Monday, May 21, 2018

Kumpulan ceramah sholat Taraweh 1439 H di Al Hidayah RW05 Cilbar

Al Hidayah tg 18 Mei 18

Keutamaan bulan Ramadhan :

1.   Bulan diturunkannya Al Quran
Tahap 1 : Dari langit Lauh Mahfuzh ke langit dunia secara sekaligus dan utuh di malam Lailatul Qadar 
Tahap 2 : Dari langit dunia kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap selama 22 tahun 2 bulan 22 hari, saat perang Badar pada hari Jumat tg 17 Ramadhan yaitu Nuzulul Qur'an
2.   Bila Ramadhan tiba, dibukanya pintu syurga, ditutupnya pintu neraka dan dibelenggunya setan (hadist Buhari)
3.   Bulan dimana semua ibadah dilipatgandakan pahalanya walaupun ibadah sunnah (hadis Muslim)
4.   Bulan yang berfungsi sebagai pencuci dosa
5.   Bulan yang kesehatan masyarakat, berdasarkan penelitian.
6.   Bulan peningkatan perekonomian akibat penuhnya peribadatan.

Nabi Muhammad SAW sholat Tarawih di mesjid pada malam 1 dan 2, pada malam selanjutnya beliau tidak datang lagi karena takut datang/turun ayat Al Quran yang mewajibkan sholat Tarawih.
Umar bin Khatthab ra datang ke masjid pada bulan Ramadhan. Didapati dalam masjid tersebut orang yang shalat tarawih berbeda-beda. Ada yang shalat sendiri-sendiri dan ada juga yang shalat berjama’ah. Lalu Umar berkata: ‘Aku punya pendapat andai kata mereka aku kumpulkan dalam jama’ah satu imam, niscaya itu lebih bagus.’ Lalu beliau mengumpulkan mereka dengan seorang imam, yakni Ubay bin Ka’ab. Kemudian satu malam berikutnya, kami datang lagi ke masjid. Orang-orang sudah melaksanakan shalat tarawih dengan berjama’ah di belakang satu imam. Umar berkata: ‘Sebaik-baiknya bid’ah adalah ini (shalat tarawih dengan berjama’ah)’,” (HR: Bukhari).



Al Hidayah tg 21-22 Mei 18

Ø  4 macam isi kandungan Al Quran :

1.   Hukum-hukum kepastian-kepastian tatacara hidup dalam beragama Islam
2.   Tatacara hidup dimulai dari unsur yang terkecil yaitu keluarga sampai unsur terbesar / global karena manusia diciptakan berbangsa-bangsa untuk saling mengenal.
3.   Sejarah masa lampau umat yang taat melaksanakan kitab suci mereka, maka mereka akan selamat, sedangkan yang membangkang akan hancur = sejarah nabi dengan umatnya.
4.   Kisah-kisah dimasa akan datang, akherat, syurga dan neraka, saat dibangkitkan, ada dalam surat Surah Al Waaqi’ah. Semua hal itu terkait dengan hukum-hukum kepastian-kepastian tatacara hidup dalam beragama Islam.

Ø  Ciri-ciri orang yang beriman : Surat Al Anfaal Ayat 2-4 :

2. Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakkal,
3. (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.
4. Mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia.

Al Hidayah tg 23 Mei 18

Dari Ibnu Abbas, Syurga merindukan 4 golongan manusia :

1.   Orang yang rajin, gemar membaca, mempelajari, mengamalkan Al Quran, terutama disaat Ramadhan.
2.   Orang yang sanggup menjaga lisan / ucapannya, hanya berkata yang baik-baik saja. Karena imsak artinya menahan = puasa, termasuk menahan ucapan.
3.   Orang yang gemar bersedekah, memberi makan orang yang lapar, peka terhadap lingkungan sosialnya.
4.   Orang yang ibadah Ramadhan, puasa Ramadhan, artinya puasa berlandaskan iman kepada Allah & mengharap ridho Allah, menghasilkan ketaqwaan.


Al Hidayah tg 24 Mei 18

Dari Abi Hurairah Ra, Rasulullah naik ke atas mimbar, kemudian beliau berkata :
“Aamiin… Aamiin… Aamiin…”.
Kemudian ditanyakan (para sahabat), kepada beliau :
“Wahai Rasulullah, saat engkau naik ke atas mimbar, engkau sampai mengatakan Aamiin (3x) (ada apakah gerangan?)”
Kemudian Rasulullah memberikan keterangan sebagai berikut:
“Jibril telah datang kepadaku dengan mengatakan : “Barang siapa yang telah datang kepadanya bulan Ramadhan (puasa), kemudian dia tidak mendapatkan pengampunan (pada bulan Ramadhan tersebut), maka ia dimasukkan ke dalam api neraka dan Allah jauh dari dirinya, maka katakanlah Aamiin”. Kemudian aku mengaminkannya.
“Dan barang siapa yang mendapatkan orang tuanya (ketika keduanya masih hidup), atau salah satu diantara kedua orang tuanya masih hidup, sementara (dia mampu berbuat baik untuk kedua atau salah satu diantara keduanya), kemudian dia tak mau berbuat baik kepada keduanya, atau salah satu diantara keduanya (yang masih hidup tadi), kemudian mati, maka Allah akan memasukkannya ke dalam api neraka, dan Allah jauh dari dirinya, maka aku katakan Amin”
“Dan barang siapa yang dimana namaku disebutkan (didepannya) , kemudian dia tak memberikan shalawat kepadaku, maka Allah akan memasukkannya kedalam api neraka dan Allah sangat jauh dari dirinya, maka katakanlah (wahai Muhammad SAW) (amin), maka aku katakan “Amin”

Penekanan pada doa malaikat Jibril yang pertama adalah bagaimana caranya memanfaatkan bulan Ramadhan semaksimal mungkin, diantaranya :

1.   Memakmurkan masjid. Caranya :
-      Pembangunan masjid
-      Sholat berjamaah di masjid
Menunaikan sholat fardu berjamaah di masjid lebih baik daripada menunaikan sholat Taraweh berjamaah di masjid karena sifatnya sunnah.
Anda akan tertipu bila sholat fardu dikerjakan sendiri dirumah tapi bercape-cape dan menangis ketika sholat tarawih berjamaah di masjid.
-      Menjaga kebersihan masjid
-      Menjaga kehormatan masjid

2.   Membaca Al Quran
Selama Ramadhan setiap malam malaikat Jibril datang dan bertadarus bersama Rasullulah.
Rasullulah berkatan bahwa orang tidak bisa memahami isi Al Quran apabila Al Quran di khatamkan kurang dari 3 hari.


Al Hidayah tg 25-26 Mei 18

Puasa harus dilakukan secara :
-      Dhohir yaitu puasa secara fisik, mengucapkan niat sebelum fajar, tidak makan minum, hubungan sex dan muntah secara sengaja.
-      Batin yaitu batin ikut berpuasa agar berkualitas.

Lima hal yang merusak puasa secara batin :
1.   Bohong
2.   Ghibah
Surat 49 Al Hujuraat Ayat 12 : Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah ada diantara kamu yang mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.
-      Ghibah : membicarakan orang lain tapi hal yang dibicarakan tsb memang benar terjadi
-      Fitnah : membicarakan orang lain tapi hal yang dibicarakan tsb tidak benar terjadi
3.   Provokasi
4.   Kesaksian palsu
5.   Melihat dengan syahwat, baik secara langsung / tidak

Ada 3 tingkatan manusia berpuasa :
-      Puasa orang awam : hanya puasa fisik / dhohir
-      Puasa orang khusus : meliputi puasa dhohir dan batin, semua anggota tubuhnya ikut berpuasa dan menyumbat 9 lubang tubuh termasuk panca indra.
-      Puasanya para Nabi : didalam hatinya adanya ada Allah semata, bahkan tidak memikirkan buka puasa dengan apa.

Al Hidayah tg 28 Mei 18 oleh ustad Adrian Parlindungan

Pesan utama kehidupan adalah Taqwa

Surat 3 Ali Imran Ayat 102 : Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.

Surat 59 Al Hasyr Ayat 18 : Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.
Artinya : Yang dimaksud dengan hari esok : Kematian dan Akhirat

Seberapa pentingnya ketaqwaan itu ?

1.   Bagi orang-orang yang bertakwa (tersedia) di sisi Tuhan mereka surga-surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, mereka kekal didalamnya, dan pasangan-pasangan yang suci, serta rida Allah.
Surat 3 Ali Imran Ayat :
14 : Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.
15 : Katakanlah, "Maukah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?". Bagi orang-orang yang bertakwa (tersedia) di sisi Tuhan mereka surga-surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, mereka kekal didalamnya, dan pasangan-pasangan yang suci, serta rida Allah. Dan Allah Maha melihat hamba-hamba-Nya.

Artinya :
Ada 3 sifat kehidupan dunia : Tidak abadi, Memperdaya, Fana / akan binasa / hancur.
Ada yang lebih baik dari dunia dan seisinya yaitu ketaqwaan karena orang yang bertaqwa akan mendapatkan :

-      surga-surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai
Surat 47 Muhammad Ayat 15 : Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa; di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan, dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih, sehingga ususnya terpotong-potong?

-      pasangan-pasangan yang suci yaitu pasangan hidup kita di dunia ditambah bidadari-bidadari yang disucikan Allah dan belum pernah disentuh oleh manusia

-      Allah akan bertanya kepada ahli syurga apakah semua janji Ku sudah terpenuhi semua ? Maka penghuni syurga tsb akan berkata : ijinkan kami untuk melihat wajah Mu ya Allah, karena merupakan kenikmatan yang paling tinggi.

2.   Orang yang bertaqwa akan mendapat :
-      Jalan keluar dari setiap kesulitan hidup
-      Rezeki yang datang dari pintu yang tak terduga-duga

3.   Orang yang bertaqwa akan mendapat Al Furqon
Surat 8 Al Anfaal Ayat 29 : Wahai orang-orang beriman! Jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan Furqan (kemampuan membedakan antara yang hak dan batil) kepadamu dan menghapus segala kesalahanmu dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Allah memiliki karunia yang besar.

4.   Orang yang bertaqwa akan diampuni dosanya


AL HIDAYAH

Siapapun / apapun yang berinteraksi dengan Al Quran maka ia akan mulia di sisi Allah dan manusia :
·         Diturunkan oleh JIBRIL, maka ia menjadi malaikat termulia
·         Diterima oleh MUHAMMAD solollohu alaihi wasalam, maka ia menjadi  manusia termulia
·         Ia mendatangi UMAT NABI MUHAMMAD, maka jadilah mereka umat termulia
·         Ia diturunkan di MAKKAH DAN MADINAH, maka jadilah keduanya tempat termulia
·         Ia turun di Bulan ROMADON,  maka jadilah ia Bulan paling mulia
·         Ia turun pada LAILATUL QADAR, maka jadilah ia malam termulia
·         Bahkan ketika berinteraksi dengan benda matipun, ia menjadi mulia, misalnya kertas murah yang ditulis dengan ayat-ayat Al Quran maka ia berubah menjadi mulia, dibandingkan dengan kertas mahal yang dicetak menjadi buku/majalah.


AL HIDAYAH tg 6 dan 10 Juni 18 oleh ustad Fitri Priyanto

Surat 2 Al Baqarah ayat 125 : Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah (Ka'bah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman bagi manusia. Dan jadikanlah maqam Ibrahim itu tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail, "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, orang yang i'tikaf, orang yang ruku' dan orang yang sujud!".
Artinya : Perintah itikaf itu ada sejak masa Nabi Ibrahim.

Definisi Itikaf : Berdiam diri di masjid dalam waktu tertentu, dengan sifat tertentu, dengan niat itikaf, walaupun hanya sebentar.

Ø  Hikmah itikaf :
1.   Mendorong jiwa untuk jujur mencintai Rasulullah. Caranya dng menjalankan sunah Rasul
Ibadah sunah yg tidak pernah ditinggalkan Rasul : sholat fajar, witir, badiah magrib dan itikaf.
2.   Sujud kita kepada Allah
3.   Sholat fardhu terjaga sebagai penggugur dosa
4.   Hati terpaut kepada Allah dan terpaut kepada masjid
5.   Perisai dosa
6.   Mengajarkan kesederhaan, kezuhudan, ukuwah
7.   Termotivasi untuk ibadah karena efek dari berteman dengan orang-orang yang sholeh

Ø  Waktu Itikaf :
-      10 hari terakhir ramadhan
-      Intinya adalah niat itikaf, islam, baliq, boleh membawa anak-anak asal bisa diarahkan agar tidak mengganggu, khusus untuk perempuan : bebas dari haid dan nifas, harus izin suami/orangtua dan jangan sampai timbul fitnah.

Ø  Tempat itikaf :
Lebih utama masjid jami yaitu masjid tempat diadakan sholat Jumat tapi di mushola pun boleh

Ø  Pembatal Itikaf :
-      Jima atau segala sesuatu yang merangsang
-      Keluar masjid tanpa kebutuhan mendesak
-      Haid, nifas

Ø  Yang boleh ketika Itikaf :
-      Keluar masjid bila ada kebutuhan mendesak
-      Mengeluarkan sebagian anggota badan
-      Makan, minum, bicara
-      Ngobrol seperlunya tapi dilarang melakukan transaksi jual beli, termasuk online

Ø  Apa yang haru dilakukan di penghujung ramadhan :
1.   Meningkatkan ibadah, membangunkan keluarga untuk beribadah, berdakwah
2.   Itikaf bisa kapan saja walaupun sebentar
3.   Menghidupkan sunah Rasul karena Rasul adalah manusia yang paling teladan dan paling bertaqwa, yaitu :
-      Itikaf
-      Mengeluarkan zakat fitrah dengan makanan pokok, berlaku untuk bayi sampai dewasa, ditunaikan sebelum sholat Idul Fitri, waktu yang afdol adalah malam lebaran.
Manfaat zakat fitrah :
a.   Membersihkan dari kata-kata kotor dan kelalaian
b.   Mengenyangkan fakir miskin
-      Hari Raya yaitu hari raya Jumat, Idul Fitri, Idul Adha. Yang harus dilakukan adalah banyak bertakbir
-      Bersuci, mandi hari raya, sebelum sholat hari raya
-      Makan dulu sebelum sholat Idul Fitri, menandakan bahwa kita sudah tidak berpuasa. Makan setelah sholat Idul Adha dengan maksud makan dari hasil sembelihan hewan qurban.
-      Berhias, pakaian yang bagus, bersiwak, memakai minyak wangi ketika hari raya
-      Berangkat sholat hari raya dengan berjalan kaki
-      Berangkat dan pulang sholat hari raya melalui jalan yang berbeda
-      Menampakkan kebahagiaan
4.   Istiqfar, terutama di 10 hari terakhir ramadhan
Apa perbedaan antara maghfiroh (ampunan) & 'afwu (Maaf) di doa malam Lailatul qodar :
-      Maghfiroh/ampunan adalah ampunan Alloh atas dosa hamba namun dosa tetap tercatat di lembaran catatan amal
-      Adapun 'afwu (maaf dari Alloh) adalah ampunan Alloh atas dosa hamba sekaligus penghapusan dosa dari lembaran catatan amal seakan dosa tak pernah terjadi
5.   Istiqomah
Terus beribadah setelah selesai ramadhan sampai ke ramadhan berikutnya
6.   Berdoa

AL HIDAYAH tg 10 dan 11 Juni 18 oleh ustad Adrian Parlindungan

Tazkiyatun Nafs :
-      Membersihkan diri dari perbuatan dosa, menyucikan jiwa kita dari sifat-sifat (akhlaq) yang buruk / tercela
-      Taubat dan minta ampun kepada Allah

Beberapa sifat dunia :
-      Takabur : Sombong, bangga atas yang segala kita punya/miliki
-      Takatsur : Bermegah-megahan, jangan sampai melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur.
-      Ziinatun : Hiasan, dunia hanya hiasan saja
-      Mataunburun : Dunia memperdaya kita sehingga tidak punya waktu untuk Allah
-      Fana : Binasa / hancur

Taqwa : menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan Nya yaitu manusia yang memiliki iman, islam & ahlak yang terpuji.
Perintah Taqwa :

- Surat 40 Ar Rum Ayat :
30. Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); sesuai fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,
31. Dengan kembali bertobat kepada-Nya dan bertakwalah kepada-Nya serta laksanakanlah shalat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah,

- Surat 3 Ali Imran Ayat 133 : Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,

Cara menjadi manusia yang ber Taqwa :

A.   Surat 3 Ali Imran Ayat 17 : (Juga) orang yang sabar, orang yang benar, orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya, dan orang yang memohon ampunan pada waktu sebelum fajar.
1.   Orang yang sabar
2.   Orang yang jujur dalam perbuatan
Tanda-tanda orang munafik ada tiga macam yaitu :
-      apabila ia berbicara, ia berdusta
-      apabila ia berjanji, ia ingkar
-      apabila ia dipercaya (diberi amanat), ia khianat
3.   Orang yang taat menjalankan perintah Nya dan menjauhi larangan Nya
4.   Orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, disaat lapang dan sempit
5.   Orang yang senantiasa memohon ampunan pada waktu sebelum fajar, diwaktu sahur

B.   Surat 3 Ali Imran Ayat :
134 : (yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.
135 : dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui.
1.   Orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit
2.   Orang yang menahan amarahnya
3.   Orang yang memaafkan kesalahan orang lain
4.   Orang yang selalu berbuat kebaikan
5.   Orang yang bila berbuat dosa, segera mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, bertaubat

Cara menguatkan ketaqwaan :
-      Menjadikan Al Quran sebagai kitab petunjuk bagi orang yang ingin hati dan jiwanya suci karena Al Quran diturunkan di bulan suci Ramadhan di malam qodar yaitu malam yang diberkahi Allah.

Arti qodar :
-      Malam yang menentukan nasib/qodar kita (setahun kedepan)
-      Malam yang mulia
-      Malam yang sempit/sesak karena malaikat turun ke bumi berdesakan
-      Malam yang lebih mulia dari pada 1000 bulan = 83 tahun

Ciri-ciri ibadah kita di bulan Ramadhan diterima Allah : bisa dilihat dari prilaku setelah bulan Ramadhan selesai, apakah tetap istiqomah atau kembali kepada prilaku yang semula.
3 kategori manusia dalam berpuasa :
-      Puasa karena kebiasaan, lingkungan, budaya
-      Puasa sebatas ibadah selama bulan bl Ramadhan saja, bl Ramadhan selesai maka ibadah selesai juga
-      Puasa karena keimanan sesuai Surat 2 Al Baqarah Ayat 183 : Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.
Surat 103 Al Asr Ayat 1-3 :
1. Demi masa.
2. Sungguh, manusia berada dalam kerugian,
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

No comments: