya, pake mirin ngga, dll, belum lagi kalau pelayannya ngga pernah ditrainning, mirin aja dia ngga tau, cape deh.


Di Kuningan City Mall lantai LG, depan Lotte, saya menemukan Sushi Bar dengan logo halal MUI. Walaupun judulnya bar tapi disini ngga ada minuman alkohol kok. Maksudnya bar adalah kita bisa makan dimeja dan kursi tinggi ala bar sambil menonton siaran langsung pembuatan sushi pesanan pengunjung oleh chef-chef disana.

Salad enak dan mengenyangkan, dibungkus roti tortilla, ada di Saladstop (***)

Pulang undangan dari tempat yang jauh, cuaca panas, serta nyasar pula, belum sempet sholat tapi ingin ngadem, jadilah kami sholat di Grand Indonesia. Setelah sholat kok perut masih terasa lapar ya. Sambil menyusuri lantai LG west mall, kami tertarik untuk mampir ke gerai Saladstop, dengan pertimbangan, sepertinya makanan disana tidak terlalu mengenyangkan.

Friday, September 08, 2017

Telah dibuka, cabang ke 5 Shabu Hachi, shabu-shabu favorit President Joko Widodo (***)


Kalau ada pengunjung yang datang ke sebuah resto sampai berkali-kali, itu artinya dia doyan banget makan disana, dan itu terjadi pada Bapak President kita Joko Widodo yang makan di Shabu Hachi Bogor sampai 8 kali kedatangan. 

Memang sih saya akui, kalau Shabu Hachi di Jl. Padjajaran no. 75 Baranangsiang - Bogor ini keren banget, berkat adanya taman di tengah-tengah resto dan berisi sebuah air mancur setara di mall serta pohon-pohon sakura disekitarnya. Belum lagi luas bangunan resto ini mencapai 2.250 m2 sehingga menimbulkan kenyaman bagi pengunjung berombongan.


Pemilik Shabu Hachi cabang RC Veteran Tanah Kusir
Shabu Hachi di Jakarta ada di Karang Tengah Raya no. 52 Bona Indah - Lebak Bulus, dan di Jl. Ampera Raya no. 127 Kemang - Cilandak. Kini telah dibuka cabang ke 5 Shabu Hachi di Jl. RC Veteran Raya no. 20 Tanah Kusir - Kebayoran Lama, dengan keistimewaan, letaknya yang sangat strategis, berada di pertigaan Jl. RC Veteran Raya dengan Jl. Bintaro Permai, sehingga mudah dicapai dari arah Bintaro dan Pondok Indah. Lalu di cabang ini pula disajikan menu yakiniku grill yang tidak tersedia di cabang Karang Tengah maupun Ampera.

Monday, August 28, 2017

Masakan kerang dengan bumbu yang nonjok di lidah @Warung Nasi Blekok (***)

Tak menyangka saya, bakal menemukan permata yang tersembunyi yakni masakan kerang dengan bumbu yang lekker di sebuah warung nasi. Warung nasi ini sudah sangat sering saya lewati di Jl. Cipete Raya, tapi tak ada niat sedikit pun saya mampir kesini karena signature dish nya terlalu biasa buat saya yaitu ayam bakar. Lagi pula saya lebih suka masakan ayam bercitarasa gurih seperti ayam goreng atau kremes atau presto dibanding ayam bakar. Jadi ketika saya mendapat undangan arisan dari RT09 untuk makan sore disana, saya datang tanpa mengharapkan kejutan rasa disana.


Nama warung nasi ini adalah Blekok Jl. Cipete Raya no. 13. Blekok adalah sebutan lain dari burung kuntul, tapi tak ada masakan yang terbuat dari blekok, entah apa maksudnya. Yang saya lihat dari daftar menu adalah selain menu ayam bakar yang diolah dengan berbagai macam bumbu seperti bumbu makar alias pedas, lada hitam, asam manis dll, ada juga ayam penyet serta sajian kerang dan kepiting. Ada 3 jenis kerang yang tersedia yaitu kerang dara, kerang hijau dan kerang kepa.

Saturday, August 26, 2017

Menikmati double gyu shabu dengan 2 macam kuah miso dan dashi di Chikugo udon Bintaro (**)

Karena malam Minggu kami gagal masuk ke PSY (Pattaya Steamboat Yakiniku) akibat antrian yang tidak bisa ditolelir, maka kami melipir ke bangunan disampingnya dan menemukan sebuah kedai mungil disebuah ruko bernama Chikugo udon Jl. Senayan Utama Blok HI-2 no. 1B Sektor 9, Pondok Aren, Tangerang.


Sebelum masuk, kami melihat di kaca depan, ditempel gambar aneka menu unggulan kedai ini. Sebuah tulisan yang menyatakan bahwa masakan disini no pork, no lard, no mirin, ditempel dipintu kaca, wah komplit dan jaminan mutu nih.

Thursday, August 24, 2017

Tako Suki, masakan suki 100% halal (**)

Sebagai penggemar masakan shabu-shabu / suki / steamboat dan sejenisnya, kami bergembira bila menemukan tempat makan steamboat yang baru dan halal. Baru-baru ini kami menemukan sebuah resto suki di daerah Jakarta Barat bernama Tako Suki Jl. Pesanggrahan Raya no. 70. Jalan ini memang terkenal dengan wisata kulinernya yang serba ada.



Dari luar bangunannya cukup megah, kendaraan pengunjung yang parkir selalu ramai dan ketika masuk pun, ruang makan terlihat luas dan mewah dengan interior memakai ornamen kayu berkonsep oriental khas Chinese resto.