Thursday, January 22, 2015

Sari Idaman, rumah makan idaman keluarga (**)


 



Gara-gara mencari Mall Cipinang Indah kami jadi muter-muter dan nyasar masuk ke Jl. Cipinang Jaya. Padahal ketika ditanya ke tukang ojek, mall tsb adanya di Jl. Raya Kalimalang, nah ngga nyambung kan. Tapi malah kebetulan juga, pas melewati Jl. Cipinang Jaya kami melihat sebuah rumah makan yang cukup ramai, akhirnya kami putar baik dan masuk ke RM Sari Idaman, Jl Cipinang Jaya no. 25A Jakarta Timur.

Tempatnya berupa rumah yang diperkirakan sudah lama berdiri, dimana bangunannya dominan terbuat dari kayu dan bambu. Ruang makannya terbagi 2 yaitu ruang terbuka yang ada lesehannya dan ruang tertutup yang ber AC. Saat itu pengunjung cukup ramai pada pk 7 malam dan kami duduk diruang dalam.

Rumah makan ini menyajikan masakan khas Jawa & Sunda seperti aneka masakan ayam, ikan gurame, patin, mas dan lele, aneka sop dan sate, aneka nasi dan nasi punclut, udang & cumi, empal gepuk, aneka pepes, tumis, sambal, sayur dan pelengkap. Ketika ditanyakan, masakan andalan disini adalah sop ikan gurame. Kalau begitu kami memesan ikan gurame goreng saja deh, tambah sayur asem dan pepes jamur. Untuk minumannya kami pesan es shanghai dan es kopyor.

Selama menunggu kami melihat rata-rata pengunjung memesan sop ikan gurame yang disajikan dalam sebuah mangkok besar. Sayangnya kami bukan penggemar masakan ikan dimasak basah jadi jarang memesan menu sop ikan.

Ikan gurame pesanan kami telah disajikan diatas meja, bentuk gurame seperti terbang, mulutnya menganga, punggungnya terbelah dan warnanya keemasan, terlihat garing dan menggiurkan. Ketika dimakan, ikan benar-benar masih panas baru keluar dari penggorengan, diluarnya memang garing tapi dagingnya masih lembab dan empuk, bumbunya pun meresap sempurna. Gorengan ikan yang seperti ini yang enak, karena kalau terlalu garing sampai kedalam, dagingnya menjadi keras dan susah dimakan. Selain itu sayur asem dan pepes jamur ya standard saja, sayangnya pepes jamurnya memakai jamur tiram karena kami lebih suka jamur yang bentuknya bulat. Untuk minumannya es shanghai & kopyor nya juga mantap dan banyak isinya.

Menurut saya harga disini cukup masuk akal yaitu gurame Rp 60.000, pepes jamur Rp 10.910, sayur asem Rp 5.455, nasi Rp 5.455, sambal cobet Rp 9.092, sambal kecap Rp 2.725, es shanghai Rp 15.000 dan es kopyor Rp 30.000.


Kelihatannya rumah makan ini memang laku dan ramai, kebanyakan pengunjungnya adalah pelanggan lama dan keluarga besar. Sambil berjalan keluar untuk pulang, kami sempat mengintip pesanan yang lalulalang sedang diantar. Aneka lauk seperti sop gurame, tahu kipas, tempe mendoan, sate, dll berseliweran disamping kami, hmm sepertinya enak nih. Sayangnya lokasinya jauh banget dari rumah kami. RM Sari Idaman memang idaman keluarga dan logonya lucu juga, gambar ikan dibingkai bentuk hati J

No comments: