Monday, December 07, 2015

Selalu ada kuliner baru di Bandung : Bellamie Boulangerie & Bakso Boedjangan

Terpikat croissant di Bellamie Boulangerie (***)

Sabtu sore Minggu lalu ketika saya di Bandung, neng Egha menjemput saya, “Kita ke Bellamie yuk”. Saya sih nurut saja, saya pikir kami mau pergi belanja ke toko baju. Nyatanya kami berhenti didepan sebuah cafe yang bernama Bellamie Boulangerie di Jl. Cihapit no. 37. Cafe ini bersebelahan dan bersatu dengan resto Kambing Bakar Cairo.


Bellamie Boulangerie adalah sebuah toko roti ala Perancis yang menempati bangunan mungil 2 lantai. Pertama kami ke lantai dasar dulu untuk melihat aneka kue yang berjajar di rak display. Rak-rak display ini berisi aneka roti seperti croissant, pastry dan sebangsanya, lalu aneka cake per slice, macaroon, eclair, cookies yang ditata dengan cantik dan menarik, diselang selingi dengan pernak pernik pajangan yang fancy.




Ada sebuah kue yang tampak menarik perhatian saya yaitu apple cinnamon panacotta yang langsung saya pesan. Lalu kami naik ke lantai atas yang ruang makannya lebih luas dan nyaman. Sesampainya disana, tempatnya keren banget, bersih, nyaman, dan terang. Meja kursinya terbuat dari kayu dan diselingin sofa. Untuk memanfaatkan sudut kosong ada juga meja yang menempel didinding dengan kursi tinggi tanpa sandaran seperti di bar. Ruangan terbagi 2 yaitu didalam dan dibalkon, dengan dinding dan jendela kaca. Lampu gantung, lukisan dan pot tanaman tampak dominan menghiasi ruangan ini.



Kami duduk disebuah sofa merah yang nyaman. Buku menu pun diberikan kepada kami. Menu terdiri dari menu sarapan, salad, sup, sandwich dengan 5 pilihan roti yaitu focacia, ciabata, sourdough, multigrain dan croissant, lalu burger, pasta, pizza, sajian favorit yaitu masakan daging, ayam dan salmon, lalu dessert, minuman kopi, teh, coklat, jus, mojito dan yogurt.

Karena kami menunggu suamiku yang akan menyusul, dan apple cinnamon panacotta pesanan saya juga sudah terhidang dimeja, maka kami hanya memesan tambahan dessert homemade apple pie serta minuman hot chocolate dan lychee tea. Ketika homemade apple pie datang, kami serempak tertawa karena kedua jenis dessert tsb, pilihan rasa dan penampilannya hampir serupa. Yah salah pesan nih.




Apple cinnamon panacotta adalah pie yang terbuat dari gandum, lalu dasar pie dilapisi oleh apple cinnamon yang mirip selai apel, lalu diatasnya diisi panacotta berwarna kuning yaitu adonan krim yang dimasak bersama gelatine. Sebagai sentuhan akhir diberi garnish taburan kacang pistachio cincang, coklat berbentuk batang dan coklat dengan lambang huruf B. Ketika pie dipotong dengan sendok, wah susah banget karena keras, harus dipegangin karena takut loncat dari piring. Tapi ketika dimakan sih hmm enak, pas banget perpaduannya, panacotta yang lembut, manis dan creamy bersanding dengan apel yang bercitarasa asam segar, dimakan bersama kulit pie keras yang terbuat dari gandum kasar, cocok dan enak.

Kemudian homemade apple pie, bentuk dan rasa pie nya sama persis, berisi cincangan apel yang telah dimasak, diberi garnish daun mint dan taburan gula putih halus. Disajikan bersama es krim vanila dengan saus karamel dan garnish coklat. Rasanya sih enak dan klop antara apple pie yang hangat dan asam berpadu dengan es krim yang dingin dan manis. Saus karamelnya yang bikin istimewa, kental. Tapi dari kedua dessert tsb, saya pilih apple cinnamon panacotta yang citarasanya lebih istimewa.

Setelah dessert kami habis, barulah suami saya datang. Nah mulai lagi kami membaca buku menu dan memesan makanan utama. Suami saya memesan beef mushroom carbonara sandwich yang katanya unggulan disini dan Bellamie jus. Neng Egha memesan Bellamie gourmet burger dan saya memesan chicken cream soup.

Pengunjung dimeja disebelah kami ada yang memesan iga kambing bakar dari resto Kambing Bakar Cairo. Kasian suami saya, mukanya pengen banget pas ngeliat kambing bakar yang mengebul diatas hot plate. Untung pesanan kami cepat datangnya dibanding pesanan kami yang pertama, padahal pengunjung mulai berdatangan dan memenuhi ruang makan.





Chicken cream soup disajikan didalam mangkuk berbentuk cangkir besar, disajikan bersama seiris garlic bread gandum. Ketika saya aduk sup nya ternyata sup berisi potongan ayam, jagung dan sosis. Sup isinya cukup banyak dan mengenyangkan. Sup rasanya enak dan gurih tapi tidak terlalu kental dan tidak terlalu creamy, ringan saja.

Beef mushroom carbonara sandwich adalah croissant yang berisi daun lettuce, smoke beef dan jamur saus carbonara. Saus carbonara nya yahud banget loh, creamy, berlimpah dan meleleh keluar, rasanya enak pula. Croissantnya wangi aroma butter, rasanya tetap renyah dan enak walau sudah agak basah. Disajikan bersama salad dan kentang goreng potato wedges.

Kemudian Bellamie gourmet burger adalah roti burger brioche yang berisi beef patty, smoked beef, jamur dan bawang bombay, daun lettuce, keju dan disiram saus orange dressing. Disajikan bersama salad dan kentang goreng biasa. Rasanya sih enak dan sempurna, apalagi dagingnya tebal, empuk dan berbumbu istimewa. Hanya saja saya lebih memilih dan lebih suka beef mushroom carbonara sandwich karena croissant nya bikin beda dan rasanya juara.

Hal ini yang menjadikan suami saya membungkus 2 buah croissant kosong lagi sebagai bekal dalam perjalanan. Harganya murah pula @ Rp 10.000. Menurut saya harga-harga disini cukup relevant dan masuk akal, apalagi rasa sajiannya enak dan tidak mengecewakan. Yang paling mahal adalah beef mushroom carbonara sandwich Rp 48.000, disusul dengan Bellamie gourmet burger Rp 45.000, chicken cream soup Rp 22.000, apple cinnamon panacotta Rp 22.000, apple pie Rp 30.000, minuman hot chocolate dan lychee ice tea @ Rp 22.000, carot orange jus Rp 30.000, dan bellamie jus Rp 18.000.

Oiya hampir lupa, bellamie jus adalah healthy jus yang berisi sayur caysim, nanas, lemon dan madu. Penampilannya sih menggiurkan, warnanya hijau pekat dan sedikit berbuih dipermukaannya. Rasanya wuih asem, rasa dan aroma caysim nya sudah tertutupi. Kesimpulan, kami sih puas banget makan disini karena sajiannya memikat, harganya relevant dan tempatnya nyaman, oke banget. 











.......................................................................................................................................................


Bakso urat Boedjangan memang nyoss (***)

Karena sering melewati Jl. Burangrang, suami saya lama kelamaan tertarik juga sama Bakso Boedjangan, karena tempatnya selalu penuh dan ramai, apalagi kalau dilihat dari jumlah motor yang diparkir disana. Bakso memang makanan ringan tapi cukup mengenyangkan, disukai semua orang dan harganya pas dikantong. Diembel-embelin judul dan kata-kata yang unik dan lucu, maka tempat ini menjadi kegemaran anak muda, khususnya para jomblo. Sebelum pulang ke Jakarta kami pun mampir dulu kesini, saat yang pas karena cuaca sedang mendung dan hujan mulai turun rintik-rintik.

Jl. Burangrang ini merupakan pusat kuliner juga loh. Disepanjang jalan ini banyak kendaran yang keluar masuk untuk parkir ditempat makan dan menimbulkan kemacetan. Kami menuju Jl. Burangrang no. 38, tempat si Bakso Boedjangan berada.  Tempatnya berupa bangunan yang memiliki ruang makan luas tanpa sekat seperti hall. Diatasnya dipasang billboard yang sangat mencolok bertuliskan Bakso Boedjangan, uratnya nyoss, pedesnya joss, kejunya cosss, dengan gambar seorang bujangan gaya jadul dengan rambut kribo. Ketika kami masuk, ruang makan sudah penuh oleh pengunjung dan untung kami masih mendapat tempat duduk.





Daftar menu berisi menu utama bakso super : urat, keju, pedas dan telur bebek. Satu porsi bakso super berisi 1 bakso besar, 3 bakso kecil, mie kuning, bihun dan sayur. Selain itu ada bakso kosongan yaitu 5 bakso kecil tanpa isi plus mie kuning, bihun dan sayur, dengan harga sangat terjangkau untuk pengunjung yang bokek.

Selain itu ada juga menu mie yaitu mie yamin asin, manis, black yamin, green yamin dan yamin jumbo. Bahkan ada menu nasi yaitu nasi bakso : teriyaki, blackpepper, saos mentega, saos telur asin, bbq dan bolognese. Menu pelengkapnya adalah pangsit rebus, bakso goreng, kerupuk aci, kerupuk dorokdok, kulit pangsit, bakso halus, bakso sapi goreng lapis telur, ceker, tetelan, mie, bihun, nasi dan bakso besar tadi bisa dibeli satuan.

Minumannya sih kebanyakan soft drink biasa tapi yang istimewa adalah green tea latte, lychee boedjangan dan es duren kesepian yaitu 100gr daging durian medan tanpa biji yang dibentuk menjadi 3 butir bentuk bakso dengan saus vanila. Ada pengunjung didekat kami yang memesan es durian, wanginya menguar kemana-mana, hmm wangi menggoda iman.



Karena kami sangat tertarik dengan bakso besarnya tapi tidak mau makan mie nya maka kami memesan bakso besar satuan yaitu urat, keju dan pedas, tambahannya adalah bakso goreng, kulit pangsit dan minuman lychee. Sambil menunggu pesanan datang, saya sibuk foto-foto keadaan sekitar dan ikutan competition post foto seru via sosmed dan bisa memenangkan uang tunai Rp 300.000.

Tak begitu lama pesanan kami datang. Bakso besar tsb disajikan 1 bakso didalam 1 mangkok sehingga ada 4 mangkok bakso dihadapan kami, tambah lagi semangkok bakso goreng dan sepiring pangsit. Kami minta bakso-bakso tsb dibelah 2 sehingga terlihat isinya dan tidak salah ambil.








Pertama kami makan bakso uratnya, rasanya memang mantap, bakso kenyal tapi empuk mudah dipotong, uratnya juga kasar dan enak, kadang masih ada tulang muda yang menyelip dalam bakso. Bakso pedas dan keju adalah bakso halus, isinya juga mantap sesuai mottonya, joss dan coss, tapi yang juara tetap bakso uratnya karena kami memang penggemar bakso urat. Sayangnya kuah bakso kurang panas atau mungkin juga cepat dingin, gara-gara cuaca diluar juga dingin. Bakso gorengnya enak, diluarnya garing, didalamnya empuk, rasanya gurih. Kulit pangsit rasanya juga enak tapi agak tebal dan keras. Minuman lychee nya istimewa, seperti jus leci tapi ditambah sirup leci dan soda.


Karena bakso urat sangat memuaskan maka kami membungkus 2 butir lagi untuk dibawa pulang. Harga bakso besar @ Rp 13.500 untuk semua rasa, bakso goreng @ Rp 4.000, pangsit @ Rp 2.200 dan minuman lychee Rp 12.000. Nah buat para jomblo yang lagi galau dan melow sangat disarankan makan bakso disini karena sebelum atau sesudah makan ada doa khusus untuk para bujangan hehehe...

No comments: