Wednesday, February 23, 2011

Tahu baso Bandung, hmm raos pisan (***)


Disini ngga ada baliho atau spanduk besar yang memberitahukan dengan jelas mengenai keberadaan si baso tahu Bandung ini. Hanya ada sebuah plang kecil yang tergantung didepan pintu masuk, jadi tidak terlihat jelas dari pinggir jalan bila mata tidak mencari dengan seksama.
Letaknya di jl Cipete Raya no 3A, Jakarta Selatan, jadi dari arah Blok M lurus terus menuju jl RS Fatmawati, ketemu lampu merah pertigaan DBest langsung belok kiri ke jl Cipete Raya, jaraknya hanya tinggal beberapa meter lagi sudah sampai. Rumah makan ini sudah lama berdiri, jadi walaupun tidak memakai baliho besar, tetap saja banyak pelanggan yang datang.
Seperti sekarang ini, kami datang pk 16 lebih, pengunjung yang datang tidak memenuhi ruangan, tapi mereka datang secara kontinyu dan bergantian. Tidak ada list menu, hanya ada beberapa spanduk kecil ditembok yang memberitahukan bahwa disini tersedia Siomay Bandung, Batagor, Mi Kocok dan es puter. Kami langsung menuju “jendela” pemesanan untuk melihat kedalam kukusan siomay. Siomay yang tersedia masih komplit yaitu siomay, tahu, kol, kentang, telur & paria. Tapi jam segini batagor sudah habis. Pernah aku dan “Geng Kepompong“ datang sekitar pk 19 an, siomay pun sudah nyaris habis.
Suamiku memesan 5 macam, aku ragu-ragu untuk memesan 3 macam, takut tidak bisa menghabiskan karena bentuk tahu nya lumayan besar, jadi aku hanya memesan 1 siomay dan 1 tahu. Bumbu kacangnya boleh pilih : tidak pedas, sedang, & sangat pedas. Aku pesan yang tidak pedas tapi suami memesan yang sangat pedas. Ku melirik ke piring suami, bumbu kacangnya terlihat sangat halus dan agak berminyak serta berwarna kemerahan, kucicip sedikit, rasanya wow luar biasa pedas, mataku langsung berair. Segera ku buka sebungkus krupuk Palembang yang tersedia diatas meja, kumakan bersama siomay, nah ini baru klop. Tahunya enak dan lembut sekali, siomaynya empuk dan kental rasa ikannya, tapi ngga amis loh. Ku beri sedikit perasan jeruk sambal sehingga rasanya semakin semakin sempurna. Aah ini memang siomay terenak seantero Kebayoran.
Mengenai harganya memang sedikit mahal yaitu @ Rp 5.000 kecuali untuk tahu & siomay nya @ Rp 6.000. Tapi harga ini tak pernah kusesali karena kenikmatannya. Bila ada acara dirumah bisa juga dipesan, tapi telpon dulu ya ke 021 751 3167 / 750 2682. Hmm raos pisan euy.

1 comment:

Anonymous said...

Saya baru nemu di ayojajan kalo Siomay Bandung ex Cipete Raya 3 A pindah ke Jl Antasari no 3 (sebrang pom bensin Shell) & bisa dinikmati dengan home delivery (telp ke 0817 499 2221), and it works. Nomornya bisa dihubungi & mereka kirim pakai gojek.