Thursday, June 18, 2015

Materi Ceramah selama Sholat Taraweh - tg 18-6-15

Materi ceramah selama sholat taraweh di Mesjid Al Hidayah RW05 Cilandak Barat, Kamis Tg 18 Juni 2015




Mumpung kita baru memasuki awal Ramadhan, sudahkah kita merenung, tafakur, dari sekian lama kita berpuasa selama hidup kita, apa hasil yang telah kita peroleh dari puasa kita selama bertahun-tahun ?


Ada 3 kata kunci yaitu Iman, Siam/Puasa, Taqwa. Apa korelasinya / hubungannya ?

·         Iman adalah bahan bakunya
·         Siam/puasa adalah prosesnya
·         Taqwa adalah hasilnya/outputnya

Apabila bahan baku bagus, prosesnya benar maka hasilnya pun bagus yaitu ber Taqwa.

Apakah kita sudah bertaqwa ? Jawabannya ada didalam hati kita masing2, yang mengetahui adalah diri kita sendiri, bukan orang lain.

Contoh :
·         Seseorang kurang rezeki maka akan berkerja keras membanting tulang.
·         Seseorang kurang sehat maka akan berusaha berobat supaya sehat.
·         Seseorang kurang iman atau imannya kurang sehat, misalnya tidak mau sholat di mesjid, tidak mau sedekah, tidak membaca Al Quran, dll, banyak orang yang menikmati saja keadaan tsb, merasa nyaman saja, tidak berusaha memperbaiki kekurangan tsb.

Orang yang bertaqwa akan sadar apakah imannya bertambah atau menurun, merasa kurang nyaman apabila imannya menurun sehingga berusaha memperbaiki agar imannya meningkat kembali.

Kita selalu berdoa agar bertambah rezeki, agar kita bebas dari penyakit, agar kita sehat, tetapi apakah kita telah berdoa agar kita selalu bertambah iman kita, sehingga kita khusnul khotimah.

Ramadhan ini adalah kesempatan kita untuk fokus pada akherat dan menjaga iman kita.

Apabila kita berdoa dan menjaga agar iman kita bertambah maka otomatis doa dan upaya kita tsb sudah meliputi doa dan upaya kita agar lebih sehat, lebih banyak rezeki, dll.

Orang yang hadir dalam majelis taklim adalah sudah masuk kedalam taman surga.

Rasul bersabda, apabila orang tahu besarnya pahala untuk sholat berjamaah di mesjid, maka orang tsb akan datang walaupun dengan cara merangkak.


Seorang mukmin yang cerdas, pada awal ramadhan sudah berniat akan menjalankan ibadah ramadhan sampai akhir, dan berdoa agar bisa menjalankan niatnya.

No comments: