Monday, June 22, 2015

Harga sebuah trend kekinian di AEON Mall (*)







Jalan yang ditempuh ketika kita ingin mengikuti trend kekinian itu sangat mahal, bikin susah, buang waktu dan tenaga. Contoh ketika IKEA baru buka, semua orang berbondong-bondong kesana, mau parkir susah, mau makan antri, belanja pun kurang nyaman karena berdesakan dan rusuh.

Sekarang ada lagi yang sedang kekinian yaitu sebuah mall di Jl. BSD Raya Utama, Tangerang bernama AEON MALL BSD CITY. Orang berduyun-duyun kesana, akibat penasaran karena status yang dipasang di sosmed terutama instagram. Belum lagi review para blogger dan media lainnya seperti Qraved, dll yang tak henti-hentinya mengulas kuliner disana.


Seperti biasa kami mengikuti arus. Hari sabtu lalu kami hendak berbuka puasa disana. Kabarnya AEON mall ini merupakan mall cabang dari Jepang, dimana tenant-tenant mall tsb hampir 60% adalah tenant makanan & minuman dan hampir 60% dari makanan & minuman tsb adalah masakan Jepang. Nah serukan.

Sebelum berbuka puasa disana, kami sholat Magrib dulu sebelum pergi, dengan harapan sampai disana banyak orang yang sudah selesai makan. Nyatanya ketika kami sampai disana, mall tsb penuh banget dan hampir semua tempat makan memiliki waiting list. Setelah kami putar puter keliling mall, dari lantai bawah sampai atas, akhirnya kami putuskan makan di area Food culture yaitu sejenis foodcourt.

Kami antri di counter Tokugawa yang menyajikan masakan okonomiyaki teppanyaki, dimana waktu yang dihabiskan dari sejak antri sampai mendapat makanan adalah sekitar 1,5 jam lebih, kebayangkan betapa lemesnya tubuh ini. Setelah membayar dikasir, kami diberi sebuah alat yang akan berbunyi apabila pesanan kita sudah jadi.

Sambil menunggu pesanan selesai, suami saya keliling-keliling lagi dan mendapat hasil membawa 5 tusuk sate yang disebut kushimori dan semangkok sayap ayam goreng dari counter Hakata ichibandori express. Akhirnya alat panggil pun bergetar, jam telah menunjukkan pk. 20.45. Kami bergegas ke counter untuk mengambil pesanan.

Sebenarnya alasan kami antri di counter Tokugawa ini adalah coba-coba saja karena melihat banyaknya pengunjung yang antri disini, sepertinya makanannya enak. Terus terang saya sih kurang paham jenis masakan ini dan cap cip cup saja ketika memesan yakisoba daging ayam dan suami saya memesan yakisoba spesial.

Yakisoba adalah mie yang diberi saus, hasilnya mirip dengan mie goreng, tapi disajikan diatas hot plate, sesuai dengan definisi teppanyaki yaitu hidangan yang dimasak menggunakan plat besi atau hot plate. Yakisoba ini adalah mie yang diberi saus kecoklatan semacam saus tiram dan dimasak bersama sayuran toge, kol, daun bawang, diberi telur ceplok diatasnya dan diberi cincangan jahe merah.

Yakisoba ayam ya diberi daging ayam, kalau yakisoba spesial diberi daging sapi, udang dan cumi. Karena disajikan diatas hot plate maka mie tsb menjadi bergumpal dan bersatu mirip pancake, sesuai dengan definisi okonomiyaki yaitu pancake gurih Jepang yang mengandung berbagai bahan yang dipanggang / dimasak.

Katanya saya tidak paham masakan ini, tapi kok bisa menjelaskan secara detail ? Sebab sambil menulis review, saya membaca wikipedia, hahaha. Seporsi yakisoba ini sangat banyak dan saya tidak berhasil menghabiskannya. Mie nya sangat berminyak dan rasanya standard saja. Lalu kushimori dan sayap ayam gorengnya mending saya bungkus deh buat saur. Kushimori adalah aneka sate, ada yang berisi daging ayam, daging sapi, telur puyuh, dll.

Terakhir kesimpulan saya adalah, semua makanan rasanya standard semua, tidak ada bumbu yang menonjol, tidak ada rasa yang istimewa dan saya tidak mau mengulangi lagi makan disitu. Harga yakisoba lumayan mahal yaitu yakisoba ayam Rp 65.000, yakisoba spesial Rp 87.000, kushimori Rp 58.000 dan sayam ayam Rp 38.000. Nasi saja harganya Rp 16.000, minuman botol antara Rp 10.000-15.000 dan semua harga belum termasuk tax.


Saran saya buat orang yang punya rencana makan di AEON mall, mending nanti saja deh nunggu trend kekiniannya mereda dulu, terutama buat orang yang mau buka puasa disini, daripada cape kaya saya.

No comments: