Monday, June 01, 2015

Makan sepuasnya di Shabu Hachi (***)












http://www.yukmakan.com/review/members/shabu-hachi/6686/makan-sepuasnya-di-shabu-hachi

Kalau kami hendak ke rumah ibu di Cinere, otomatis harus melewati Jl. Karang Tengah. Saya lihat ada sebuah restaurant baru yang menyajikan all you can eat shabu shabu bernamanya Shabu Hachi di Jl. Karang Tengah Raya no. 52 Jak Sel, persis diseberang SPBU. Resto ini cukup menarik perhatian warga Cinere dan sekitarnya, maklumlah di Jl. Karang tengah nan panjang dan macet tsb belum ada resto Jepang seperti ini, sehingga Shabu Hachi nampaknya membawa angin segar kepada warga penikmat masakan Jepang.


Dari sejak tempat ini belum dibuka, sedang direnovasi sebagai persiapan grand opening, saya tungguin kapan dibukanya. Giliran sudah dibuka, pengunjung yang datang lumayan heboh, halaman parkir tampak selalu penuh sehingga kamipun agak malas untuk mencobanya. Tapi rasa penasaran kami mengalahkan rasa malas untuk berjalan kaki dari tempat parkir yang jauuuh diseberang jalan.

Ketika kami masuk kedalam, perjuangan pun masih berlanjut. Kami termasuk daftar tunggu karena meja untuk berdua sudah penuh terisi. Kami dipersilahkan duduk dikursi ruang tunggu, persis disamping meja panjang tempat meracik pesanan dorayaki, takoyaki, teriyaki dan spagheti. Aah perut semakin tergelitik ketika hidung mencium aroma wangi dan mata melihat koki memasak makanan.

Selama menunggu saya mengamati bahwa ruang makan resto ini terbagi menjadi 2 area yaitu area depan tempat kami menunggu dan area dalam tempat bahan makanan yang disediakan untuk all you can eat disusun. Interior ruangannya ditata khas Jepang dengan pemakaian furniture kayu dan ornamen khas Jepang.

Akhirnya tibalah giliran kami. Kami dipersilahkan duduk dimeja makan samping kasir dan diberi buku menu. Ada 4 jenis pilihan daging sapi yaitu Australian beef Rp 138.000, US prime Rp 188.000, US black angus Rp 238.000 dan wagyu mb9 Rp 338.000. Harga-harga tsb sudah termasuk lebih dari 40 jenis pilihan makanan seperti aneka sayuran, baso, seafood, ayam, buah, nasi, minuman, dessert plus dorayaki, takoyaki, teriyaki dan spagheti yang didepan tadi, all you can eat alias makan sepuasnya dan bisa tambah daging sepuasnya, dengan syarat tidak ada makanan yang tersisa karena bakal kena charged tambahan.

Pilihan kuah shabunya ada 6 jenis yaitu Japanese broth, original konbu, sukiyaki, miso soup, hot miso soup dan tom yum. Kami putuskan untuk memilih Australian beef dengan sup original konbu untuk saya dan hot miso untuk suami.

Setelah itu kami masuk ke ruang dalam untuk mengambil makanan melalui pintu yang dibatasi tirai khas Jepang. Wah disini sedap sekali, pilihan makanan yang berjajar rapi mengundang selera makan. Bahan makanan terlihat segar dan banyak pilihannya. Paling ujung tersedia aneka sayuran untuk salad dan dressingnya, lalu ada potongan cabe, bawang putih, dll sebagai pelengkap kuah shabu-shabu, lalu aneka sayuran, jamur, baso, udang, kerang, ikan, ayam, tahu, udon, terakhir aneka buah potong dan bumbu rujak. Diatasnya tersedia aneka dessert seperti puding, singkong Thailand, dll. Untuk minumannya tersedia mesin minuman Nescafe yang dingin dan yang panas loh, jadi banyak pilihannya, mantap kan.

Setelah kembali ke meja, pelayan segera menghidangkan kuah shabu-shabu dan daging dimeja kami. Meja makan dilengkapi kompor listrik datar, diatasnya ditaro kotak kayu yang berisi mangkuk aluminium tempat menyajikan kuah shabu-shabu. Setiap orang mendapat 2 piring daging yang berisi 3 iris daging / piring dan bisa menambah sepuasnya. Sup original konbu warnanya bening kecoklatan dan rasanya agak manis, saya lebih suka ditambah kecap asin dan cabe merah bubuk. Kalau sup hot miso warnanya lebih keruh dan lebih kental, rasanya gurih tapi tidak terlalu pedas juga sih. Australian beef juga oke banget rasanya, lembut dan lumer dimulut, asal jangan kelamaan masaknya.


Sampai sejauh ini kami puas dengan makanannya yang enak, fresh dan banyak pilihannya. Kalau ingin makan es krim sepuasnya juga bisa tapi kena biaya tambahan lagi walaupun tidak mahal. Perut kami sih sudah tidak mampu lagi kalau disuruh nambah es krim. Takoyaki, teriyaki dan spagheti saja kami tidak sempat mencicipi, saya hanya memesan sebuah dorayaki isi keju karena tergoda aromanya sejak awal kami datang. Nah kalau anak-anak pasti senang sih diajak kesini, bakalan betah, makannya pasti banyak dan ngga rewel. Shabu Hachi memang cocok banget buat makan bersama keluarga.

No comments: