Friday, January 30, 2015

Menikmati steam kerapu macan hidup di Rasane Ancol Mall (**)




Akhirnya kami sempat juga mengunjungi Doraemon expo di Mall Ancol Beach city. Rasanya puas foto-foto dengan latar belakang sejarah Doraemon dan 100 rahasia dari kantong ajaibnya Doraemon. Ancol mall ini sebenarnya tidak begitu besar, terletak dipinggir pantai, sebagian besar berisi cafe dan restoran dan sisanya masih kosong belum disewa.

Setelah puas menyaksikan sunset dipinggir pantai dan berkeliling didalam Doraemon expo, lapar pun mendera perut kami. Makan dimana malam ini ? Resto yang paling menarik perhatian kami adalah Rasane seafood & ikan bakar, letaknya dilantai dasar. Rasanya ingin makan sup yang hangat setelah diterpa angin pantai.

Ketika pertama kali Rasane buka di Jakarta barat kami sempat makan disini. Spesialis nya adalah kepiting asap yang berasal dari laut Irian, lalu kepiting dibakar dalam bungkus daun pisang. Rasanya enak banget, tak mudah dilupakan. Itu dulu ketika masih muda dan cuek, sering wiskul makan seafood. Sekarang inget umur dan jangan sampai asam urat kambuh lagi. Jadi dimalam yang dingin ini kami memesan sup jagung kepiting, ikan kerapu steam ala Hongkong dan kangkung lombok.

Sajian pertama yang datang adalah sup jagung kepiting. Menurut saya rasanya biasa banget, sup terlalu kental kebanyakan maizena, jagung dan kepitingnya pun sedikit isinya, kurang terasa.

Kemudian ikan kerapu steam ala Hongkong, disajikan diatas piring dan ditaburi aneka daun seperti daun ketumbar, daun bawang, irisan cabe dan jahe. Ikan steam ini memakai ikan kerapu macan hidup seberat 4,8 ons, jadi rasa ikannya segar dan dagingnya masih kenyal, kecap asinnya pun mantap, pas rasanya.

Yang terakhir adalah yang paling istimewa yaitu tumis kangkung lombok yaitu tumis kangkung dimana kangkung yang dipakai asli berasal dari Lombok, wuah sedap banget rasanya. Bentuknya sih seperti tumis kangkung biasa, polos, tapi rasanya mantap. Bumbunya  memakai terasi, rasanya gurih, sedikit pedas. Ukuran kangkungnya besar-besar, manis dan renyah.


Mengenai harganya, sudah pasti mahal untuk ikan kecapu macan hidupnya yaitu Rp 172.320, sedangkan untuk kangkungnya Rp 29.500 dan sup jagung kepiting Rp 16.500. Kami juga memesan sambal terasi seharga Rp 3.750, nasi Rp 7.000, kelapa muda batok Rp 18.500 dan teh tawar Rp 6.500. Pilihan tempat makan di Ancol Mall ini sedikit banget, jadi makan di Rasane sudah paling cocok buat kami.

No comments: