Sunday, February 27, 2011

Nikmatnya Es Pisang Ijo Pemuda (**)



Ada sebuah sajian dessert khas daerah yang sedang naik daun di Jakarta, namanya es pisang hijau. Desset ini berasal dari daerah Makasar. Ku sebut naik daun karena mudah ditemui dimana-mana. Di jalan menuju rumah ku saja, yaitu disepanjang jl. RS Fatmawati, ada 3 tempat yang menyediakan es jenis ini. Aku sih ngga begitu tertarik karena kurang doyan buah pisang.
Bentuk dessert ini adalah sebuah pisang, lazimnya adalah pisang raja yang sudah tua, lalu pisang tsb dibungkus oleh adonan dadar gulung yang terbuat dari tepung beras yang dicampur santan serta pewarna hijau yang berasal dari daun suji, kemudian dikukus hingga matang. Penyajiannya adalah pisang hijau tsb ditaruh dipiring lalu diberi saus vla yang terbuat dari santan yang direbus bersama tepung terigu hingga kental, lalu ditambah es serut yang disiram sirup gula yang berwarna merah serta susu kental manis. Nah terbayangkan betapa segarnya. Kok saya tau resepnya ? Mudah, karena resep ini sudah banyak beredar baik didunia maya maupun diberbagai media. Tapi jangan harap saya praktekan dalam waktu dekat ini.
Ketika minggu lalu saya sedang berjalan-jalan ke daerah Kelapa Gading dan menyusuri jl Boulevard raya, terlihat sebuah kedai es pisang hijau yang ramai sekali oleh pengunjung, namanya Kedai Es Pisang Ijo Pemuda, tepatnya di jl. Boulevard raya blok FY 1 no 4. Dari seberang jalan terlihat kedai yang dominan warna hijau tsb sungguh ramai parkiran mobilnya, kami pun segera putar balik untuk menghampirinya (harus dong).
Kedai yang terletak disebuah ruko ini memiliki 2 lantai untuk ruang makannya. Untunglah kami mendapat tempat duduk dilantai bawah. Ketika membaca list menunya, ternyata banyak juga jenisnya. Selain es pisang ijo, ada juga es pisang kacang, es kacang merah, es kacang vla, es buah & es sirup susu. Lalu ada aneka camilan seperti siomay, lumpia, burger, hotdog, kentang, spageti serta kepang keju (?). Minumannya juga banyak yaitu aneka jus serta teh, kopi & susu. Walaupun aku ngga suka buah pisang, yang ini harus dicoba karena bikin penasaran, sehingga saya pun memesan seporsi es pisang ijo dan suami memesan es pisang kacang. Lalu hmm sepotong siomay ayam dan lumpia goreng boleh jugalah kami pesan.
Tak berapa lama es pun terhidang dihadapan kami. Hmm ini baru unik, baru kali ini ada es yang disajikan diatas piring makan. Mungkin supaya lega tempatnya, es nya ngga berjatuhan. Hasilnya penampilannya pun cantik dan gampang makannya. Pisang ijo disajikan utuh diatas piring, lalu diberi vla serta es serut yang membumbung tinggi dengan siraman sirup merah dan susu kental manis. Kalau pesanan suami diberi tambahan kacang merah plus airnya yang berwarna coklat pekat.
Rasanya benar-benar enak & mengagumkan, karena berbagai rasa bersatu dimulut sekaligus. Rasa pisang yang empuk dan manis, aromanya sudah tertutup rasa dadar gulungnya, lalu rasa manis dari sirup dan susu berpadu dengan rasa agak gurih dari vla, lalu suhu pisang dan vla yang agak hangat berpadu dengan dinginnya es serut, wuih luar biasa. Tambahan lagi es punya suami ada kacang merah yang empuk banget dengan rasa coklat. Luar biasa, mantap.
Tak terasa kudapan ini kuhabiskan licin tandas. “Lapar atau doyan” suamiku berkomentar. Akupun hanya senyum-senyum saja menanggapinya. Oh hampir lupa, masih ada sepotong siomay & lumpia yang rasanya ternyata standart banget.
Oh kenyang sekali perut ini, Alhamdulillah nikmatnya. Kenikmatan ini kami bayar dengan harga Rp 13.000 untuk es pisang ijo + Rp 3.000 untuk tambahan kacang merahnya. Sedangkan siomay dan lumpia masing-masing dihargai Rp 6.000. Yang mau telpon kesini ini nomornya 021 4532 792. Oh ya kedai ini juga ada di daerah Tanjung Duren utara dan Gading Serpong. Nah silahkan pilih mana yang paling dekat daerah anda. Tapi ingat dimanapun dia berada, pasti dipenuhi pengunjung. 

No comments: