Wednesday, September 30, 2015

Kekenyangan makan ramen gunung merapi di Kazan ramen (***)






Balik lagi ke AEON mall di BSD City, kami hendak mencoba makan dilantai 3 mall tsb. Kami belum pernah kesana dan penasaran ada makanan apa saja dilantai tsb. Ternyata disana ada Ramen village yaitu sebuah area yang berisi resto ramen semua. Tapi hati-hati, ramen adalah makanan yang identik dengan tidak halal karena kebanyakan mereka memakai kuah kaldu babi.

Awalnya kami hanya berjalan melewati Ramen village tsb, melihat ke kiri dan ke kanan dan mendapat serangan promosi bertubi-tubi dari semua pelayan yang bertugas jaga depan disemua resto ramen. Semua pelayan saling bersaing, menarik dan berebut simpati pengunjung yang lewat.

Ada sebuah resto diujung village ini, yang dekorasinya terlihat unik yaitu Kazan ramen dengan latar belakang gambar gunung berapi berwarna merah. Pelayan perempuannya semua berjilbab (apakah ini tehnik promosi untuk menarik pengunjung muslim ?). Mereka menawarkan ramen tanpa pork dan setelah saya tanyakan juga, tanpa alkohol. Kelihatannya menarik dan kami masuk untuk melihat menunya lebih detail.

Setelah saya baca dan teliti menunya, memang semua ramen memakai kuah kaldu ayam. Menu apa yang paling direkomendasikan ? Ada dua menu unggulan dihalaman depan yaitu beef sukiyaki kazan dan beef sukiyaki ramen shoyu. Akhirnya kami memesan kedua menu tsb, tambahannya adalah edamame, minuman hot matcha dan watermelon smoothies serta ice cream kaguyahime.

Apa bedanya beef sukiyaki kazan dan beef sukiyaki ramen shoyu ? Beef sukiyaki kazan adalah ramen yang disajikan didalam mangkok batu super panas dengan kuah kaldu yang dipisah didalam poci bening dan semangkok nasi putih. Sebelum dimakan, ramen harus disiapkan dahulu sesuai dengan petunjuk yang ditempel diatas meja yaitu kuah kaldu dituangkan kedalam mangkok batu yang berisi ramen, lalu tutup dengan penutup bercorong sehingga uap panas terlihat mengepul keluar lewat corong tsb, persis gunung berapi karena kazan berarti gunung berapi. Setelah menunggu kuah kaldu mendidih sekitar 1 menit, lalu buka penutup corong tsb dan aduk ramen. Ramen siap dipindahkan kedalam mangkok lain dan siap disantap.

Pertanyaannya adalah kapan nasi tsb dimakan ? Masa makan nasi lauknya ramen. Ramen tsb bukan lauk pendamping nasi loh, melainkan apabila ramen telah habis disantap, maka masukkan nasi kedalam sisa kuah ramen sehingga terciptalah zousui atau nasi kaldu. Nah seru banget kan. Kenyataannya suami saya makan ramen sebagai lauk pendamping nasi, hahaha. Ramen ini berisi potongan sayur kol, toge, bawang bombay, wortel dan daun bawang. Daging sukiyakinya mentah dan akan segera matang setelah disiram kaldu yang mendidih diatas mangkok batu panas.

Kalau beef sukiyaki ramen shoyu pesanan saya adalah ramen yang disajikan dimangkok biasa, sudah bercampur dengan kuah dan daging sukiyaki matang dan diberi taburan toge, daun bawang dan wijen putih. Kalau mau tambah wijen bisa diambil bebas karena tersedia disetiap meja bersama cabe bubuk, kecap, dll.

Nah bagaimana dengan rasanya. Beef sukiyaki ramen shoyu, kuahnya berwarna keruh dan agak kental seperti susu dan rasanya gurih asin, agak milky. Kalau kuah beef sukiyaki kazan rasanya tidak segurih dan se milky ramen milik saya, rasanya lebih ringan dan tidak begitu kental. Tapi kami berdua menilai lebih enak kuah beef sukiyaki ramen shoyu.

Saya selesai makan lebih dulu daripada suami, karena porsinya memang lebih sedikit. Pelayan segera menyajikan ice cream kaguyahime dihadapan kami. Waduh kami panik karena lupa membatalkan dessert ini. Padahal tadi pelayan sudah memberitahu bahwa kami masing-masing akan mendapat seporsi free ice cream.

Selain porsi ramen yang kami makan cukup besar dan mengenyangkan, ice cream kaguyahime ini juga porsinya lumayan besar yaitu 2 scoop ice cream matcha dan 1 scoop ice cream vanila disajikan dalam mangkok bersama ogura atau pasta kacang merah. Ketika dimakan, hmm sungguh perpaduan yang pas, rasa pahit matcha melengkapi rasa manis dan legit dari ogura. Tapi semakin lama saya kerok es krim tsb sampai kedasar mangkok, rasanya semakin manis seperti rasa susu kental manis dan ternyata ada corn flake didasarnya, jadi makan es krim semakin meriah rasanya. Kemudian watermelon smoothies adalah minuman yang terbuat dari semangka yang diblend bersama susu dan es batu, disajikan dalam gelas tinggi, wah makin kekenyangan deh kami.

Setelah itu datang lagi ice cream gratisan untuk kami, rasa mango dan matcha sesuai pesanan kami. Saya menggeleng-gelengkan kepala seraya berkata “mba tolong disimpan dulu ice creamnya didalam” seraya membatin, rela deh ngga makan es krim gratisannya karena sudah ngga muat diperut. Eh pelayannya baik banget loh, es krim tsb langsung dibungkus untuk dibawa pulang. Sebagai catatan tambahan, pelayan disini perhatian banget loh sama kami. Jadi mereka itu memperhatikan dari jauh, kalau melihat kita dalam kesulitan, mereka langsung mendekat dan menawarkan bantuan, hebat.


Nah sekarang harganya yaitu beef sukiyaki kazan Rp 88.800, beef sukiyaki ramen shoyu Rp 69.800, edamame Rp 19.800, watermelon smoothies Rp 39.800, kaguyahime Rp 39.800 dan matcha Rp 8.800. Jangan-jangan 800 itu angka keberuntungan ya.

2 comments:

Anonymous said...

Nikmat.

Unknown said...

Wah sedap nian ne kayknya... :D