Tuesday, February 28, 2017

Pengajian Nurul Hikmah tg 28-2-17, oleh ustad Bp. Aminuddin

Tingkatan setelah kehidupan berakhir :
-          Kematian : Husnul Khatimah / Su'ul Khatimah
-          Alam kubur
-          Di hisab / di timbang
-          Surga & neraka adalah akhir kehidupan akherat
·    
     Tanda-tanda husnul khotimah = kematian yang baik :
Surat 16 An Nahl Ayat 32 : (yaitu) orang yang ketika diwafatkan oleh para malaikat dalam keadaan baik, mereka (para malaikat) mengatakan (kepada mereka), "Salamun'alaikum, masuklah ke dalam surga karena apa yang telah kamu kerjakan."
·
      Kematian yang tidak baik = Su'ul Khatimah :
-          Surat 8 Al Anfal Ayat 50 : Dan sekiranya kamu melihat ketika para malaikat mencabut nyawa orang-orang yang kafir sambil memukul wajah dan punggung mereka (dan berkata), "Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar.”
-          Surat 6 Al An'am Ayat 93 : Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-ngadakan dusta terhadap Allah atau yang berkata, "Telah diwahyukan kepadaku", padahal tidak diwahyukan sesuatu pun kepadanya, dan orang yang berkata, "Aku akan menurunkan seperti apa yang diturunkan Allah". (Alangkah ngerinya) sekiranya engkau melihat pada waktu orang-orang zalim (berada) dalam kesakitan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata), "Keluarkanlah nyawamu". Pada hari ini kamu akan dibalas dengan azab yang sangat menghinakan, karena kamu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya.

Cara agar husnul khotimah :

1.    Beriman sampai akhir hayat :
Surat 41 Fussilat Ayat 30 : Sesungguhnya orang-orang yang berkata, "Tuhan kami adalah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), "Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.”
Artinya : Orang yang akan meninggal, selain dikelilingi malaikat, dikelilingi juga oleh setan untuk mengajak keluar dari keimanannya, sehingga orang yang akan meninggal harus : 1. Di talqin yaitu dituntun / dibimbing untuk mengucap kalimat la ilaha illa 'llah 2. Dibacakan surat Yasin.

2.    Melaksanakan shalat :
Surat 14 Ibrahim Ayat 31 : Katakanlah (Muhammad) kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman, “Hendaklah mereka melaksanakan shalat, menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan secara sembunyi atau terang-terangan sebelum datang hari, ketika tidak ada lagi jual beli dan persahabatan.”
Artinya : tidak ada lagi jual beli dan persahabatan = meninggal

Sholat yang mana ?

a.    Sholat wajib 5 waktu :
-          Surat 17 Al Isra Ayat 78 : Laksanakanlah shalat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula shalat) Subuh. Sungguh, shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).
Keringanan yang diberikan kepada orang yang sedang melakukan perjalanan :
·         Sholat Qosor : meringkas sholat dari 4 rakaat menjadi 2 rakaat.
·         Sholat Jamak : mengumpulkan dua salat wajib dalam satu waktu yaitu 4 rakaat + 4 rakaat.
·         Sholat Jamak Qosor : mengumpulkan sekaligus meringkas dua salat wajib dalam satu waktu yaitu 2 rakaat + 2 rakaat.

b.    Sholat Tahajut :
-          Surat 17 Al Isra Ayat 79 : Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.
-          Surat 73 Al Muzzammil Ayat 1-8 :
1. Wahai orang yang berselimut (Muhammad)!
2. Bangunlah (untuk shalat) pada malam hari, kecuali sebagian kecil,
3. (yaitu) separuhnya atau kurang sedikit dari itu.
4. Atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan.
5. Sesungguhnya Kami akan menurunkan perkataan yang berat kapadamu.
6. Sungguh, bangun malam itu lebih kuat (mengisi jiwa); dan (bacaan di waktu itu) lebih berkesan.
7. Sesungguhnya pada siang hari engkau sangat sibuk dengan urusan-urusan yang panjang.
8. Dan sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadahlah kepada-Nya dengan sepenuh hati.
Artinya : Waktu malam adalah antara pk. 18 sampak pk. 6.
Sholat tahajut dilaksanakan pada ½ malam yaitu lebih dari pk. 24.
Sholat Tahajut min. 2 rakaat, biasanya Nabi Muhammad sholat 8 rakaat dan dipanjangkan bacaan Al Qurannya.
Boleh bergerak dalam sholat dengan alasan : 1. Hukum 2. Terpaksa

c.    Shalat Rawatib : qabliyah & ba'diyah
d.    Sholat Dhuha. Biasanya Nabi Muhammad sholat 8 – 12 rakaat.

3.    Menginfakkan sebagian rezeki
-          Surat 63 Al Munafiqun Ayat 10 : Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), "Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.”
Artinya : Harta bisa dibawa mati asalkan dititipkan di jalan Allah = infaq

·         Hibah : Membagikan harta sebelum orang tsb mati, dengan pembagian sesuai dengan keinginan orang tsb, tidak ada aturan.
·         Wasiat : Pembagian harta setelah orang tsb meninggal, pembagian sesuai aturan.
Warisan sebelum dibagikan sebaiknya disedekahkan dahulu sebagian kepada orang-orang yang kenal dengan almarhum.
Orang yang sudah meninggal, tidak bisa mendapat pahala sholat dan infaq sedekah, hanya doa nya saja yang sampai kepada almarhum.

-          Surat 3 Ali 'Imran Ayat 180 : Dan jangan sekali-kali orang-orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karunia-Nya, mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka, padahal (kikir) itu adalah buruk bagi mereka. Apa (harta) yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan (di lehernya) pada hari kiamat. Milik Allah-lah warisan (apa yang ada) di langit dan di bumi. Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

-          Surat 9 At Taubah :
Ayat 34 : Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya banyak dari orang-orang alim dan rahib-rahib mereka benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih,
Ayat 35 : (ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.”
Artinya : Seorang muslim yang memiliki emas yang tidak digunakan sehari-hari baik sebagai perhiasan atau keperluan lain sebesar 20 Dinar emas (85 gram) selama satu tahun ia wajib membayar zakat sebesar 2,5% dari jumlah emasnya tersebut minimal 1/2 Dinar. Bila tidak zakat maka : emas tsb dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu disetrika ke dahi, lambung dan punggung mereka.

No comments: