Tuesday, May 15, 2018

Nikmat ayam goreng rempah dengan kremesan ala tempura di Bebek & Ayam Goreng PIPITI (***)


Pulang belanja dari Ps. Jatinegara, perut rasanya super lapar karena energi habis untuk menyeret-nyeret belanjaan. Hmm makan dimana didaerah ini ? Untung bu Juju menguasai area sini karena rumah orangtuanya di Cipinang. Dia bilang ada rumah makan ayam goreng enak di Jl. Cipinang Muara Raya No.1 Cipinang Muara, Jatinegara dan kami pun setuju makan disana. 

Setelah sampai di lokasi, kami berhenti disebuah bangunan sederhana terbuat dari bambu. Nama rumah makannya adalah Bebek & Ayam Goreng PIPITI. Rumah makan ini memiliki kapasitas beberapa meja makan dan 1 tempat lesehan.


Pada dinding samping tempat makan lesehan, terpampang sebuah spanduk besar berisi daftar menu. Tersedia 5 jenis paket yang berisi nasi, lalap dan minuman teh dengan pilihan lauk dari harga termurah Rp 23.000 untuk paket ayam negeri, paket ayam negeri besar, paket ayam kampung, paket bebek dan paket bebek besar dengan harga termahal Rp 30.000. Sedangkan kami bertiga sepakat memilih paket ayam kampung seharga Rp 28.000.

Sambil menunggu pesanan saya perhatikan banyak juga pengunjung yang datang. Tapi kebanyakan pesan dibungkus untuk dibawa pulang demi kenyamanan. Jejeran box nasi pun sudah siap berjajar didepan dapur.


Ketika pesanan kami terhidang dimeja, wow penyajiannya berkelas seperti di restoran. Nasi disajikan sendiri diatas piring bambu berbentuk kotak yang dialas daun pisang, nasi dicetak bulat dan ditaburi bawang goreng. Lauknya disajikan dipiring bambu bulat, dialas daun pisang berisi ayam goreng seperempat, kami pesan bagian paha, komplit dengan cekernya. Ayam berwarna coklat mengkilat dengan taburan bumbu rempah, disajikan bersama lalapan super komplit yaitu selada, kol, ketimun, kecipir, kacang panjang dan kemangi. Tapi ternyata lalapan tsb belum komplit loh, karena masih ada satu lagi jenis lalapan yang ternyata sedang habis dipasar yaitu lalapan daun. Selain lalapan masih ada sepotong tahu goreng kuning dan sebuah tepung kremesan berbentuk unik, padat dan melengkung, berwarna putih persis ebi tempura. Sedangkan sambal sudah tersedia di mangkok di meja.


Tak sabar kami memakannya. Daging ayam super panas, baru keluar dari penggorengan. Ketika dimakan, hmm rasanya enak dan gurih, tapi yang istimewa adalah rasa bumbu rempah yang meresap ke dalam daging, dan ada taburan bumbu rempah yang mengandung rasa kari.

Sambal yang tersedia terlihat garang, ulekan sambalnya kasar dan berminyak, ketika dimakan ternyata ini mirip sambal korek, rasanya pedas luar biasa. Tepung kremesan yang berbentuk mirip tempuran juga unik, enak dan renyah, menambah sensasi makan kriuk kriuk dimulut.


Selesai makan rasanya kenyang sekali, enak dan memuaskan. Pemiliknya juga perhatian banget dan suka bercanda. Kami semua masing-masing bungkus ayam untuk dibawa pulang, eh malah dapat diskon lagi. Luar biasa.

No comments: