Tuesday, February 03, 2015

Menjadi istri yang lebih sholeha

Materi pengajian “Menjadi istri yang sholeha dimata suami” oleh ustad Yuke Sumeru, hari Selasa tg 3 Feb 15 di Mesjid Al Ikhlas

  • ·         Surat 33 ayat 70-71 : Al Ahzab

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar (ayat 70),
niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar (ayat 71).

Penjelasan : Jangan berbohong. Berbohong itu boleh dilakukan dengan 3 tujuan : 1. Mendamaikan orang yang bertengkar 2. Menyembunyikan orang yang tidak bersalah 3. Membahagiakan orang yang kita cintai / suami / istri kita.
  • ·         Surat 29 ayat 45 : Al Ankabut

Bacalah kitab (Al Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Penjelasan : Membaca Al Quran dikerjakan sebelum sholat karena perintah membaca Al Quran lebih utama / lebih dulu dari pada sholat.

Cara mengatasi sholat yang tidak khusu adalah : 1. membaca ayat Al Quran dengan bersama artinya yaitu memahami dan mengerti artinya. 2. Mengganti-ganti bacaan sholat, yaitu surat setelah Al Fatehah, jangan itu-itu saja, sehingga sholat tidak otomatis dan menghindari melamun.

Sholat harus dikerjakan diawal waktu dan diperbolehkan mundur dengan 3 alasan : 1. Ketiduran 2. Dalam keadaan darurat 3. Makan
  • ·         Surat 49 ayat 10 : Al Hujurat

Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertaqwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

Penjelasan : Yang kita sebut saudara adalah apabila 1. Allah kita sama yaitu Allah SWT, 2. Rasul kita sama yaitu Nabi Muhamad SAW, 3. Kitab kita sama yaitu Al Quran, 4. Kiblat kita sama yaitu ke arah Mekah. Selain 4 hal tsb apabila ada perbedaan, diperbolehkan.

Ciri-ciri Islam aliran sesat adalah apabila ada seseorang yg tidak mau sholat bersama kita, tidak mau berjamaah bersama kita.

Apabila kita ingin merubah diri kita menjadi lebih baik caranya : 1. Jangan berbohong 2. Membaca Al Quran sebelum sholat 3. Membaca Al Quran bersama artinya 4. Toleransi kepada saudara kita sesama muslim.

Dalam berdakwah itu : 1. Kita harus melapangkan / memudahkan jalan saudara kita agar kita disenangin. 2. Berdakwah itu harus hikmah dan jangan sampai menyinggung perasaan jamaah, karena berdakwah itu harus pelan-pelan agar bisa merubah orang tsb kejalan yg benar.
  • ·         Surat 64 ayat 11 : At Tagabun

Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa (seseorang) kecuali dengan izin Allah; Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.


Penjelasan : Sebelum melakukan sesuatu, biasakan bertanya kepada hati kita sendiri.

No comments: