Tuesday, December 28, 2010

RESOLUSI TAHUN BARU: MEMBUAT HIDUP LEBIH HIDUP

Jakarta 28 Desember 2010


Selamat pagi JFX all,

Tahun baru sudah dekat, saatnya bagi kita semua utk merenungkan pencapaian tahun 2010 dan merencanakan pencapaian / target tahun 2011 melalui sebuah new year’s resolution.

Berikut ini artikel saya dan kakak saya tentang Resolusi Tahun Baru.

Selamat membaca. Semoga bermanfaat.

Terimakasih

RS


RESOLUSI TAHUN BARU: MEMBUAT HIDUP LEBIH HIDUP



Prof. Roy Sembel, Ph.D (Direktur Jakarta Futures Exchange) dan

Sandra Sembel SE, SPd, MM, Ph.D Cand (Dosen UPH)


“Life's bittersweet. But you have the power to make it stay bitter or to sweeten it.”

(anonim)

Merasa tahun ini tidak melakukan sesuatu yang berarti? Tiba-tiba menyadari bahwa tahun ini berlalu tanpa meraih sukses yang membawa kepuasan hati? Merasa bahwa tahun ini berlalu dengan hampa?

Jika ada jawaban YA untuk pertanyaan di atas, maka kemungkinan besar masalahnya adalah ketiadaan resolusi untuk membuat hidup kita menjadi lebih hidup.

APAKAH RESOLUSI ITU?

Resolusi adalah pernyataan komitmen yang kita buat mengenai apa yang akan kita lakukan ataupun cita-cita yang akan kita capai di masa yang akan datang. Akhir tahun ataupun awal tahun yang baru merupakan waktu yang tepat untuk menengok ke belakang guna mengevaluasi apa yang sudah kita capai sepanjang tahun, namun yang terlebih penting adalah melihat ke depan untuk merancang sukses yang akan kita raih. Nah, untuk meraih sukses, salah satu yang bisa kita lakukan adalah membuat resolusi. Bagaimana bentuk resolusi tersebut? Berikut ini adalah beberapa contoh resolusi yang bisa kita buat:

1. Resolusi untuk diri sendiri:

"Tahun 2011 saya akan mempelajari satu keterampilan baru, yaitu ….. ."

2. Resolusi untuk lingkungan sekitar:

"Tahun 2011 saya akan membantu membantu orang lain paling sedikit 1 kali dalam 1 bulan."

Resolusi juga bisa kita buat dalam berbagai aspek, antara lain sehubungan dengan kesehatan (menurunkan ataupun menaikan berat badan, berhenti merokok), kerohanian (membaca kitab suci dari halaman pertama sampai terakhir), pendidikan (meneruskan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi), sosial (memberikan bea siswa bagi satu orang anak putus sekolah), karir (ikut organisasi profesi), dan keluarga (mendedikasi akhir pekan untuk keluarga).

MENGAPA RESOLUSI?

Pernyataan komitmen dalam bentuk resolusi yang kita buat dapat memberikan kita berbagai keuntungan, antara lain:

1. Arah kegiatan

Resolusi yang kita buat memberikan kita arah. Dengan arah ini, akan lebih mudah bagi kita untuk merancang berbagai kegiatan yang membantu kita untuk mencapai cita-cita yang telah kita tetapkan.

2. Rasa puas

Pada akhir tahun, kita dapat melihat kembali daftar resolusi yang telah kita buat tersebut, dan dapat menghitung berapa banyak kegiatan yang telah berhasil kita lakukan dan tujuan apa yang telah berhasil kita capai. Keberhasilan-keberhasilan ini tentunya menimbulkan rasa puas, dan membuat hidup kita (terutama selama setahun yang telah kita jalankan) terasa lebih berguna.

3. Motivasi untuk berkembang

Hasil evaluasi akhir tahun yang kita laksanakan atas daftar kegiatan dalam resolusi yang kita buat, memotivasi kita untuk melakukan yang lebih baik di tahun yang berikutnya.

BAGAIMANA MEMBUAT RESOLUSI?

Agar tujuan yang telah ditetapkan dalam resolusi dapat tercapai, sebuah artikel di how-to-keep-your-new-years-resolution.com mengusulkan empat langkah yang harus kita jalankan, yaitu:

1. Tetapkan satu atau dua tujuan utama yang akan kita raih untuk tahun depan. Pastikan bahwa tujuan ini sesuai dengan kemampuan kita, baik dari segi waktu, keahlian, maupun dana. Jangan membuat terlalu banyak tujuan dan jangan pula terlalu muluk-muluk, karena akan sulit bagi kita untuk mencapainya. Tujuan ini nantinya bisa kita tambah kemudian.

2. Nyatakan tujuan tersebut secara ringkas dan jelas. Tujuan yang terlalu panjang cenderung membingungkan kita. Selain ringkas, tujuan tersebut jika perlu dinyatakan dalam bentuk kegiatan konkrit yang hasilnya dapat diukur.

3. Buatlah rencana kegiatan yang dilengkapi dengan kerangka waktu yang jelas untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.

4. Nyatakan resolusi dalam bentuk tulisan (di agenda, PDA, komputer, ataupun di secarik kertas) agar dapat kita lihat kembali untuk pengecekan dan evaluasi.

Contoh:

1. Resolusi untuk diri sendiri:

Tahun 2011 saya akan mempelajari sedikitnya satu keterampilan baru yang berhubungan dengan hobi saya. Untuk itu, berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang akan saya lakukan:

a. Januari: Mendaftar hal-hal yang saya ingin pelajari, dan memilih satu yang paling saya suka.

b. Februari: Mencari data (dari teman, internet, buku telepon, iklan di koran ataupun majalah) tentang tempat, waktu, biaya yang diperlukan untuk mempelajari keterampilan tersebut.

c. Maret, April, Mei: Jika uang belum cukup bisa mulai menabung untuk tambahan dana.

d. Juni-Agustus: Mulai mempelajari keterampilan baru tersebut.

e. September-Desember: Jika keterampilan sudah dikuasai, bisa mulai membuat proyek-proyek dengan keterampilan baru. Hasilnya bisa diberikan pada teman ataupun kerabat sebagai hadiah.

2. Resolusi untuk membantu orang lain:

Tahun depan saya akan melakukan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat sekitar. Untuk itu, berikut adalah kegiatan-kegiatan yang akan saya lakukan:

a. Januari-Februari: Mencari data mengenai berbagai kegiatan sosial yang dapat saya ikuti (program orang tua asuh, pemberian bea siswa, membantu menjadi relawan untuk mengajar anak jalanan), ataupun beberapa yayasan sosial yang dapat saya bantu.

b. Maret-April: Memilih minimum satu kegiatan sosial rutin dan kegiatan sosial non-rutin yang bisa saya lakukan disesuaikan dengan waktu luang yang bisa saya dedikasikan.

c. Mei-Desember: Melaksanakan kegiatan sosial tersebut

Yang penting adalah bahwa pernyataan yang kita buat, dapat kita mengerti dengan jelas, sesuai dengan kemampuan kita, waktu, tenaga, pikiran yang dapat kita dedikasikan. Dan yang paling penting adalah dapat diukur derajat keberhasilannya.

Jadi, prestasi apa yang akan kita capai tahun depan? Dengan bekal informasi dan tips praktis membuat resolusi, yang tinggal kita lakukan adalah mengambil secarik kertas untuk memulai membuat daftar tujuan dan kegiatan yang sesuai dengan kemampuan kita.

Selamat Mencapai Sukses yang membawa nilai tambah bagi banyak orang di tahun 2011

*) disarikan dari buku Extraordinary Success for Ordinary People karangan Roy Sembel dan Sandra Sembel, penrbit Elexmedia Komputindo, Jakarta.

Happy New Year 1/1/2011 friends

No comments: