Tuesday, November 28, 2017

Pengajian Nurul Hikmah, ustad Abdul Muta’ali, tema : Mengukur keimanan kita

Pengajian Nurul Hikmah RW03 Cilbar tg 28 Nov 17 oleh ustad Abdul Muta’ali, tema : Mengukur keimanan kita

Hadist Muslim : Ada 3 keuntungan bagi orang yang datang ke pengajian yaitu :
1.   Dikelilingi oleh malaikat yang berdoa dan mengaminkan semua keinginan kita. Maka bila kita datang ke pengajian, bawalah semua permasalahan dan berdoalah agar diaminkan oleh para malaikat.
2.   Banjir rahmat Allah. Serta men charged keimanan kita.
3.   Allah membanggakan kita diatas mahluk Allah lainnya.
Ada malaikat yang bertugas mencatat orang yang ngaji, zikir, taklim, karena orang tsb mengharapkan surga dan minta dijauhkan dari api neraka.
Orang yang rajin ngaji, zikir, taklim tsb apabila dia sakit lalu tidak hadir dalam pengajian, atau dia meninggal, maka dia tetap mendapat pahala dari jamaah pengajian lainnya yang hadir, tidak putus.


Umar bin Khattab adalah sahabat sekaligus mertua Nabi Muhammad, walaupun beliau belum meninggal, Nabi Muhammad sudah melihat rumah Umar bin Khattab di surga, saat Isra Miraj, ukuran kamar tukang kebunnya saja setengahnya bumi, apalagi ukuran rumahnya.

Ketika Umar bin Khattab bertanya kepada Nabi Muhammad, seperti apa dosa dia apabila diperlihatkan secara fisiknya, maka Allah menjawab dengan turunnya Surat 100 Al Adiyat Ayat 1-5 :
1. Demi kuda perang yang berlari kencang terengah-engah,
2. dan kuda yang memercikkan bunga api (dengan pukulan kuku kakinya),
3. dan kuda yang menyerang (dengan tiba-tiba) pada waktu pagi,
4. sehingga menerbangkan debu,
5. lalu menyerbu ke tengah-tengah kumpulan musuh,

Abu Hurairah adalah sahabat Nabi Muhammad yang paling banyak menghafal hadist. Ibunya terlambat masuk Islam yaitu pada usia 60 th, tapi setelah masuk Islam, beliau adalah seorang muslim yang sangat taat beribadah, dan ikut serta perang jihad bersama Nabi Muhammad, dan bertugas menyiapkan makanan. Ketika beliau sakaratul maut, sangat susah, dari subuh hingga magrib, sehingga Abu Hurairah minta tolong kepada Nabi Muhammad. 
Nabi Muhammad bertanya kepada beliau, apa yang memberatkan beliau untuk meninggalkan dunia. Beliau menjawab belum ridho meninggalkan dunia karena beliau takut pernah meninggalkan sholat witir selama 1 malam. Kemudian Nabi Muhammad berdoa dan turunlah Surat 75 Al Qiyamah Ayat 20-23 :
20. Tidak! Bahkan kamu mencintai kehidupan dunia,
21. dan mengabaikan (kehidupan) akhirat.
22. Wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri.
23. Memandang Tuhannya.
Setelah mendengar surat tsb, beliau berseri-seri dan minta agar Nabi Muhammad berdoa kepada Allah untuk segera dimatikan saat itu juga.
Allah akan mencabut nyawa orang yang sholeh apabila dia telah ridho untuk meninggal dunia.

Fatimah binti Muhammad adalah putri bungsu Nabi Muhammad dari perkawinannya dengan istri pertamanya, Khadijah. Fatimah menikah dengan sahabat Nabi Muhammad, Ali bin Abi Thalib dan memiliki 2 putra yaitu Hasan dan Husain. Tapi air susu Fatimah tidak keluar sehingga Nabi Muhammad menggendong Hasan dan Husain dan menyusuinya dengan jari-jarinya yang keluar air susu. Nabi Muhammad berkata kepada Fatimah, apabila dia ingin seperti ibunya, dia harus merasakan lezatnya lelah dalam beribadah.

Surat 19 Maryam Ayat 71-72, diturunkan pada bl Muharam setelah Magrib :
71. Dan tidak ada seorang pun di antara kamu yang tidak mendatanginya (neraka). Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu ketentuan yang sudah ditetapkan.
72. Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam (neraka) dalam keadaan berlutut.

Artinya : tidak ada seorang pun yang masuk surga, sebelum mampir dulu masuk neraka, artinya harus melalui proses hisab dan adzab, artinya tidak ada orang yang masuk surga secara langsung tanpa melalui proses hisab dan adzab, kecuali 70.000 orang dari umat Rasulullah SAW yang masuk surga langsung tanpa melalui proses hisab dan adzab.

Surat 2 Al Baqarah ayat 143 : Dan demikian pula Kami telah menjadikan kamu (umat Islam); “umat pertengahan” agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Kami tidak menjadikan kiblat yang (dahulu) kamu (berkiblat) kepadanya melainkan agar Kami mengetahui siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang berbalik ke belakang. Sungguh, (pemindahan kiblat) itu sangat berat, kecuali bagi orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah. Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguh, Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang kepada manusia.

Artinya : merupakan dasar bahwa Allah menjamin seluruh umat Islam masuk surga. Menurut pendapat Ibnu Katsir.

Surat 63 Al Munafiqun Ayat 10 diturunkan pada hari Kamis malam Jumat bl. Muharam :
Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), "Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh."

Ketika sahabat Nabi Muhammad bernama Ka'ab bin Malik mendengar ayat tsb maka setelah Subuh dia tidak ikut sholat suruk karena dia sibuk membagikan harta yang dia miliki sampai waktu Magrib. Surat Al Munafiqun diturunkan pada hari Kamis malam Jumat bl. Muharam, maka Ka'ab bin Malik takut terjadi kiamat karena ciri-ciri kiamat adalah jatuh pada hari Jumat bl. Muharam.

Subhan artinya sesuatu yang belum jelas sumbernya, apakah halal atau haram, maka jatuhnya dianggap haram. Untuk menghindari subhan tsb maka kita harus tau betul dan mencari tau, apakah makanan / harta tsb halal / haram.

Apabila kita bertaubat, merayap sambil menghampiri Allah, maka Allah akan berjalan menghampiri kita. Tapi bila kita berjalan menghampiri Allah, maka Allah akan berlari menghampiri kita.

Surat 15 Al Hijr Ayat 36-38 :
36. Ia (Iblis) berkata, “Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka berilah penangguhan kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan.”
37. Allah berfirman, “(Baiklah) maka sesungguhnya kamu termasuk yang diberi penangguhan,
38. Sampai hari yang telah ditentukan (kiamat).”

Artinya : Satu-satunya mahluk Allah yang ingin dipanjangkan umurnya adalah iblis karena dia minta penangguhan sampai hari kiamat tiba. Maka jangan berdoa minta panjang umur karena itu merupakan doanya iblis.

Surat 9 At Taubah Ayat 103 : Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.


Artinya : Suatu kekhususan bagi Nabi Muhammad dan keluarga untuk tidak menerima zakat infaq sedekah karena merupakan kotoran / sisa harta seseorang.

No comments: