Monday, February 20, 2017

Mengudap sandwich dan pizza di Quiznos Sub (***)

Pulang makan malam di Kopilot Coffee Jl. Raya Pondok Gede, kami melewati daerah Rawamangun. Tiba di Jl. Pemuda kav. 30, kami melihat sebuah bangunan unik bertingkat bernama Quiznos Sub. Bangunan ini berwarna kehijauan dan memiliki dinding kaca depan, sehingga ruang makan dalam tampak jelas dari luar, saat malam hari. Tempat parkir di depannya cukup luas dan masih banyak kendaraan pengunjung yang parkir padahal waktu hampir menunjukkan pk. 10 malam. Karena perut kami masih ada ruang untuk diisi, jadilah kami memutuskan untuk makan malam kedua disini.



Patokan Quiznos Sub adalah diseberang Velodrome atau arena balap sepeda Rawamangun. Setelah saya googling, Quiznos adalah merk waralaba restoran cepat saji dari Amerika yang khusus menjual toasted submarine sandwiches yaitu sandwich panggang bentuk submarine atau mirip kapal selam, yang memakai roti baguette berbentuk panjang.

Ketika kami masuk, saya melihat interior ruangan didominasi dengan kayu dan warna silver, kursinya berbentuk ayaman berwarna silver dan langit-langitnya dihiasi struktur balok kayu. Resto ini memiliki system pemesanan self service artinya ketika datang langsung memesan ke kasir dan mengambil sendiri pesanan kita yang sudah jadi.



Menu utamanya adalah submarine sandwich yaitu sandwich dengan pilihan isi ayam, kalkun, daging, tuna dan vegetarian. Selain sandwich ada juga pizza, chicken cream soup, waffle fries, salad dan salads wraps. Kalau begitu kami memesan sandwich dan pizza yaitu sandwich isi daging, steak & swiss serta pizza zesty steak.

Pertama tentukan dulu sandwich ingin memakai roti apa, White Bread / Wheat Bread / Rosemary Parmesan Bread, maka kami memilih roti putih. Kemudian tentukan ukurannya, mau ukuran 6 / 9 / 12 inci, kami pun memilih ukuran terkecil. Setelah melakukan pembayaran dan mendapat nomer antrian, kami tinggal menunggu pesanan tsb jadi.

Harga-harga disini cukup mahal loh. Harga pesanan kami adalah Rp 80.000 untuk steak & swiss sandwich, Rp 65.000 untuk pizza zesty steak dan Rp 25.000 untuk minuman hot green tea mint. Sebenarnya kalau mau minuman murah cukup memilih paket combo, tinggal menambah Rp 7.000 / Rp 10.000 tergantung ukuran gelas, akan mendapat minuman soft drink. Harga sandwich termurah adalah Rp 40.000 untuk sandwich vegetarian dan yang termahal adalah Rp 135.000 untuk steak & swiss sandwich ukuran 12 inci. Sedangkan harga pizza berkisar antara Rp 50.000-65.000.





Langkah pertama pembuatan sandwich adalah pelayan mengambil dan mengiris roti  baguette, lalu daging dipotong tipis-tipis dengan mesin pemotong daging. Kemudian roti diisi dengan daging, sayuran, keju, saus, dll lalu dimasukkan kedalam oven yang memiliki rel berjalan sehingga proses pemanggangan berlangsung cepat dan otomatis. Setelah sandwich keluar dari oven, sandwich langsung dibungkus rapat dan ditaruh diatas nampan plastik, walaupun kita akan makan sandwich tsb di resto bukan dibawa pulang. Sedangkan pizza memakai roti tipis berbentuk kotak, lalu diberi aneka  topping dan dimasukan kedalam oven. Setelah keluar dari oven, pizza pun langsung dibungkus rapat dan disajikan diatas nampan plastik.



Setelah mengambil pesanan, kami duduk dan mulai membuka kertas pembungkusnya yang bercorak tulisan warna hijau. Saya meminta pelayan untuk memotong-motong sandwich agar bisa dimakan berdua, sedangkan pizza sudah dipotong menjadi 8 kotak kecil. Sandwich rasanya enak, segar dan hangat. Rotinya empuk, tekstur dagingnya lembut dengan jumlah yang royal, sausnya gurih bercampur keju, hanya saja memakai bawang bombay segar yang kurang saya sukai. Steak & swiss ini tidak mengandung sayuran sama sekali. Sedangkan pizza rasanya gurih bercampur manis karena mengandung madu didalam sausnya. Jadi apabila ingin memesan, teliti dulu sandwich / pizza tsb mengandung isi apa agar tidak salah pilih. 

No comments: