Tuesday, April 07, 2015

Menikmati Burger & Ricebowl rasa umami di Umabo (***)





Dikala senggang kami suka mutar muter mencari kuliner yang belum pernah kami coba. Kali ini sasaran kami adalah sebuah tempat makan di Jl. Wijaya yang menyajikan masakan fast food bernama Umabo. Tak sulit mencari restoran ini karena terpampang jelas sebuah billboard putih dengan tulisan UMA-BO, Burger & Ricebowl, dipinggir Jl. Wijaya I no. 22, Kebayoran baru, Jakarta Selatan.


Saat itu kami berkunjung pada pk. 2 siang dan pas long weekend. Resto ini terlihat sepi dan hanya terisi 1 meja. Ruangan resto memanjang kebelakang dengan dapur terletak dipaling belakang, diujung ruangan. Dindingnya dilapisi kayu, dimana sisi kanan digantung 4 gambar yang mewakili 4 anggota Ninja Turtle, dan sisi kiri dipasang cermin disepanjang dinding. Meja disisi kanan disusun dari depan ke belakang sedangkan meja disisi kiri disusun memanjang kesamping dengan kursi sofa yang menempel di dinding.

Kami duduk disisi kanan dan diberi daftar menu yang bisa dipilih langsung dari sebuah tablet. Idealnya kami memilih menu dan langsung enter untuk memesan, bahkan setelah selesai memesan langsung tertera jumlah bill yang harus dibayar. Kenyataannya kami malah memanggil pelayannya lagi, menanyakan menu andalannya serta deskripsinya sekaligus dia saja yang enter.

Sesuai dengan nama restonya, menu andalan disini adalan Umabo, singkatan dari Umami Bowl yaitu ricebowl dengan rasa umami atau gurih. Suami saya memilih umabo rasa ribs me up. Saya kurang menyukai ricebowl karena nasinya pasti basah, maka saya pun memilih burger rasa cheese plosion. Untuk minumannya saya pilih frozen choco deinonychus dan toasted marshmallow milkshake untuk suami. Sebelumnya saya ragu untuk memesan minuman marshmallow ini, takut gelatinenya terbuat dari babi, tapi ternyata pelayan meyakinkan kami bahwa marshmallownya berlogo halal. Semua pesanan kami ini sesuai dengan saran pelayannya.

Sambil menunggu pesanan, saya perhatikan bahwa pengunjung yang berdatangan semuanya anak muda, sesuai dengan sifat anak muda yang suka mencoba hal-hal baru dan unik, dan kami yang paling tua disini, hahaha.

Tak lama minuman kami datang, disajikan digelas milshake yang tinggi, penyajiannya begitu menggiurkan karena minuman disajikan sampai menggunung. Frozen choco deinonychus adalah minuman double chocolate yaitu ice chocolate blend dengan taburan semacam ovaltine dengan jumlah royal, rasanya sih enak, cocok lah buat penggemar coklat seperti saya, hanya saja rasanya super manis. Kemudian toasted marshmallow milkshake adalah minuman berwarna putih, merupakan campuran dari susu+vanila+es yang diblend, lalu diberi topping marshmallow bakar, rasanya juga enak banget dengan marshmallow yang melted dimulut.

Nah sekarang giliran makanannya, Ribs me up adalah ricebowl atau nasi yang ditata didalam mangkok lalu diberi topping daging sapi yang berasal dari tulang rusuk, jagung, terong, telur rebus bulat utuh karena suami mintanya matang, idealnya telur setengah matang yang melted, taburan aneka bawang dan dikucurin 2 macam saus yaitu saus creamy dan saus berwarna coklat yang royal, sehingga saus sudah meresap kedalam nasi hingga dasar mangkok. Ketika kucicipi dagingnya empuk banget dan sausnya yang bikin istimewa yaitu rasa umami dan asam manis.

Lalu burger cheese plosion memakai daging patties, tumis bawang dan cabe hijau, daun lettuce, keju, mayonaise dan smoke sauce, rotinya tebal dan empuk dengan taburan wijen, lalu ditusuk lidi agar burger tidak berhamburan, serta diberi sepotong ketimun yang terpisah. Rasanya mantap dan enak, dagingnya empuk dan tebal dengan rasa dan aroma smoky, sausnya royal dengan rasa asam manis, hanya saja kejunya tidak sesuai dengan judulnya cheese plosion karena kurang terasa dan kurang banyak.

Keunggulan makanan disini walaupun jenisnya fastfood, tapi dibuat secara fresh dari awal masak, dengan bahan-bahan yang fresh pula, dengan memakai daging sapi buatan Kibif. Saya tau karena dinding diatas jendela dapur, digambar proses pembuatan daging Kibif yaitu 1. Cattle breeding 2. Cattle import & transport 3. Feedlot 4. Abattoir 5. Product 6. Customer. Harga makanan tergolong standard mengingat kualitas makanan yang disajikan yaitu @Rp 65.000 untuk umabo dan buger, frozen choco Rp 30.000 dan marshmallow milkshake Rp 37.000.

No comments: