Sunday, November 25, 2018

Pengajian Al Hidayah : Macam-macam ujian Allah oleh ustadz Aminuddin, Tg 11-11-18

Bencana bisa disebut :

- Ujian : bila untuk orang beriman
- Azab : bila untuk orang tidak beriman

3 macam ujian Allah yaitu :

I.           Ujian Ketaqwaan
Ujian untuk melaksanakan perintah Allah dan menjauhi laranganNya.
-      Surat 67 Al Mulk Ayat 2 : Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun,
-      Surat 2 Al Baqaroh ayat 3 – 5 :
3. (yaitu) mereka yang beriman, kepada yang ghaib, melaksanakan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka.
4. Dan mereka yang beriman kepada (al Quran) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat.
5. Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Banyak soal-soal ujian ketaqwaan, misalnya :
-      Surat 14 Ibrahim Ayat 31 :
Katakanlah (Muhammad) kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman, “Hendaklah mereka melaksanakan shalat, menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan secara sembunyi atau terang-terangan sebelum datang hari, ketika tidak ada lagi jual beli dan persahabatan.
Artinya : Bentuk ujian sebelum datangnya kematian, yaitu :
1.   Mendirikan sholat, diawal waktu, berjamaah ke mesjid, secara istiqomah
2.   Jumlah infaq, sodaqoh
-      Surat 73 Al Muzzammil ayat 1 – 9 : kewajiban sholat malam bagi Nabi Muhammad SAW, perintah sholat malam tsb diturunkan sebelum kejadian Isra Miraj.
-      Surat 17 Al Isra Ayat 78 - 79 :
78. Laksanakanlah shalat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula shalat) Subuh. Sungguh, shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).
Artinya : perintah sholat 5 waktu
79. Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.
Artinya : perintah sholat tahajud

II.        Ujian Kenikmatan.
Surat 21 Al Anbiya Ayat 35 : Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada kami.
Contoh : mendapat kenikmatan kekayaan, jabatan dll
Bagaimana caranya supaya lulus ujian kenikmatan ?
1.   Banyak bersyukur
2.   Banyak sholat
3.   Banyak berqurban

III.     Ujian Keburukan, berupa bencana, musibah, azab
- Surat 2 Al Baqarah Ayat 155 :
155. Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.
- Surat 9 At Taubah ayat 94-97. Yaitu ujian untuk orang : Kafir, Munafik, Fasik, Musrik, Dusta, Dosa, Menentang perintah Allah, Mendustakan Nabi

No comments: