Tuesday, December 07, 2010

Badan segar hangat setelah makan di Shabu Shabu Express (**)











Shabu shabu adalah makanan Jepang berupa irisan sangat tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi kaldu panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan didalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus yang mengandung wijen yang disebut ponzu. Didalam panci biasanya juga dimasukkan sayur-sayuran, tahu, noodle dll. Sekarang banyak restoran yang menyediakan masakan ini, dari yang kelas bintang lima sampai kelas kaki lima. Bahkan saya sendiri juga sering memasak shabu-shabu dirumah karena selain mudah pasti lebih murah.
Ketika berkunjung ke Mall Central Park di jl. Let Jend S Parman beberapa waktu yang lalu kami menemukan sebuah restoran yang khusus menyajikan menu shabu shabu yaitu Shabu Shabu Express di lantai LG#204B.
Ketika itu adalah waktu makan malam sehingga semua meja sudah dipenuhi para pengunjung. Beruntunglah kami, karena cuma berdua, masih bisa makan dimeja bar, sedangkan pengunjung yang membawa keluarga masih harus mengantri.
Bila membaca buku menunya, bisa ditiru nih bila ingin memasak sendiri dirumah. Karena yang penting kita bisa membuat kaldunya. Kalau masalah bahan makanan yang ingin dicelupkan, banyak pilihan yang tersedia di supermarket, bahkan kalau ingin bahan makanan yang asli dari Jepang, kan sekarang banyak supermarket Jepang. Begitu pula dengan saus dan sambalnya juga tinggal beli.
Nah kita kembali lagi ke menu. Bila mau praktis, terdapat 5 set menu yaitu beef, seafood, salmon, snapper (kakap) & vegetable. Semua set mendapat sepiring vegetable & nasi, tentu bersama kaldu serta 2 macam saus. Yang dimaksud dengan vegetable adalah aneka sayuran, tahu, jamur, udon & bihun. Kaldunya bisa milih loh yaitu chicken soup, chicken herbal soup, soy soup, tom yum soup & miso soup. Sausnya ada 3 pilihan yaitu gomadare alias saus wijen, special house sauce & thai style suki sauce. Harga set menu termahal adalah Rp 89.500 untuk seafood, dan yang termurah adalah Rp 65.000 untuk vegetable.
Bila tak ingin set menu, ada pilihan menu ala carte yaitu beef, salmon, snapper, cumi, udang, hi phiaw (perut ikan). Pelengkapnya adalah aneka fish ball & fish cake (baso seafood), dumpling, jamur, sayuran, tahu, telur & noodle.
Pilihan kami waktu itu adalah beef set menu (Rp 79.500), chicken dumpling (Rp 20.000), shitake (Rp 16.500) & daun selada (Rp 9.000). Kalau pilihan kaldunya adalah (pasti deh) tom yum soup untuk suami & miso soup untukku. Segarnya bahan makanan yang tersedia, berpadu dengan kaldu dan saus yang tepat menjadikan masakan ini favorit, tubuh menjadi hangat dan segar. Oh ya kalau menurutku tom yum soup itu lebih enak loh, segar dan pedas, sluuurp. Nah tunggu apalagi, mau masak sendiri atau datang ke Shabu shabu express ? 

No comments: