Tuesday, November 24, 2020

Kopi susu Letak coffee membuat ingin menjilat (meletak) kopi sampai tetesan terakhir (***)

Salah satu fenomena dampak pandemi Covid19 adalah bermunculan UKM baru, khususnya pelaku usaha kuliner dengan sistem berjualan online melalui medsos. Contohnya usaha minuman kopi, walaupun sudah banyak bertebaran pelaku usaha minuman kopi, tapi masih ada peluang pada ceruk pasar minuman kopi karena masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri.



Salah satunya adalah Letak Coffe yang letaknya memang di Bogor dan menggunakan biji kopi 100% asli Bogor, memiliki IG letak.coffee. Menu yang ditawarkan adalah 7 varian rasa minuman kopi dari rasa yang paling kekinian yaitu kopi susu gula aren dan marie regal, rasa klasik yaitu kopi susu mocca, vanila dan kopi hitam Americano, serta rasa unik karena kopi susu berpadu dengan buah yaitu kopi susu pisang dan leci. Ukuran yang tersedia ada 3 macam yaitu 350 ml, 500 ml dan 1 liter, dengan kisaran harga dari Rp. 25.000 untuk Americano 350 ml sampai Rp. 90.000 untuk kopi susu marie regal 1 liter.



Perasaan saya belum pernah minum kopi Bogor, jadi saya penasaran dan memesan 3 varian rasa kopi susu yang mewakili 3 kategori rasa yaitu kopi susu gula aren yang lagi kekinian, kopi susu mocca dengan citarasa klasik serta kopi susu leci yang belum pernah saya coba dan temukan. Waktu operasional Letak coffee adalah antara pk. 10 – 17 dan paket dikirim melalui paxel yaitu logistik yang berfokus pada pengiriman sehari sampai.



Paket minuman saya sampai di rumah pada sore hari, dikirim dari Bogor ke Cilandak. Paket tiba dengan aman, minuman dikemas dalam botol plastik, ada nama saya tercantum disana, dan diberi label rasa apa pada tutup botolnya serta keterangan “kocok dahulu”. Minuman ini saya masukkan lemari es dulu agar dapat dinikmati dingin, di siang hari yang panas, karena bila saya minum pada malam hari, khawatir bakal melek semalaman hehehe.



Setelah makan siang, penting nih, antisipasi lambung yang sensitif kalau kena cafein, kami berdua langsung mencoba 3 varian rasa ini. Hasil review kami adalah komposisi kopi susu dan gula sangat pas takarannya dan tidak terlalu manis. Jejak pahit khas kopi robusta tercecap lembut, bersanding dengan aroma gula aren yang legit. Keunikan lain dari kopi robusta khas Bogor adalah memiliki rasa fruty dan karamel sehingga cocok bila bersanding dengan buah seperti leci dan coklat. Dari 3 varian rasa ini, juaranya tetap sang gula aren. Tapi yang paling penting adalah lambung kami tetap aman dari tonjokan si cafein, membuat kami ingin meletak (menjilat, dalam bahasa sunda) kopi sampai tetesan terakhir...

No comments: