Monday, December 15, 2014

Lapar mata di Bale Soto (***)










Saya sih sudah beberapa kali makan disini. Biasanya bareng dengan teman kantor karena letaknya yang dekat dengan kantor dan ketika ada acara arisan keluarga. Tempatnya yang strategis, bangunannya yang bagus dan bersih, suasananya yang homey serta harganya yang murah menjadikan tempat ini sebagai tempat pertemuan favorit. Namanya adalah Bale soto di Jl. Daksa I no. 11 Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Kalau mau kesini mudah saja, yaitu masuk ke Jl. Gunawarman, kira-kira beberapa ratus meter, belok kiri ke Jl. Daksa I, resto ini berada dibangunan pertama disebelah kanan jalan. Sangat disarankan reserved dahulu di 021 9236125 terutama kalau mau datang berombongan.

Kebetulan saya baru sempat bikin reviewnya sekarang, karena kalau makan rame-rame bareng orang lain kan susah mau ambil foto makanan mereka dan saya tidak tau nama menu serta harga makanan yang mereka pesan. Nah kebetulan minggu lalu saya dan suami mengajak ibu, adik dan keponakan saya makan siang disini. Untung pengunjung sedang tidak terlalu ramai sehingga kami langsung mendapat tempat tanpa reserved terlebih dahulu.

Bangunan resto ini didesain seperti rumah, dimana dinding depannya berupa pintu dan jendela-jendela kaca yang terbuka lebar tapi tetap memakai AC. Didepan jendela ada sebuah kolam ikan kecil, lalu halaman depan berupa taman dengan rumput dan tanaman yang tertata rapih. Sebuah becak diparkir dihalaman depan sebagai centerpiece. Interior didalam ruangan didesain modern dengan sentuhan khas Jawa, meja dan kursi terbuat dari kayu, serta interior ruangan dominan berwarna putih dan pastel. Rasanya betah berlama-lama duduk disini sambil melihat kehalaman depan.

Buku menu berupa lembaran daftar menu yang disusun diatas talenan kayu berwarna pastel. Sesuai dengan nama tempatnya, disini menyajikan aneka menu soto seperti soto ayam, daging, babat, buntut, iga, campur, dll. Selain soto banyak juga menu lainnya seperti aneka menu mie seperti mie tek-tek, mie rebus Jawa, mie ayam & mie yamin, lalu aneka nasi goreng, ayam goreng, ayam penyet, iga penyet, bebek goreng, pecel, bakwan malang, siomay, empek-empek, asinan, tahu dan tempe, bakwan jagung dan aneka camilan roti panggang. Semua menu ini belum termasuk nasi, jadi nasi harus dipesan terpisah dengan pilihan nasi putih dan merah.

Asyiknya lagi ada tambahan menu baru yang terbuat dari daging wagyu seperti tongseng wagyu, soto wagyu dan nasgor wagyu serta 2 menu bebek yaitu bebek bali dan bebek kremes. Kami langsung tertarik dan memesan tongseng wagyu, soto wagyu, bebek bali, mie goreng tek-tek, nasgor spesial, tahu pong, bakwan jagung serta sambal tempe, wuaa banyak banget ya, kalap nih, hahaha...

Pesanan kami disajikan dalam waktu tidak terlalu lama. Pesanan saya adalah bebek bali paha, disajikan dipiring tanah liat, bersama urap bali dan sambal matah. Bebeknya enak, bumbunya meresap, cukup empuk dan tidak amis, baik urap dan sambal matah rasanya juga enak.

Tongseng wagyu pesanan suami rasanya sedap nian, kuah yang berwarna coklat kehitaman, kental dengan rasa rempah, dagingnya jelas empuk dan enak, banyak pula isinya, ditambah irisan kol, tomat dan bawang, rasanya semakin sedap bila ditambah sambal, kucuran jeruk nipis serta potongan cabe rawit. Dia kalau makan tidak cukup dengan 1 jenis lauk harus ada pelengkapnya yaitu sambal tempe dan tahu pong, huaa sampe keringetan deh makannya, hahaha...

Mie goreng tek-tek dan nasgor spesial rasanya juga yahud dan mantap, hampir mirip sih rasanya yaitu manis-manis gurih. Mie goreng tek-tek berisi suwiran ayam, telur, kol dan sawi hijau, disajikan bersama acar dan potongan otak-otak goreng. Nasgor spesial berisi telur orak arik, disajikan bersama sepotong ayam goreng dan telur ceplok serta acar.

Dari semua lauk ini, yang paling biasa rasanya adalah soto wagyu pesenan Mamah. Soto berisi soun, kol, tomat, toge dan potongan daging wagyu dengan kuah berwarna keruh kekuningan ditaburi daun bawang, seledri dan bawang goreng. Sebenarnya rasanya enak juga, tapi bila dibandingkan dengan pesanan kami lainnya yang lebih kaya rasa bumbu & rempah maka rasa soto ini jadi kalah.


Saat ini sedang ada program diskon 25% dengan kartu debit CIMG Niaga tapi hanya berlaku untuk menu makanan saja minimal pembelian Rp 100.000, tapi lumayan membantu. Harga sebelum diskon adalah tongseng wagyu Rp 50.000, soto wagyu Rp 45.000, bebek bali Rp 30.000, nasgor Rp 35.000, mie goreng Rp 30.000, bakwan jagung isi 4 Rp 20.000, tahu pong Rp 18.000, sambel tempe Rp 15.000 dan nasi putih @ Rp 7.000. Harga setelah diskon jadi lumayan hemat yaitu Rp 282.700 termasuk 6 gelas minuman dan sebungkus krupuk, setelah pajak loh. Buat para pemirsa yang sedang mencari tempat untuk traktiran atau sekedar tempat berkumpul, sangat disarankan datang kemari. Ayo yo direserved...

No comments: