Monday, March 07, 2016

Manis renyah kue (bentuk) ikan di Taiyaki Patisserie (***)

Ketika saya berkeliling mencari makanan yang cocok untuk makan malam di lantai 3 AEON mall (Jl. BSD Raya Utama, Tangerang, Banten), saya menemukan gerai Taiyaki patisserie yang letaknya agak tersembunyi, dibelokan dekat ACE Hardware. Taiyaki adalah kue Jepang berbentuk ikan, dimana bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian bawah kue, lalu setelah kue hampir matang, keduanya disatukan dan diisi dengan kacang merah, custard atau vla, coklat, ice cream, dll. Selama ini saya hanya bisa melihat aneka gambar taiyaki berseliweran di instagram tapi belum pernah mencobanya, dan sekarang adalah kesempatan yang baik untuk membelinya walaupun sebenarnya saya sedang mencari makanan berat untuk makan malam.


Saya segera menghampiri gerai tsb dan membaca pilihan menunya yaitu taiyaki plain rasa original dan green tea, taiyaki isi vla green tea dan rum, isi choco bar, apple pie, matcha azuki, yang asin isi bolognaise dan chicken teriyaki, semua harganya Rp 25.000.

Ternyata disini tidak tersedia taiyaki isi es krim, padahal sudah terbayang kenikmatan taiyaki isi matcha ice cream, hmm yummy. Ketika hendak memesan, saya bertanya, taiyaki rasa apa yang paling best seller, yaitu taiyaki isi choco bar dan saya pun langsung memesannya.

Ketika itu pengunjung hanya ada 2 termasuk saya, tapi taiyaki dibikin mendadak ketika dipesan. Jadi cukup lama juga menunggu panggangannya matang. Adonan taiyaki berupa lembaran yang dipotong persegi empat lalu ditaruh dipanggangan berbentuk ikan, dibolak-balik sampai berwarna kecoklatan. Ketika sudah matang, kue masih berbentuk persegi empat tapi ditengah menggelembung berbentuk ikan. Terlihat taburan kacang almond menghiasi kulit luar taiyaki.

Nah bagaimana dengan rasanya ? Ketika kumakan kue ini masih panas, pinggirannya yang pipih rasanya sangat renyah dan sedikit agak keras. Rupanya kue ini terbuat dari adonan pastry manis dengan tekstur serpihan sehingga rasanya renyah ketika digigit. Bagian luarnya terasa lebih manis dan lengket karena berasal dari taburan gula. Ketika ku gigit bagian ikannya, teksturnya lebih empuk dengan isi coklat yang lumer dan mengumpul dibagian bawah atau dibagian ekor. Rasa coklatnya sih enak hanya saya kurang merata didalamnya.

Kesimpulan, saya suka dengan snack taiyaki ini dan rasanya cukup mengenyang ketika dimakan. Lain waktu saya harus mencoba rasa isian yang lain, terutama yang isi es krim.

No comments: