Sunday, December 26, 2010

Makan Makan sambil borong oleh-oleh di Rumah Ubi (**)




 
Saya  yakin 100% kalau saya yang paling pertama me review tempat makan ini. Masih gres adanya di jl. Sawunggaling no 2 Bandung, telpon 022 421 3739. Ada 2 signboard sekaligus disini yaitu “Rumah Ubi” roti & kue, oleh2 Bandung, serta “Makan-makan” tanpa embel-embel Resto / Café / RM / Warung, dll.
Tempatnya sih disebuah rumah model jaman dulu yang masih dalam tahap renovasi, dihalamannya juga tersedia meja & kursi dibawah tenda-tenda. Banyaknya pohon-pohon besar membuat pengunjung lebih memilih makan diarea outdoor daripada didalam, apalagi letaknya pas dipinggir jalan besar, membuat suasana sejuk dengan semilir angin.
Apabila melihat buku menunya ini seperti tempat berkumpulnya tenant tenant makanan. Jadi daftar menu dari masing-masing tenant dijadikan 1 dalam sebuah buku menu. Beberapa yang saya ingat diantaranya adalah “Sawung kopi & camil2” menunya adalah roti bakar, waffle, coffe, serta speciality ubi cold blend, yaitu minuman berwarna ungu yang langsung dipesan oleh suamiku. Lalu ada “Suka suka” dengan menu andalan iga bakar cobek & soto tangkar, yang katanya paling banyak dipesan pengunjung. Iga bakar ini juga langsung dipesan suamiku. Pilihan lainnya adalah udang, cumi, kakap, ayam, sapi, sayur, semua 1 paket dengan nasi dan bisa pilih mau dimasak seperti apa. Kemudian ada “Sate Koja” yang menawarkan menu sate ayam & kambing, gulai & tongseng serta nasi rempah. Lalu “Serba Tahu” yaitu berbagai masakan olahan dari tahu susu seperti tahu pletok, batagor & baso tahu. Ada juga daftar menu masakan Jepang, sushi, steak, dll yang masih banyak lagi saya tidak ingat. Karena lapar, saya memesan chicken teriyaki bento & dessert mix fruit with vanilla ice cream yang gambarnya hmm so yummy…
Sambil menunggu pesanan datang, kami masuk ke Bakery Rumah Ubi. Disana kami bertemu dengan pemiliknya yang menerangkan bahwa hari ini adalah hari pertama Rumah Ubi buka, bahkan belum grand opening. Bakery ini menyajikan 90% makanan yang terbuat dari ubi, dimana roti-roti yang matang pada hari itu jumlahnya baru 20% dari semua jenis yang bakal dibuat. Wow menarik yah. Dia bilang tujuan membuka Rumah Ubi ini adalah ingin mengembangkan kuliner baru dengan bahan dasar ubi, sehingga diharapkan menjadi booming dan banyak orang sebagai follower, akibatnya bisa meningkatkan usaha petani dan UKM.
Setelah beberapa lama kami berbincang, dia mengenalkan diri sebagai Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Bakery Indonesia (APEBI), dimana dia berharap Rumah Ubi ini menjadi salah satu ikon oleh-oleh kota Bandung. Rupanya ubi itu banyak sekali manfaatnya loh, terutama ubi ungu, semakin pekat warnanya semakin tinggi kadar betakarotennya yang berkhasiat sebagai antioksidan untuk menetralkan racun penyebab penyakit kanker & jantung serta sumber vitamin A.
Sambil berbincang kami mencoba sepotong cake yang baru keluar dari oven, hmm lembut dan nikmat. Segera kami memborong roti untuk oleh-oleh. Kami membeli roti tawar ungu Rp 12.000 serta roti isi coklat, keju, beef, chicken & smoked beef dengan kisaran harga Rp 6.000-8.500.
Kembali ke meja, makanan kami baru diantar. Hmm benar saja iga bakarnya tampak menggiurkan. Potongan daging sapi tanpa tulang disajikan diatas hot plate tanah liat, digenangi sedikit bumbu kuah berwarna kecoklatan dengan potongan bawang serta diberi tomat segar, rasanya mak nyus, empuk & berbumbu tajam. Kekurangannya 1 yaitu kurang banyak karena dalam sekejap lauk sudah habis disantap tapi nasinya masih sisa setengah. Wah bagaimana ini, pinjam menunya lagi dong Pak. Akhirnya suamiku menambah pesanan roast beef lagi.
Kalau chicken teriyaki bento nya sih standard saja, disajikan bersama salad dan 2 butir ekkado (yang pecah ketika digoreng), not special. Sedangkan penampilan roast beef adalah steak yang disajikan diatas piring, disiram saus yang berisi potongan mushroom, wortel & buncis, disajikan bersama spaghetti dan salad, lumayan lah enak, dagingnya pun empuk.
Sekarang giliran minumannya. Ubi cold blend adalah jus ubi ungu yang rasanya seperti …..ubi, tanpa tambahan gula pun sudah manis, enak dan yang penting sehat, cocok buat diet nih. Mix Fruit nya seru nih, isinya potongan mangga, jeruk, kiwi, apel, melon, anggur, nata de coco, nanas, leci terakhir 1 scoop vanilla ice cream, wah banyak ya, segar mak nyes.
Untunglah semua harga makanan tsb lumayan ramah dikantong, dengan perincian chicken teriyaki Rp 22.500, iga bakar Rp 22.000, roast beef Rp 20.000, mix fruit Rp 15.000, ubi cold blend Rp 17.000. Nah anda tertarik ? Tapi jangan kaget ya kalau pas kesini tiba-tiba tempatnya sudah antri oleh pengunjung…

4 comments:

Unknown said...

Terima kasih atas kunjungan Anda ke Rumah Ubi, kami menghargai informasi dan foto yang telah dibagikan melalui blog ini.
Namun selaku Pemilik Rumah Ubi selaku Ketua Asosiasi Pengusaha Bakery Indonesia (APEBI) ada sepotong informasi Anda yang perlu saya luruskan, bahwa Asosiasi Bakery Indonesia (ABI) dan Asosiasi Pengusaha Bakery Indonesia (APEBI) adalah 2 organisasi yg berbeda, walaupun saya adalah pendiri kedua organisasi tersebut.

Mohon Anda mengecek kembali ke goggle dengan mengetik Chris Hardijaya, atas tulisan2 yang telah crawling disana selama 2-3 tahun ini

Demikian kami sampaikan demi tidak menimbulkan misleading bagi anggota (APEBI) maupun masyarakat umum.

Terima kasih atas perhatiannya

Regards,
Chris Hardijaya

henangni said...

saya baru aja lihat tayangan rumah ubi di tv7 dlm acara laptop si unyil.. wah seruu.. langsung searching dapet blog ini deh. thanks ya.. :) kpn2 mampir deh ke rumah ubi sekalian pengen curhat sama pak chris.. ^_*

wassalam - heni

Budhi @ Tempat Makan Enak said...

Hallo, Saya Budhi,

Baru minggu lalu saya mampir ke Rumah Ubi dan makan siang disana, yang saya coba saat itu adalah yamien ubi pedas + juice ubi ungu.
Wah benar2 enak, tekstur mie ubinya unik, setelah makan yang yamien yang pedas, minum juice ubi ungu jadi terasa sungguh nikmat.

Review lengkap pengalaman kuliner saya di rumah ubi saya posting di blog Tempat Makan Enak mohon kunjungi sekalian komentar ya, terima kasih.

Unknown said...

hari ini ada lagi di trans7,bagus juga informasinya,mau juga coba ubinya wassalam agus