Sunday, March 01, 2015

Perjalanan hidup manusia

Materi pengajian “Perjalanan hidup manusia” oleh ustad Jauhari, tg 24 Feb 15 di Mesjid Nurul Hikmah, Cilandak, JakSel



  • Surat 3 ayat 20 : Ali Imran : Kemudian jika mereka membantah engkau (Muhammad) katakanlah, “aku berserah diri kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku.” Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Kitab dan kepada orang-orang buta huruf, “Sudahkah kamu masuk Islam ?” Jika mereka masuk Islam, berarti mereka telah mendapat petunjuk, tetapi jika mereka berpaling, maka kewajibanmu hanyalah menyampaikan. Dan Allah maha melihat hamba-hamba Nya.
Penjelasan :
-      Muhtadun : orang yang mendapat dan menerima petunjuk sehingga menerima Islam.
-      Mualaf : Orang yang lemah iman dan lemah perut, sehingga ketika dia di iming-imingi makanan dia akan murtad.
  • Surat 27 : An Naml : Surat mengenai Ratu Balqis yang masuk Islam.
  • Surat 2 ayat 28 : Al Baqarah : Bagaimana kamu ingkar kepada Allah, padahal kamu (tadinya) mati, lalu Dia menghidupkan kamu, kemudian Dia mematikan kamu lalu Dia menghidupkan kamu kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.
Penjelasan : Manusia itu 2 x mati, 2 x hidup, maksudnya :
-      Mati pertama adalah sebelum ruh ditiupkan ke jasad.
-      Hidup pertama adalah ketika ruh ditiupkan ke jasad.
-      Mati kedua adalah ketika ruh meninggalkan jasad kita.
-    Hidup kedua adalah ketika sangkala ditiup oleh malaikat untuk membangunkan kita dari alam kubur.

  • Ucapan “Shadaqallahul Adzim” artinya : Maha benar Allah yang maha Agung.
  • Al Quran itu harus : dibaca, dipahami & diamalkan
  • Dalam bahasa Arab, Ma artinya tempat, Mu artinya pelakunya / orangnya.
Contoh : Manusia artinya tempat lupa. Muhammad artinya orang yang terpuji.
Lupa adalah nikmat dan lupa harus selalu diingatkan.
Ada 3 jenis lupa yang harus selalu diingatkan yaitu :
-      Lupa kepada Allah : diingatkan oleh Azan
-      Lupa diri
-      Lupa bersyukur : diingatkan sebanyak 31 x dalam surat Ar  Rahman yaitu kalimat : Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban : Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan ?


  • Surat 106 ayat 4 : Quraisy : Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa ketakutan.
Penjelasan : Merupakan dasar pemikiran Thomas Jefferson, pendiri Amerika, untuk menyusun Declaration of Independence / dasar kemerdekaan Amerika yaitu freedom from fear (bebas dari rasa takut) & freedom from want (bebas dari rasa kekurangan & kelaparan).


  • Surat 21 : Al Anbiya :
Ayat 87 : Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, "Tidak ada tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim."
Ayat 88 : Maka Kami kabulkan doanya dan Kami selamatkan dia dari kedukaan. Dan demikianlah Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman.
Penjelasan : Adalah doa nabi Yunus ketika berada didalam perut ikan, didalam laut, pada malam hari dan semua indra nya terkunci, maka dia berdoa.

  • Surat 2 ayat 282-283 : Al Baqarah, adalah surat mengenai administrasi hutang piutang & transaksi jual beli (muamalat).

  • Surat 2 ayat 261-265 : Al Baqarah, adalah surat mengenai etika dalam ber infaq & sadaqah.

  • Surat 12 : Yusuf :
Ayat 100 : Penjelasan : Dalam hidup kita harus berpedoman kepada nabi Yusuf yang dibebaskan dari penjara lalu masuk istana untuk memerintah, bukan sebaliknya seperti pemerintah yang koruptor.
Ayat 101 : Penjelasan : Doa pelantikan nabi Yusuf ketika dia di anugerahkan kekuasaan.

Proses kejadian manusia & perjalanan hidupnya :

1.    Manusia itu asalnya dari sari pati tanah yaitu nabi Adam.
2.    Lalu Allah menciptakan hewan & tumbuhan : Surat Al Ala yaitu surat yang dibaca ketika sholat Idul Adha.
3.    Maka terciptalah makanan & minuman.
4.    Masuk kedalam perut manusia.
5.    Mengalir kedalam Sulbi / tulang belakang di punggung.
6.    Masuk ke dalam jantung.
7.    Mengalirkan darah ke seluruh tubuh.
8.    Laki-laki memiliki testis yang menghasilkan sperma.
9.    Perempuan memiliki ovarium / indung telur yang menghasilkan ovum / sel telur
10. Kedua zat suci tsb bertemu didalam rahim melalui ikatan suci pernikahan.
Surat 4 ayat 1 : An Nisa : Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri) nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.
Penjelasan : Adalah surat yang dibacakan ketika ada pernikahan yaitu ayat mengenai diciptakannya manusia hasil kloning oleh Allah.

Surat 2 Ayat 235 : Al Baqarah : Dan tidak ada dosa bagimu meminang perempuan2 itu dengan sindiran atau kamu menyembunyikan (keinginanmu) dalam hati. Allah mengetahui bahwa kamu akan menyebut-nyebut kepada mereka. Tetapi janganlah kamu membuat perjanjian (untuk menikah) dengan mereka secara rahasia, kecuali sekedar mengucapkan kata2 yg baik. Dan janganlah kamu menetapkan akad nikah, sebelum habis masa idahnya. Ketahuilah bahwa Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu; maka takutlah kepada-Nya, dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun, Maha Penyantun.
Penjelasan : Dalam pernikahan tidak boleh ada rahasia, seperti kawin siri / rahasia = ilegal.

11. Lahirlah bayi ke dunia. (Ketika ruh ditiupkan kedalam jasad = hidup pertama). Ketika ruh ditiupkan kedalam jasad, otomatis dia telah bersyahadat.
Hidup adalah :
-      Mati/maut : Surat 21 ayat 35 : Al Anbiya : Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada kami.
-      Rezeki
-      Kelamin : 
Surat 42 : Asy Syura : Ayat 49 : Milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. memberikan anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak laki-laki kepada siapa yang Dia kehendaki. Ayat 50 : Atau Dia menganugerahkan jenis laki-laki dan perempuan, dan menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Dia Maha Mengetahui, Maha Kuasa.
Surat 7 ayat 189 : Al Araf : Dialah Yang menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam) dan dari padanya Dia menciptakan pasangannya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, (isterinya) mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian ketika dia merasa berat, keduanya (suami-isteri) bermohon kepada Allah, Tuhan mereka (seraya berkata) "Jika Engkau memberi kami anak yang saleh, tentulah kami selalu bersyukur".
Penjelasan : Yaitu doa untuk memohon anak yang sholeh, yang biasanya dibaca ketika 4 bulanan.
Selama hidup manusia itu harus bertaubat yaitu taubatan nasuha.
12. Setelah mati akan di Kubur (mati kedua).
Ucapan ketika melayat orang yang meninggal : Turut mendoakan agar diberikan ketabahan, kesabaran dan keikhlasan bagi keluarga yang ditinggalkan, dan almarhum dalam keadaan khusnul khotimah. Dijawab dengan perkataann : Amiin. Bukan “ikut berdukacita” karena seharusnya tidak perlu berduka karena memang diambil lagi oleh Pemiliknya.
13. Akan dibangunkan kembali pada hari Qiyamat (hidup kedua).
14. Dikumpulkan di padang Mahsyar. Bila beramal sholeh akan masuk syurga, bila ber amal salah akan masuk neraka.
Surat 2 Ayat 82 : Al Baqarah : Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya. Penjelasan : Hanya iman dan tauhid kitalah yang menjamin masuk surga.

No comments: