Wednesday, March 30, 2016

Aneka hidangan Nusantara di Pawon Sae (**)

Bila anda terdampar di Kerawang Barat dan perut merasa lapar, ini ada sebuah rumah makan bernama Pawon Sae, resto dan cafe, di Perumnas Teluk Jambe, Blok W no. 75-76. Bangunannya berupa 2 kavling rumah bertingkat yang disatukan sehingga menjadi luas. Selain ruangannya yang luas dan terbagi menjadi ruang makan outdoor dan indoor yang ber AC, ruang makan VIP, ada juga fasilitas mushola, wifi dan fasilitas keperluan meeting.



Saat kami datang, kami adalah pengunjung yang pertama, kemudian datang lagi 1-2 pengunjung keluarga kecil. Di dalam buku menu terlihat bahwa makanan yang disajikan disini adalah aneka masakan Nusantara yang meliputi masakan seafood, sapi, ayam, bebek, soto dan sop, tumis sayuran, masakan oriental, masakan ala Jepang dan ala barat seperti pasta dan steak, aneka camilan dan dessert, aneka kerupuk serta minuman khas cafe. Selain itu ada juga paket hemat yaitu nasi timbel, nasi gudeg, nasi pecel, nasi bakar dan nasi rawon. Kelebihan sajian disini adalah selain makanan dan minuman yang bervariasi, juga bebas pengawet dan MSG.

Kami berdua sepakat memesan gurame saos padang dan capcay seafood dengan minuman es rumput spesial dan es teler, supir saya memesan nasi pecel. Sebelum pesanan kami datang, kami diberi suguhan keripik jagung marning. Tapi ternyata makanan kami cepat juga datangnya.





Gurame saos padang datang dalam ukuran jumbo. Gurame tsb dagingnya sudah di fillet, lalu rangka gurame dan daging fillet nya digoreng tepung hingga garing, kemudian disiram saos padang, ditaburi potongan daun bawang, diberi ganish lalapan dan disajikan diatas piring motif daun. Bumbu saos padangnya berlimpah dan pedas.

Kemudian capcay seafood isinya pun memuaskan, bahannya fresh dengan sedikit kuah berwarna kecoklatan. Ketika dimakan capcay ini rasanya gurih banget, awalnya sih enak dimakan bersama nasi, lama-kelamaan kok eneg juga ya, terlalu over bumbunya. Untung ada es campur sebagai penyegar. Yang agak berbeda adalah es rumput spesial yang berisi rumput laut, potongan melon dan strawberry lalu diberi sirup melon, rasanya jadi lain daripada yang lain. Kalau es teler nya sih biasa saja, standard.

Mengenai harganya, menurut saya cukup terjangkau, yang paling mahal memang menu gurame, semua dihargai Rp 70.000 karena hanya tersedia 1 ukuran dan porsinya memang besar. Capcay seafood Rp 24.000, nasi pecel Rp 20.000, es rumput dan es teler @ Rp 20.000, kerupuk gendar Rp 6.000 dan es teh manis Rp 5.000. Sambil nulis review ini, saya sambil bingung, kok nasinya ngga ada didalam bill ya ?

No comments: