Tuesday, June 23, 2015

Materi ceramah selama sholat taraweh tg 22-23 Juni 15

Materi ceramah selama sholat taraweh di Mesjid Al Hidayah RW05 Cilandak Barat, Senin Tg 22 Juni 2015

Tahun lalu kita berdoa agar bisa berjumpa dengan bl. Ramadhan tahun ini, begitu pula dengan sekarang, kita berdoa agar bisa berjumpa dengan bl. Ramadhan tahun depan dalam keadaan sehat, dengan alasan karena bl. Ramadhan begitu istimewa. Semua orang tanpa kecuali mengharapkan selalu dalam keadaan sehat dan sejahtera.


Nabi Muhammad diangkat menjadi Rasul yaitu utusan khusus dari Allah dan menerima wahyu pertamanya di bl. Ramadhan yaitu surat 96 Al Alaq ayat 1-5

Al Quran artinya adalah Bacaan yang sangat mulia : surat 56 Al Waqi’ah ayat 77 : “dan (ini) sesungguhnya Al Quran yang sangat mulia”, artinya :

·         Siapapun yang mau sedikit berusaha membaca Al Quran, bisa langsung memahaminya.
·         Tidak ada satupun bacaan yang dikaji sebab-sebab turunnya, dikaji isinya, dikaji diturunkan dimana, dikaji cara penulisannya, selain Al Quran.
·         Sedekat apa kita dengan Al Quran merupakan ukuran keistimewaan Al Quran terhadap kita.

Ada 4 substansi isi Al Quran :
1.    Kepastian cara beribadat & bermuamalah

Contoh :
·         Siapapun yang menjadi saksi dan merasakan kehadiran bl. Ramadhan, hendaknya menjalankan puasa.
·         Mengucapkan niat puasa pada malam hari, sebelum waktu subuh.
·         Imsak adalah waktu sudah saatnya menahan diri. Menurut sunah Nabi adalah seperti lama membaca 50 ayat atau sekitar 15 menit sebelum waktu subuh.
·         Takjil adalah saatnya berbuka puasa yaitu minum dan makan korma lalu sholat Magrib, baru makan.
·         Disyariatkan makan sahur dan mengakhirkannya.

·         Memperbanyak membaca Al Quran.


Materi ceramah selama sholat taraweh di Mesjid Al Hidayah RW05 Cilandak Barat, Selasa Tg 23 Juni 2015

Tanggal 17 Ramadhan diperingati sbg hari turunnya Al Quran.

Perintah terhadap Al Quran sebagai bacaan yang sangat mulia adalah diamalkan dan membacanya sebagai petunjuk hidup, karena ajarannya mencakup semua lini kehidupan, searah dan sebanding lurus dengan kehidupan.

Orang yang mendengar bacaan Al Quran saja akan dilimpahkan anugerah, apalagi bagi orang yang membacanya dengan benar, dengan tartil dan tajwid, cara membacanya tidak boleh menyimpang, setelah selesai membaca lalu berdoa, maka dia akan mendapat 10 kebaikan dalam 1 huruf.

Surat 25 Al Furqon ayat 32 :

Dan orang-orang kafir berkata, "Mengapa Al Quran itu tidak diturunkan kepadanya sekaligus?" Demikianlah, agar Kami memperteguh hatimu (Muhammad) dengannya dan Kami membacakannya secara tartil (berangsur-angsur, perlahan dan benar).

No comments: