Wednesday, September 09, 2015

17an di Bogor @Lemongrass & @Momomilk

Antrian panjang di Lemongrass (***)







Kami di RW05 Cilbar sudah merayakan acara Dirgahayu RI sekaligus HBH sehari sebelumnya pada tg 16 Agustus, karena kalau dirayakan pada tg 17 Agustus bakal berbarengan dengan acara RT01. Jadi tg 17 Agustus kami bisa jalan-jalan. Enaknya kemana nih, kayanya udah lama ngga Bogor, kita cari kuliner yang kekinian yuk.


“Mau makan siang dimana?” tanya suami saya. Saya langsung menjawab ke Lemongrass, peringkat 1 resto paling keren di Bogor versi Qraved, Jl. Padjajaran no. 21. Sampai disana, dari seberang jalan sudah kelihatan antrian mobil yang mau parkir. Saya pun turun duluan untuk mencari tempat. Antrian pengunjung dipintu masuk sudah ada beberapa meter. Kebanyakan orang memilih antri daripada cancel karena rata-rata pengunjung datang dari jauh bahkan dari luar kota Bogor seperti kami.

Tiba giliran saya hendak ditulis dalam daftar tunggu, tapi ternyata saya sedang beruntung. Ada sebuah meja kosong untuk berdua didekat pintu masuk, alhamdulillah. Tapi masalahnya dekat juga dengan antrian pengunjung yang sedang berdiri sehingga kami merasa kurang nyaman, makan sambil diliatin dan ditungguin orang-orang, ditambah lagi karena resto tsb penuh, makan tidak bisa santai dan tidak bisa foto-foto disekitar resto. Padahal tujuan makan disana kan karena tempatnya keren, penataan interior & eksteriornya mirip gaya cafe di Bali, dengan kolam dan taman serta furniture dan hiasan keceh.

Lemongrass ini sebenarnya adalah sebuah kopitiam yaitu kedai kopi dan sarapan tradisional khas Malaysia / Singapura yang menyajikan minuman kopi dan masakan sederhana seperti telur rebus dan roti bakar isi selai srikaya (kaya toast). Tapi konsep Lemongrass adalah modern kopitiam maka menu yang disajikan pun sangat beragam yaitu menu wajib kaya toast, lalu toast dengan berbagai pilihan isi roti, roti tissue, roti prata, dimsum dan snack, nasi, mie, sup dan salad, aneka masakan ayam, bebek, sapi, seafood dan sayur, minuman kopi, teh, milo, jus, moctail, cocktail dan aneka dessert.

Hmm kami jadi lapar mata, saya langsung memilih roti tissu nutella milo dan suami memilih ikan dori saus lemongrass, lumpia udang kulit tahu, kailan saus tiram dan nasi hainam bebek panggang. Minumannya kami pesan es milo, es kopi hazelnut dan watermelon lemonade. Sebenarnya pilihan kami yang pertama adalah dumpling rebus saus szechuan, nasi hainam ayam rebus dan pocai tumis bawang putih, tapi semua menu itu telah habis.

Pesanan kami datang dalam jangka waktu normal, tidak sampai pengen marah. Minuman disajikan dalam gelas model toples selai. Minuman watermelon lemonade rasanya cukup unik yaitu jus semangka pakai lemon jadi rasanya manis seburat asem. Minuman es milo ditaburi choco crunch, rasa milonya cukup terasa dan kental. Terakhir es kopi hazelnut, rasa kopinya dominan, agak pahit dan kurang manis.

Sekarang makanannya, yang pertama datang adalah roti tissu nutella milo, yaitu pancake super tipis seperti tissu yang dibentuk seperti kerucut yang tinggi lalu disiram nutella dan ditaburi milo. Hmm sungguh appertizer yang sedap, penampilannya heboh dan rasanya renyah, perpaduan 2 rasa coklat bersatu dan lumer dalam mulut, hmm mantap.

Kemudian lauk nasi yang paling enak adalah ikan dori saus lemongrass. Nah ini unik, dari penampilannya saja sudah cantik dan menggiurkan yaitu tahu jepang sebanyak 5 potong, disusun sejajar lalu diatasnya diberi potongan ikan dori dan disiram saus asam manis pedas ala Thai yang mengandung cincangan cabe merah dan daun ketumbar, sehingga rasanya menjadi wangi dan khas, hmm sedapnya. Kuahnya sampai habis saya siram ke piring saya.

Menu lain tak kalah cakep dan enak yaitu nasi hainam bebek panggang, lumpia udang kulit tahu dan kailan saus tiram, semua masakan itu tidak ada yang mengecewakan dan porsinya pun pas.

Intinya kami puas atas sajian disini tapi bagaimana dengan harganya ? Menurut saya sih cukup standard lah, saya urutkan dari yang paling mahal yaitu nasi hainam Rp 45.900, dori Rp 43.900, kailan, roti tissue dan kopi hazelnut @Rp 29.900, watermelon Rp 28.900, milo Rp 25.900 dan lumpia Rp 19.900.

Saya sudah janji akan kembali lagi kesini bersama teman-teman kantor hari Sabtu, tapi pas jam buka pk 10 pagi harus sudah sampai disini karena katanya sudah mulai antri sejak jam buka, ck ck ck hebat...

Nyusu dulu di Momo Milk (***)



Setelah cape putar puter dikota Bogor, sore hari sebelum pulang saya mengusulkan minuman susu dulu di Momo Milk. Ini juga termasuk salah satu resto paling keren di Bogor versi Qraved. Tapi sebenarnya yang namanya susu dan berbagai olahannya saya memang suka banget. Kebanyangkan minum milkshake dingin pas lagi haus begini, hmm enak banget.

Alamatnya di Jl. Kantor Pos no.6, Pajajaran, Bogor Timur. Jadi kalau dari Jakarta, keluar tol belok kiri ke Jl. Padjajaran, tidak jauh dari situ ada pertokoan Giant & Gramedia, lalu belok kiri ke Jl. Pakuan, lalu belok kiri lagi ke Jl Kantor Pos, sampai deh. Wilayah ini merupakan sarang kuliner loh yaitu ada “De Leuit” resto masakan Indonesia dan diseberang Momo Milk ada “Kedai kita”. Jadi daerah disekitar sini cukup ramai dan padat oleh kendaraan para pencari kuliner kekinian.

Sampai disana, kami parkir didepan bangunan Momo Milk Barn yang terbilang unik yaitu mirip bangunan lumbung. Dindingnya terbuat dari kaca. Ketika masuk, kami langsung berhadapan dengan pantry tempat meracik susu, dimana karyawannya sangat banyak dan heboh. Kami masuk daftar tunggu tapi selama menunggu kalau haus tersedia minuman sirup yang bisa diambil sendiri, gratis.

Sambil menunggu kami mengamati suasana. Bangunan didalam berupa ruangan terbuka seperti teras yang mengelilingi sebuah taman, dimana ditengah taman ada bangunan bentuk sumur. Jadi suasana yang ingin diciptakan adalah minum susu didalam lumbung ditengah ladang, begitu kira-kira.

Tiba giliran kami diantar ke meja dan diberi buku menu. Selain menu susu, disini juga tersedia menu makanan yang cukup beragam yaitu pasta, roti bakar, mie, western food dan jajanan khas Indonesia. Minumannya jelas fresh milk alias susu segar, milkshake, yogurt, teh & kopi, jus & smoothies. Kalau melihat gelas-gelas dimeja para pengunjung lainnya, wuih gelasnya gede-gede, sanggup ngga ya ngabisinnya ? Ku mau pilih gelas sedang aja ah. Ternyata kata mba nya kalau pesan susu diberi gelas sedang dan milkshake diberi gelas tinggi.

Pilihanku jelas milkshake nutella yang telah kuidam-idamkan dan suami memesan milkshake grape, untuk makanannya kami pesan siomay. Sembari menunggu pesanan, kami sholat Magrib dulu bergantian, selesai sholat kami foto-foto, karena disediakan bingkai foto Instagram & Path, sehingga wajah kami seolah-olah sudah diposting di sosmed tsb. Selesai sholat dan foto-foto pun minuman kami belum datang juga saking antrinya, akhirnya makan siomay jadi seret.

Siomaynya adalah siomay Bandung. Sebenarnya rasa siomaynya lumayan enak sih, isinya siomay, tahu, kentang, telor, acar dan bumbunya banyak, tapi saya kurang suka sebab siomaynya kenyal banget, susah digigit, maklumlah gigiku nih hehehe, kalo suami sih enak saja makannya.

Setelah sekian lama dan siomay telah lama tandas maka datanglah minuman kami. Nutella milkshake disajikan dalam jar / toples selai dan grape milkshake disajikan dalam botol susu beling. Kedua jenis milkshake ini rasanya yahud banget, enak dan segar, begitulah ciri-ciri susu segar, rasanya ringan. Jadi biarpun disajikan dalam gelas besar, tetap enak dan lancar minumnya tanpa rasa kenyang dan enek. Nutella milkshake rasa coklat dan nutellanya berasa banget, kalau grape milkshake rasa grapenya cukup halus. Tingkat kemanisan milkshake juga pas. Hanya saja ketika nutella milkshake saya tinggal sedikit, sisa beberapa teguk, saya tinggal pergi ke toilet sembari berpesan, “gelas ku jangan disingkirin dulu ya”. Pas balik lagi ke meja, nutella telah raib diberesin si mba, aduuuh...


Ya sudah, bulan depan saya ke Bogor lagi kok, udah janjian sama temen kantor, biar nanti mampir lagi ke Momo Milk. Eh harga-harga disini juga ngga terlalu mahal kok yaitu nutella milkshake Rp 21.000, grape milkshake Rp 15.000 dan siomay Rp 21.000, tapi belum termasuk pajak. Ayo sekali-kali minum susu biar sehat dan kuat, jangan ngopi terus, hehehe...

No comments: