Monday, November 27, 2017

Sarapan serba ada di Pasar Modern Bintaro (**)

Selama ini, kadang-kadang kami sarapan Minggu pagi di pasar modern BSD. Tapi atas rekomendasi teman, kali ini kami sarapan di pasar modern Bintaro Jl. Tegal Rotan Raya no. 2 Pondok Jaya - Pondok Aren. Keadaannya memang mirip dengan pasar modern BSD, serba komplit. Tapi karena kami belum tau dan belum punya referensi tempat makan disini, jadilah kami mengitari lorong sepanjang pasar ini.

Kemudian kami menemukan semacam food court yang komplit semua jenis makanan ada. Patokannya adalah pintu masuk pasar dekat ATM center. Pelayanannya cukup cepat dan memuaskan, karena ketika kami masuk saja sudah digiring menuju tempat duduk, padahal saya lihat pengunjung sudah penuh, tapi memang tempatnya cukup luas memanjang, mampu menampung banyak pengunjung.



Lalu kami diberi selembar kertas menu yang banyak sekali isinya, dari aneka soto, ketupat sayur betawi dan padang, nasi goreng, mie, siomay dan batagor, dimsum, pecel, gado-gado, ketoprak, asinan, roti bakar, nasi bakar dan paket nasi lainnya, bakso, pempek, bubur ayam, nasi tim, aneka kue dan jajan pasar, aneka minuman, dessert, yogurt Bandung dan masih banyak lagi. Kali ini saya memesan soto Padang dan suami memesan lontong sayur Padang lauk rendang serta kopi tarik. Tak perlu menunggu lama, pesanan kami pun segera datang.


Soto Padang seperti biasa disajikan di sebuah mangkuk kecil khas Padang, isinya bihun, perkedel, daging kering, kerupuk merah serta taburan bawang dan seledri. Rasanya oke juga, enak, gurih dan segar tapi lebih baik tambahkan sambal dan kucuran jeruk nipis untuk memperkaya rasa. Yang khas dari daging soto Padang adalah daging dipotong kecil-kecil dan digoreng kering. Tapi rasanya tetap mudah dikunyah dan seimbang porsinya.


Lontong sayur Padang adalah potongan lontong yang disiram sayur nangka bersantan, daun singkong, perkedel, rendang dan kerupuk merah. Ini juga enak, rendangnya empuk tapi perkedelnya memang agak kering.


Yang istimewa adalah kopi tarik. Penyajiannya cukup unik, disajikan disebuah gelas kecil bening, susu tidak bercampur dengan kopi, bergradasi, diatasnya diberi busa yang membumbung tinggi. Kalau diminum sebelum diaduk, rasanya agak pahit, tapi bila diaduk, rasanya lebih manis sedang.


Kami makan, menyeruput kopi, sambil mendengarkan lagu-lagu dari Yana Yulio yang merdu. Ah pagi ini sempurna. Selesai makan, kami keluar menuju kios seberang. Disana ada penjual kue jajan pasar sekaligus kasir. Otomatis sambil bayar, sambil membungkus kue untuk dibawa pulang. Sungguh taktik yang cerdik.

No comments: