Tuesday, March 03, 2015

Istri yang sholeha

Materi ceramah “Istri yang Sholeha” di Mesjid Al Ikhlas hari Selasa tg 3 Maret 2015

Surat 4 ayat 34 : An Nisa : Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang saleh, adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi, jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh Allah Mahatinggi, Mahabesar.
Penjelasan : Istri yang sholeh adalah istri yang 1. Taat kepada Allah 2. Menjaga diri dan kehormatannya, terutama saat suaminya tidak ada.


Nabi Muhammad bersabda, ciri-ciri istri yang taat kepada Allah dan dirindukan syurga adalah :
1.    Istiqomah dalam sholat.
Istiqomah artinya konsisten dalam mengerjakan kebaikan.
Akimusholat artinya mengerjakan sholat dengan baik, benar dan konsisten.
Dalam sholat berjamaah, kita harus toleransi kepada cara sholat orang lain karena syariat sholat hanya 1 tapi fikihnya banyak.
2.    Melaksanakan puasa dibulan ramadhan.
Apabila suami berbuat dosa, istri tidak bertanggung jawab, tapi apabila istri berbuat dosa maka suami harus bertanggung jawab karena tugas suami adalah mendidik istrinya.
3.    Taat kepada suami yang taat kepada Allah.

Surat 98 ayat 7 : Al Bayyinah : Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.
Penjelasan : Mencari istri yang beriman adalah prioritas.

Surat 18 ayat 105 : Al Kahf : Mereka itu adalah orang yang mengingkari ayat-ayat Tuhan mereka dan (tidak percaya) terhadap pertemuan dengan Nya, maka sia-sia amal mereka, dan Kami tidak memberikan penimbangan terhadap (amal) mereka pada hari kiamat.
Penjelasan : Orang yang tidak beriman maka berapapun amalnya tidak akan diterima diakherat (sia-sia).

Surat 3 ayat 91 : Ali Imran : Sungguh, orang-orang yang kafir dan mati dalam kekafiran, tidak akan diterima (tembusan) dari seseorang diantara mereka sekalipun (berupa) emas sepenuh bumi, sekiranya dia hendak menebus diri dengannya. Mereka itulah orang-orang yang mendapat azab yang pedih dan tidak memperoleh penolong.
Penjelasan : Harga iman itu lebih mahal dari harga emas sepenuh bumi.

Orang yang beramal sholeh adalah orang yang melakukan aktifitas yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Amal sholeh orang laki-laki dan perempuan itu ada yang sama dan ada juga yang beda.

Ada 3 larangan bagi orangtua terhadap anaknya yang masih kecil antara umur 0-6 tahun yaitu saat masa pembentukan karakter anak yaitu : 1.Jangan marah 2. Jangan melarang 3. Jangan mengancam

Amal sholeh apa yang dirindukan syurga : Surat 13 : Ar Rad :
1.    Ayat 20 : (yaitu) orang yang memenuhi janji Allah dan tidak melanggar perjanjian.
Penjelasan : Memenuhi janji kepada Allah
2.    Ayat 21 : dan orang-orang yang menghubungkan apa yang diperintahkan Allah agar dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk.
Penjelasan : yaitu silahturahim. Orang yang melakukan silahturahmi akan dipanjangkan umurnya dan dilapangkan rezekinya.
3.    Ayat 22 : Dan orang yang sabar karena mengharap keridhaan Tuhannya, melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik).
Penjelasan : Sabar dalam mengharapkan ridho Allah.
Surat 39 ayat 10 : Az Zumar : Katakanlah (Muhammad) : "Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu". Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahala tanpa batas.
Penjelasan : Orang yang sabar akan disempurnakan pahalanya tanpa batas.
Sabar adalah kemampuan menahan diri, yaitu sabar dalam menghadapi musibah, sabar dalam menghadapi keluarga. Karena Harta & anak adalah cobaan hidup :
Surat 8 ayat 28 : Al Anfal : Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar.
4.    Suka berbagi / infaq & sadaqah
Surat 64 ayat 16 : At Tagabun : Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah; dan nafkahkanlah harta yang baik untuk dirimu. Dan barang siapa yang dijaga dirinya dari kekikiran, mereka itulah orang-orang yang beruntung.
Penjelasan : Apabila ingin beruntung jangan pelit / kikir.

No comments: