Monday, December 29, 2014

Berbagai keunggulan di De Clan resto & cafe (**)









Resto ini memang belum lama berdiri, belum ada setahun. Letaknya yang strategis dipinggir jalan Cipete Raya tepatnya no. 63 menjadikan tempat ini cukup ramai oleh pengunjung. Kami sering melewati resto ini sambil membaca slogan yang terpampang “Berani bersaing karena rasa”, sehingga menggelitik rasa penasaran kami. Akhirnya hari Minggu siang lalu kami pun mampir untuk mencoba masakan ditempat yang bernama De Clan resto & cafe ini.

Saat itu mobil pengunjung yang diparkir dihalaman resto cukup penuh sehingga kami parkir diseberangnya. Ketika memasuki tempat ini, kami melihat bahwa resto ini terbagi menjadi beberapa area tempat makan yang berbeda-beda suasananya. Akhirnya kami duduk didalam ruang makan dengan interior klasik. Meja dan kursinya terbuat dari kayu dengan bantalan kursi berwarna merah. Ruangan ini didominasi dengan warna merah putih. Tirai bentuk klasik berwarna merah dengan aksen warna emas. Dindingnya kombinasi warna merah bata dan putih dengan beberapa lukisan. Secara keseluruhan suasana yang tercipta adalah klasik, elegan, bersih dan terang.

Menu yang tersedia disini adalah Indonesian dan Wastern food. Menu masakan Indonesia diwakili oleh aneka masakan ayam peyet, bakar dan goreng. Lalu aneka masakan ikan, cumi & udang, aneka masakan nasi goreng dan timbel, aneka masakan sayur & pelengkap, aneka sambal dan Western food seperti pasta & steak. Pilihan minumannya pun beragam serta tersedia dessert ice cream mochi.

Sebelum memesan kami bertanya dulu menu best seller atau menu unggulan disini adalah apa. Ternyata menu ikan patin bakar bambu dan ayam penyet menjadi andalan disini. Pilihan kami jatuh kepada ayam penyet pesanan suami dan ikan mas goreng untuk saya. Kami juga memesan karedok dan sambal hijau teri medan sebagai pelengkap dan minuman es kelapa sirsak batok dan es teh leci. Sambil menunggu pesanan kami pun melihat-lihat suasana sekitar.

Ternyata resto ini terbagi menjadi 4 jenis ruangan yaitu ruang resto VIP terletak dipaling depan yaitu ruang yang kami tempati dan ruang VVIP yang terletak dipaling belakang. Diantara keduanya adalah ruangan terbuka yaitu area cafe, dengan interior wallpaper yang menarik, dan area saung, dimana kedua area tsb dipisahkan oleh sebuah kolam ikan koi yang memanjang. Atmosfir yang tercipta dari setiap ruangan berbeda-beda dan semuanya nyaman sebagai tempat pertemuan, kumpul-kumpul keluarga atau teman.

Setelah kami tanyakan disini juga menyediakan fasilitas : menu buffet @Rp 95.000 min 25 orang, paket catering datang ke tempat free orgen tunggal @Rp 150.000 min 30 orang, delivery order, live music, karaoke dan free wifi. Nah lengkap sekali bukan.

Nah sekarang giliran makanannya. Ayam penyet disajikan dipiring ceper lebar, lengkap dengan pendampingnya yaitu ikan asin, tahu chrispy, tempe goreng, urap, irisan ketimun, tomat dan lettuce. Lalu dimana sambal penyetnya, kok ayamnya polos saja. Rupanya sambal disajikan dibawah ayam, jadi tidak kelihatan. Hoo baru kali ini ayam penyet sambalnya ditaruh dibawah ayam, bukan diatas. Rasa sajian ini cukup oke, ayamnya empuk dan bumbunya meresap, tahu chrispynya enak, sehingga secara keseluruhan semua sajian ini rasanya cukup menggugah selera.

Sekarang ikan mas gorengnya, saya berpesan agar digoreng kering. Ketika disajikan ikan benar-benar baru diangkat dari penggorengan. Daging ikan disayat-sayat lalu digoreng sehingga hasilnya super garing dan chrispy, sehingga sirip dan kepala ikan pun bisa dimakan seperti kripik, kriuk kriuk. Ikan disajikan bersama 2 macam sambal yaitu sambal merah dan sambal kecap.

Sayur karedoknya juga enak, sayurannya segar, bumbunya enak dan disajikan bersama 2 buah emping, andaikata diberi krupuk yang banyak, pasti lebih enak. Terakhir sambal hijau teri adalah ulekan cabe hijau besar plus tomat hijau dan bawang yang ditaburi teri. Semua sambal yang disajikan disini rasanya tidak ada yang extrem yaitu level kepedasannya sedang-sedang saja.

Yang unik adalah minuman es kelapa sirsak yaitu es kelapa dalam batok tapi ketika disendok yang terambil adalah daging buah sirsak. Rasa dan aroma sirsak yang unik rupanya cocok juga berpadu dengan es kelapa.

Mengenai harga makanan menurut saya cukup mahal tapi ya selevel dengan tempatnya. Harga ikan mas goreng saja Rp 45.000 belum termasuk nasi. Semua lauk pauk disini belum termasuk nasi. Ayam penyet Rp 35.000, karedok Rp 17.500, sambal hijau teri Rp 15.000, nasi @Rp 7.000, es kelapa sirsak Rp 27.000 dan es teh leci Rp 30.000.

Menurut saya keunggulan resto ini terletak pada tempatnya yang nyaman dan strategis, jenis masakan yang familier, mudah diterima lidah siapa saja, pilihannya juga banyak, rasanya juga oke, fasilitas resto lengkap serta harga yang relatif terjangkau. Yang ingin booking tempat disini bisa telpon di 021 7661548. Nah selamat kumpul-kumpul ya...

No comments: