Label

Senin, April 14, 2014

My Kopi - O ! (**)








Just “Two cents” di Cimanuk Bandung (**)













Tanpa sengaja kami menemukan sebuah tempat ngopi asyik di Bandung, dalam arti kata, kopinya enak, makanannya enak, suasananya enak, pengunjungnya keren-keren, suasananya nyaman dan indah serta interiornya juga asyik dipandang mata. Tempat tsb bernama “Two Cents” di Jl. Cimanuk no 2, Bandung. Ketika itu kami datang pas malam minggu, sehingga cafe penuh oleh pengunjung anak-anak muda.

Untunglah masih ada sebuah meja tersisa disamping rak pajangan, kami pun segera duduk dan meminta buku menunya. Menu unggulan disini adalah minuman kopinya, selain itu menu makanannya pun cukup banyak. Kami sepakat memilih menu chicken baked rice, mushroom cheese melted dan churros. Untuk minumannya, kayanya rugi deh kalau tidak mencoba kopinya, padahal hari sudah malam dan saya takut tidak bisa tidur serta terkena perut kembung. Tapi ah nekat saja, saya pun memilih minuman the best seller, salted caramel latte, sedangkan suami saya memilih vanila latte. Tapi ketika kami memanggil waitress untuk memesan, prosedurnya bukan seperti itu, melainkan kami harus langsung memesan dan membayar ke counter kasir, setelah itu baru pesanan diambil sendiri atau diantar.

Sambil mengantri di kasir, saya mengamati etalase disamping yang berisi aneka kue-kue menggiurkan, tapi saya tetap memesan menu yang telah kami pilih. Sayangnya mushroom cheese melted nya sudah habis, padahal sudah terbayang-bayang lelehan keju diatas jamurnya, glek.
Sambil menunggu pesanan, kami melihat-lihat suasana disekeliling. Bangunan cafe ini awalnya adalah sebuah rumah yang dimodifikasi menjadi sebuah cafe. Interior disini sungguh indah, penuh dengan aneka pajangan dan hiasan pernak pernik cantik dan unik, yang membuat suasana menjadi hangat dan nyaman. Dinding dan lantai dominan dilapisi oleh kayu. Disalah satu dinding terdapat sebuah lukisan grafiti yang keren. Sedangkan dinding bagian luar cafe terbuat dari kaca, sehingga menghasilkan suasana yang terang.

Tak lama minuman kami datang. Ternyata pesanan latte kami tidak disajikan di mug melainkan digelas plastik seperti Starbucks, rasanya pun sekelas Starbucks, yaitu elegan dan lezat, hmm tidak nyesel deh.

Kemudian makanannya, chicken baked rice, penampilannya persis seperti nasgor untuk sarapan, yaitu nasi goreng dengan telur orak arik ditambah telur mata sapi, ditambah chicken katsu yang diberi topping keju, sehingga setelah di baked menjadi meleleh. Rasanya sih enak walaupun tidak istimewa. Sayangnya chicken katsunya keras dan kering sehingga kami berdua tidak mau menghabiskan ayamnya.

Terakhir adalah churros yaitu donat Spanyol yang adonannya mirip kue sus tapi digoreng, bentuknya panjang-panjang, lalu dicocol saus pendamping sebelum dimakan. Nah hot chorros di cafe ini bertaburkan gula pasir dan cinnamon, disajikan bersama saus coklat kental sebagai cocolan. Warna churros kecoklatan, bagian luarnya renyah dan lembab dibagian dalam, rasanya ya enak, wangi dan manis.


Mengenai harganya, harga minuman kopimya beda tipis dengan Starbucks yaitu Rp 38.000, sedangkan chicken baked rice Rp 49.000 serta churros Rp 27.000. Menurut saya harga disini tidak termasuk murah, tapi sebandinglah dengan kenyamanan yang didapat kalau doyan nongkrong sih. Ya just two cents lah...

Senin, Maret 24, 2014

Mi baso Avon, bikin mata berbintang-bintang (**)







Minggu lalu ketika kami ke Bandung, kami bela-belain bawa sepeda, biar bisa sepedaan hari Minggu pagi di ajang car free day. Car free day diwilayah Dago Bandung itu asik loh, karena banyak makanan enak dan enak buat cuci mata. Pengunjungnya unik-unik, ada kelompok senam aerobik, ada club sepeda tua nongkrong, ada mahasiswa latihan tensi tekanan darah, ada stand promo produk baru, ada yang latihan lempar botol ala bartender, stasiun radio berlomba-lomba menyiarkan lagu-lagu hits dari mobil stasiun radio, dll. Tapi yang paling banyak disana dan paling banyak dicari pengunjung adalah jajanan enak yang pas buat sarapan pagi, hahaha.

Karena kami sudah sarapan di hotel, maka kami murni olahraga loh, sampe cape keringetan. Jam 11 jalan Dago mulai dibuka kembali untuk kendaraan umum dan kami segera kembali ke hotel. Tapi eh ditengah jalan suami saya bertanya, “kamu lapar ngga ?”. Ya lapar lah, wong cape mengayuh sepeda. “Kita makan bakmi dulu yuk.” Wah asyik nih, saya langsung setuju.

Kendaraan kami berbelok menuju Jl. A. Yani dan berhenti didepan deretan toko. Tempatnya berada ditoko paling ujung kanan, no 29, dan ada spanduk bertuliskan “Baso Bintang Avon”. Tempatnya sederhana, tidak luas, memanjang kedalam tapi ada 2 tingkat. Tempat meracik baso berada dipaling depan toko, sehingga para pejalan kaki bisa melihat kesibukan meracik mi baso dikaca etalase. Karena penuh, kami duduk paling depan, dimeja kayu yang menempel didinding, persis disebelah kasir.

Didalam daftar menu terdapat 5 jenis mi yaitu Mi yamin adalah mi yang kuahnya dipisah, Mi kuah yang kuahnya dicampur, disiram keatas mi, Yahun adalah mi yamin campur bihun, terakhir adalah Bihun & Kwetiau. Kelima jenis mi ini bisa pilih bumbu rasa asin atau manis, lalu mau pilih spesial, komplit atau tambah baso saja. Tapi setelah saya tanyakan apa bedanya spesial dan komplit, katanya sama saja. Kumaha ieu teh, hahaha. Lalu ada pilihan isi kuah yaitu baso sapi, baso urat, baso ikan, siomay, pangsit, tahu, ceker, babat. Karena andalan utama tempat ini adalah mi baso maka saya pilih yamin asin baso dan suami saya pilih yamin manis baso, minumannya paling cocok es jeruk. Tak perlu menunggu lama disini, walau pengunjung penuh, pesanan kami cepat datangnya.

Nah ini dia mi baso Avon yang terkenal, semangkok mi yang ditaburi suwiran ayam berwarna kecoklatan, bawang goreng dan daun bawang. Mi berwarna kuning pucat dan ukurannya tidak terlalu tebal, ketika dimakan terasa lembut dan gurih. Suwiran ayamnya terasa agak manis. Kemudian baso kuahnya berisi 3 butir baso urat, sesuai pesanan kami. Kuahnya bening sedikit berminyak, dengan sayuran sawi yang mengambang, ketika ku hirup, hmm rasanya segar dan gurih khas kaldu sapi. Basonya terasa padat, gurih dan empuk, pokoknya enak deh. Dimeja tersedia toples plastik besar berisi pangsit goreng, tapi kami tidak mencicipinya. Sekarang baru menyesal deh. Saya juga mencicipi yamin manis punya suami saya, ternyata rasanya lebih enak loh, lebih berbumbu. Wah lain kali mesti diulang nih, hahaha.


Semangkok yamin baso dihargai Rp 20.000, es jeruk Rp 11.000. Karena sebentar lagi kami akan langsung pulang ke Jakarta, maka saya membungkus yamin baso sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Saya yakin mata mereka pasti berbintang-bintang...

Minggu, Maret 23, 2014

Reunian di DIMSUM INC sama Ira yang lagi ngidam dimsum (**)












         




“Pengen makan dimsum...” begitu bunyi bbm Ira, temen kantorku yang resign pindah ke Bandung. Nah mumpung Ira lagi ada acara outing dari kantornya di Jakarta, maka dia berangkat lebih cepat, biar bisa ketemuan dulu sama kita-kita anggota grup MMG alias Makan Mulu Grup, hahaha. Sayangnya dari 5 orang anggota, ngga semua bisa hadir, jadi cuma kita ber 3 nih. Karena Ira janjian sama temen kantornya diwilayah Kuningan, maka supaya gampang kita janjian ketemuan juga di Kuningan. Untung ku teringat ada sebuah resto khusus dimsum di Pasar Fertival, yang belum pernah ku coba, tapi menurut review-review sih oke, yaitu Dimsum Inc. Setelah melewati perjalanan yang panjang dan macet pada hari Jumat itu, sampailah kami pada pk 1 siang di Dimsum Inc.

Tempatnya berupa cafe dengan ruang terbuka dimana ruang dalam dan luar tidak ada batas penyekat. Interiornya unik dan keren, dindingnya masih berupa batubata dan langit-langitnya terbuka, tanpa plafon. Disalah satu dinding diberi sketsa gambar kukusan bambu dan peralatan makan lainnya. Dinding lainnya tertutup rak dengan aneka pajangan, bahkan ada sebuah motor antik yang parkir disamping rak tadi, serta meja kursinya pun terbuat dari kayu.

Kami tak menyangka siang itu pengunjung penuh sekali, untung ada sebuah meja kosong yang baru ditinggalkan pengunjung. Kami segera duduk dan meminta daftar menunya. Didinding terdapat daftar 15 best seller menu dan best seller minuman. Wah sangat membantu sekali. Daftar menu terdiri dari fried & steamed dimsum, starter, breakfast, bubur, main menu, dessert, dan aneka minuman. Sayangnya semua menu tidak ada gambarnya sama sekali, sehingga kami harus membaca penjelasan yang tertera dibawah menu dimsum. Beberapa menu ada yang ditandai dengan tulisan “must try”. Kami menanyakan salah satu menu dimsum kepada waitress, “bentuknya kaya apa sih mba ?” Waitress menunjukkan kepada kami gambar dimsum dimaksud melalui tabletnya, tapi ketika kami ingin melihat semua gambar dimsum yang ada didalam tablet tsb, waitressnya menolak karena dilarang oleh manajemen. Tebakan saya, kalau semua menu ada gambarnya, pasti menu yang penampilannya tidak favorit akan tidak laku terjual. Hmm bener juga sih.

Okelah, karena kami sangat lapar dan bermaksud ngobrol sangat lama, maka kami memesan makanan agak banyak. Dimulai dengan 4 menu best seller yaitu har gau, shiu may, chicken feet dan mayo prawn dumpling. Ditambah fried and steamed guo tie, prawn cakwe, ceong fan, dan fried mantao. Kayanya masih kurang kenyang nih, tambah menu karbo ah, hongkong chicken noodle dan hainam rice. Untuk minumannya kami sama semua yaitu 3 gelas lychee tea. Jadi total makanan yang kami pesan adalah 12 porsi. Wah makan besar kita nih.

Satu persatu pesanan mulai kami berdatangan. Pertama, hongkong chicken noodle adalah bakmi dengan ukuran kecil diberi topping irisan tebal ayam panggang dan bok choy serta ditaburi daun bawang. Kuahnya encer dan berwarna coklat kehitaman. Rasanya enak juga, gurih kearah manis. Kemudian nasi hainam kami bagi 3, pasangannya dimakan bersama prawn cakwe dan prawn dumpling cocok juga nih, enak karena udangnya cukup banyak dan terasa, gorengan juga terasa renyah. Prawn cakwe diatasnya ditaburi abon sedangkan prawn dumpling dimakan bersama mayones. Chicken feet juga enak, gemuk dan bumbunya mantap. Dimsum lainnya seperti har gau, shiu may, fried and steamed guo tie juga enak, banyak isinya dan terasa bumbunya. Aneka dimsum ini akan semakin enak bila dicocol dengan aneka saus. Dimeja telah disediakan sebotol mayones, sebotol saus sambal, lalu ada aneka toples kecil yang berisi aneka sambal, cabe potong, minyak wijen dan kecap asin. Wuih sedapnya.


Tapi ada loh 1 jenis dimsum yang tidak enak, sampe saya ngga mau menghabiskan yaitu ceong fan. Bentuknya mirip lumpia basah tapi kulitnya terbuat dari tepung beras dan diberi isian udang, kemudian disiram kuah kecap asin. Nah masalahnya adalah udangnya tidak terasa sama sekali, sampe dibongkar sama teman saya, jadi rasanya kaya makan tepung doang. Aduh mending menu ini dihapus saja deh, maaf ya. Terakhir fried mantao adalah penutup yang sempurna yaitu roti mantao goreng yang dicocol susu kental manis, hanya saja posisi perut kami sudah kekenyangan sekali, hahaha.

Dari sejak kami datang dimana pengunjung sangat ramai, sampai 3 jam kemudian pengunjung sudah sepi, kami masih asyik mengobrol. Tempat ini memang nyaman buat nongkrong, apalagi buka nya 24 jam loh. Sayangnya para perokok juga betah disini, sampai kehadiran mereka sangat mengganggu obrolan kami.


Mengenai harganya, masing-masing dimsum @Rp 19.900, kecuali prawn cakwe Rp 24.900, HK noodle Rp 29.900, nasi hainam Rp 14.900, lychee tea mahal Rp 24.900 tapi leci nya cuma 1. Tempat ini boleh juga direkomendasikan karena tidak terasa bikin perut kenyang dan kenyang ngobrol.

Sabtu, Maret 22, 2014

Ceramah kesehatan oleh Bp. Ustad Agus

Hasil ceramah kesehatan oleh Bp. Ustad Agus

Seperti biasa IWKKC (Ikatan Wanita Kompleks Keuangan Cilandak Barat) mengadakan acara arisan setiap 2 bulan sekali. Ya kapan lagi kita silahturahmi dengan tetangga. Tetangga kan saudara kita yang paling dekat dan paling mudah dihubungi kalau kita ada kesusahan. Nah acara arisan kali ini diisi dengan acara ceramah kesehatan oleh Bp. Ustad Agus. Sayang sekali kalau isi ceramah tsb tidak saya bagikan kepada para pembaca blog saya. Berikut sekelumit point-point penting dari isi ceramah tsb.

4 tanda gejala penyakit jantung adalah :
  • · Apabila kita duduk dilantai, kaki kanan diatas kaki kiri. Beberapa menit kemudian pindah kaki kiri diatas kaki kanan. Beberapa menit kemudian kaki mulai selonjoran.
  • · Bangun tidur, telapak kaki kita sakit bila berdiri dilantai
  • · Tangan terasa kaku dan kesemutan
  • · Dada kita terasa ditusuk-tusuk jarum

Apabila kita masuk angin, JANGAN PERNAH DIKEROK (KEROKAN), karena sangat berbahaya sekali bisa terkena angin duduk atau sakit jantung. Apabila kita biasa dikerok, maka pori-pori akan membesar, maka angin dan penyakit akan mudah masuk dan daya tahan tubuh kita akan menurun. Jangan minum obat-obatan yang dijual bebas karena akan merusak pendengaran, penglihatan dan ginjal kita. Solusinya apa ? Kita ambil 2 ruas jahe merah, lalu diparut, lalu direbus, air rebusannya diminum, ampasnya dibalurkan ke punggung kita sampai ke belakang leher, sambil membaca sholawat dan doa kesembuhan.

Sebagian besar penyakit disebabkan oleh pola makan. Yang utama adalah JANGAN PERNAH MAKAN MINYAK JELANTAH. Yaitu minyak goreng yang telah bekali-kali dipakai untuk menggoreng. Kalau kita menggoreng sendiri pun, setelah kita menggoreng 1 jenis makanan jangan dipakai untuk menggoreng makanan jenis lainnya.
Darah kita berwarna merah, apabila kita sering makan gorengan dengan minyak jelantah, darah kita berubah menjadi hitam, lalu kental, lalu menyumbat sampai menyebabkan pecah pembuluh darah.
Pembuluh darah kita terletak di 4 tempat yaitu di tangan, kening, kaki dan belakang kepala. Apabila pembuluh darah kita pecah disalah satu tempat tsb akan mengakibatkan stroke.

Sebagian besar wanita jaman sekarang banyak terkena penyakit kanker yaitu kanker payudara, myom, kista dan serviks. Para wanita jaman dulu jarang ada yang terkena penyakit tsb karena tidak pernah memakai pembalut wanita yang ada dipasaran seperti sekarang ini. Pembalut tsb mengandung zat dioksidan, yang masuk melalui vagina, kemudian mengkristal dan menimbulkan penyakit kanker seperti tersebut diatas.

Apabila kita masak nasi dengan memakai dandang, nasi akan matang sempurna karena melalui proses dikaronkan dulu. Cara ini sangat dianjurkan karena lebih sehat. Apabila kita memasak nasi dengan magic jar, maka nasi akan dipaksa matang dalam jangka waktu beberapa menit saja oleh elemen magic jar. Magic jar juga dilapisi bahan anti lengket. Setelah bertahun-tahun bahan tsb bercampur dengan nasi yang kita makan dan akan menimbulkan penyakit kanker.

Selain itu kita sebagai wanita sangat dianjurkan memeriksa benjolan di payudara secara rutin dan teratur. Caranya, ketika mandi, kita pakai kain penutup tubuh lalu menghadap kiblat, lalu menekan ibu jari kita ke payudara selama beberapa menit, sambil memeriksa apakah ada benjolan sambil membaca doa dari surat yunus yaitu "Wa Syifa Ulli Ma Fis Sudur" dalam hati saja (kan kita dikamar mandi), Insya Allah apabila rutin dikerjakan kanker tsb akan keluar ketika haid.

Terakhir, apabila kita ingin terlindung dari penyakit kanker, kita bisa melakukan vaksin anti kanker di RS Dharmais, yang sayangnya harganya mahal yaitu sekitar Rp 6.000.000, bisa bebas penyakit kanker selama 60 tahun.

Atau ada cara lain yang lebih murah yaitu memakai obat tetes IMPRO concentrated minerals from great salt lake. Nah pak ustadnya menawarkan produk tsb, saya penasaran juga sehingga saya membeli 1 botol. Setelah sampai rumah saya cek di website, bisa dilihat di http://www.immunotec.co.id/ Rupanya produk tsb dijual secara mlm. Karena saya tidak jualan, maka lihat sendiri ya khasiat obat IMPRO di web nya. Saya sih penasaran saja, mudah-mudahan manjur, Insya Allah.


Pada intinya, kenapa saya posting isi ceramah ini, supaya kita mengubah gaya hidup dan pola makan kita menjadi lebih sehat. Amin ya Rabbalalamin.