Sunday, April 05, 2015

Grand opening Bakwan Malang "Barokah" di Grand Galaxy City Bekasi (***)





Sepupu suami saya menyewa sebuah rumah di Jl. Pulo Sirih Barat Raya blok FE no. 307, Grand Galaxy City, Bekasi, untuk dijadikan rumah makan Bakso Bakwan Malang Barokah. RM Bakwan Malang ini baru buka per tg 18 Maret 2015. Kami sekeluarga pun diundang untuk mencoba makan disana dalam rangka promosi.


Ketika kami kesana, kami baru tau dan takjub bahwa daerah Grand Galaxy City Bekasi ini telah berubah menjadi kawasan kuliner. Banyak ruko yang baru dibangun dan ada sebuah mall juga disana, menambah semarak petualangan kuliner Bekasi.  Jadi sepupu kami ini tidak salah kalau membuka rumah makan dikawasan ini. Disebelah RM miliknya adalah rumah makan seafood dan diseberangnya adalah Mie ayam Bangka Awat.

Kami tiba pas magrib, saat hujan sedang lebat-lebatnya, waktu yang pas tuk makan makanan berkuah dan panas. Ketika masuk, terlihat ruangannya rapih dan bersih, terang dan baru di cat dengan warna hijau cerah, dengan meja dan kursi kayu. Rumahnya cukup luas dan terbagi menjadi 2 area yaitu ruang dalam dan teras luar. Didalam disediakan TV dan kipas angin.

Cara memesannya adalah sebagai berikut, pengunjung langsung menuju counter tempat meracik bakwan didekat pintu masuk. Bakwan goreng ditempatkan dalam rak display dengan pemanas sehingga bakwan tetap renyah, dan bakwan kukus berada didalam panci kukusan bersama kuah baso dibawahnya. Ada 7 jenis bakwan yaitu siomay goreng, siomay kukus, tim goreng, tim kukus, goreng panjang, tahu kukus dan baso halus. Setelah kami pilih semua jenis bakwan komplit, baru diberi kuah dan taburan daun bawang dan bawang goreng.

Ketika bakwan sudah terhidang dihadapan kami, menghirup aromanya saja sudah enak. Penampilannya juga menggiurkan, kuahnya bening dengan sedikit minyak yang mengambang, bentuk bakwannya rapih dengan ukuran sedang. Rupanya sang suami membuat sendiri semua jenis bakwan ini sejak subuh dia sudah masak, wow keren, hebat banget.

Bikin bakwan aneka jenis dengan cara manual dan setiap hari fresh, bukanlah pekerjaan mudah. Kami pun baru tau saat itu. Rupanya dia belajar dari pamannya yang membuka tempat makan serupa didaerah Bogor. Ketika kami cicipi rasanya juga enak dan gurih, kenyal tapi empuk, dan yang paling enak adalah tim kukusnya, enak banget, suami saya sampai nambah-nambah lagi.

Adonan bakwan ini terbuat dari campuran udang dan ikan, asli dan murni serta tidak bau amis, lantaran pemilihan bahan yang fresh, setiap hari belanja ke pasar, tidak disimpan dilemari es. Kuahnya terbuat dari kaldu daging dan tulang sapi. Ketika kami bungkus untuk oleh-oleh ortu dirumah, tulang dan dagingnya tak luput kami jarah, hahaha.

Rencananya bakwan Malang ini akan dijual dengan harga @Rp 3.000, tapi dalam masa promo ini sih masih harga diskon. Sayangnya rumah makan ini sangat jauh dari rumah kami, kalau dekat sih saya bakal sering bungkus buat acara arisan, rapat dan pengajian. Oleh karena itu kami doakan saja ya buat Fenti & Tomi semoga usaha bakwan Malang nya tetap “Barokah” sepanjang masa dan banyak cabangnya, terutama di wilayah Jakarta Selatan, amiiin...

No comments: