Thursday, March 05, 2015

Jauh-jauh makan Bakso Bakwan Malang Cak Su Kumis di Rawamangun (***)









Ibu-ibu kan hobinya nonton TV, seperti ibu saya ini, gara-gara melihat iklan bakwan malang di TV jadi pengen makan bakwan malang, mana tempatnya jauh lagi di Rawamangun, namanya bakwan malang cak Kumis. Saya jadi searching dulu di mbah Google mencari alamat pastinya daripada nyasar. Ketemulah yang namanya BAKSO BAKWAN MALANG CAK SU KUMIS Jl. Rawamangun Muka Barat No. 14 Jakarta Timur. Berbekal alamat dari internet dan aplikasi Waze, kami berlima menuju Rawamangun.


Akhirnya kami sampai juga ke Jl. Rawamangun Muka Barat, pelan-pelan kami susuri jalan ini eh malah ketemu tukang asinan, hmm boleh juga nih pulangnya bungkus dulu hahaha. Beberapa meter kemudian sampailah kami didepan Bakso bakwan malang cak su Kumis ini. Tempatnya berupa sebuah bangunan rumah yang terbuka, sedehana tapi cukup luas. Sistem pelayanannya dengan cara prasmanan, yaitu pengunjung mengambil sendiri makanannya. Meja prasmanan yang berisi bakwan malang ditempatkan disebelah kiri ruangan dekat pintu masuk, sehingga pengunjung yang baru datang dapat langsung antri mengambil mangkok dan mengisi dengan bakwan malang pilihannya.

Ada 7 pilihan isi bakwan malang yaitu bakso urat, bakso halus, siomay basah, siomay goreng, tahu siomay, kekian goreng yang bentuknya panjang mirip lumpia dan tim goreng atau bakso goreng. Setelah kita pilih dan taruh dimangkok, karyawannya tinggal menuang kuah kedalam mangkok kita. Jangan lupa kita taburi bawang goreng dan daun bawang seledri yang telah tersedia dimeja. Setelah itu kita tidak perlu langsung bayar, tapi duduk saja dahulu, kita nikmati makanannya dan jangan lupa ingat-ingat jumlah bakwan malang yang telah kita ambil.

Dimeja makan telah tersedia lontong, sambal, kecap, minuman aqua, aneka krupuk dan camilan lainnya sebagai pelengkap makan kita. Saya lebih suka hanya menambah sedikit sambal sehingga tidak banyak merubah rasa kuah aslinya. Ternyata bakwan malang ini rasanya memang lekker, nikmat abis. Kuahnya rasa kaldu asli, bening & gurih, aromanya wangi menggoda, panasnya menghangat tubuh yang kedinginan dimana secara kebetulan cuaca sedang hujan deras, wah cucok banget deh.

Bakso rasanya asli daging sapi, gurih, berserat, kenyal-kenyal empuk. Gorengannya garing diluar, kenyal-kenyal lembut didalamnya, rasanya gurih rasa ikan tenggiri. Ukuran bakso dan gorengan cukup besar sehingga saya tidak sanggup mencoba semua jenis.

Didalam daftar menu yang ditempel ditembok, disini juga tersedia es campur, es teler, es kelapa, es jeruk, es kelapa jeruk dan es kelapa alpukat. Wah sayang saya sedang kenyang padahal saya lihat pengunjung disamping saya yang memesan es campur, wuih es nya berbentuk kerucut disiram sirop merah dan susu kental wuih keliatannya seger banget.

Enaknya makan disini harganya cukup terjangkau, kita tinggal sebut berapa butir bakwan malang yang kita makan lalu dikali Rp 3.500. Mau bungkus juga bisa, sudah tersedia plastik dimeja prasmanan tadi, tinggal minta bungkus kuahnya saja oleh pegawainya.

Bakwan malang ini cabangnya cukup banyak loh, ada di Pondok kelapa, Pondok kopi, Cempaka putih, Bekasi dan semuanya berada diwilayah Jakarta Timur dan Bekasi, ngga ada yang di Jakarta Selatan, yaaah sedihnya.

No comments: