Monday, November 26, 2018

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tg 20-11-18 di Al Hidayah oleh Ustadz Romli Djawahir



4     tanda bahwa kita mencintai Rasul :

I.            Keinginan untuk menatap Rasul, keinginan untuk selalu bersama-sama Rasul.
Hal ini terjadi di zaman Rasul, sehingga perjalanan Rasul selalu ditunggu-tunggu kehadirannya di Madinah.
Di zaman sekarang : Selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, karena Allah & malaikat pun bersalawat untuk Nabi
Surah 33 al-Ahzab ayat 56 : Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman ! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

Hikmat bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW :
1.   Dikabulkan doanya.
Rasulullah SAW bersabda :
-      "Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).
-      "Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya." (HR Thabrani).
2.   Dijanjikan pahala berlipat.
Rasuullah SAW bersabda, "Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).
3.   Diangkat derajatnya.
Pada suatu pagi Rasulullah tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahnya. Para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, pagi ini Engkau tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahmu." Beliau bersabda, "Memang benar. Semalam aku ditemui oleh seorang utusan Tuhanku Yang Mahaagung. Dia berkata, 'Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula'." (HR Ahmad).
4.   Dikumpulkan di surga bersama Nabi.
Rasulullah SAW bersabda, "Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku." (HR Tirmidzi).
5.   Mendapatkan syafaat Nabi.
Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat." (HR Muslim).

II.          Berkorban untuk Nabi Muhammad SAW
III.       Mentaati sunnah Rasul & menjauhi larangannya
IV.        Membawa sunnah kedalam kehidupan kita

Ada 3 sunnah Rasul yang bila dijalankan akan membuat kita sehat, tidak perlu ke dokter : sunnah makan, sunnah ke kamar mandi dan sunnah tidur.

No comments: