Wednesday, February 17, 2016

Pengajian di Kelurahan Cilandak Barat oleh Ustadzah Uun Maimunah

Materi pengajian di Kelurahan Cilandak Barat oleh Ustadzah Uun Maimunah hari Rabu tg 17 Feb 16

1.      Barang siapa orang yang ketika ditanya mengenai suatu ilmu dan dia mengetahuinya tetapi dia menyembunyikannya, maka pada hari kiamat dia akan ditutup mulutnya oleh api neraka.
Artinya : Apabila ada orang yang memiliki ilmu agama atau ilmu lainnya, bila dia tidak mau membagikannya / menyembunyikannya, maka mulutnya akan ditutup oleh api neraka.
Karena jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

2.      Malaikat Zabaniyah adalah malaikat yang bertugas menyiksa orang-orang di neraka. Malaikat Zabaniyah akan lebih cepat / lebih dulu menyiksa orang yang mengerti agama tetapi dia orang yang fasiq, dibandingkan dengan orang yang menyembah berhala.
Orang yang fasiq adalah orang yang mengerti agama tetapi tetap melakukan maksiat, meninggalkan perintah Allah, dan menyimpang dari jalan yang benar.
Sedangkan orang yang menyembah berhala adalah orang yang tidak mengerti agama dan tidak tahu tentang Tuhannya.
Orang yang mengucapkan syahadat, dia akan lebih dulu disiksa di neraka, tetapi dia memiliki harapan untuk masuk syurga. Setelah dia keluar dari neraka dalam keadaan gosong, maka dia akan dicelupkan / dibersihkan sehingga tumbuh sel-sel baru, lalu dia menjadi bersih kembali, muda kembali, dan dimasukan kedalam syurga.
Orang yang masuk syurga akan berkata, ya Allah kesenangan apalagi yang belum Engkau berikan kepada kami.
Sedangkan orang yang menyembah berhala tidak memiliki harapan untuk keluar dari neraka dan  masuk syurga.

3.      Menuntut ilmu / belajar agama adalah fardu ain yaitu wajib dan berdosa bila tidak belajar. Sedangkan  belajar ilmu umum hukumnya fardu kifayah, tidak wajib dan tidak berdosa bila tidak belajar.
Contoh : Belajar ilmu kedokteran adalah fardu kifayah tetapi apabila tidak ada dokter maka belajar ilmu kedokteran menjadi fardu ain.

4.      Orang yang mengajarkan kebaikan dan ilmu agama tapi dia melupakan dirinya sendiri maka dia bagaikan lilin yang menerangi orang lain tetapi membakar dirinya sendiri.

Contoh : orang yang mengajar ngaji tapi dia sendiri tidak ngaji, atau orang yang mengajar ilmu agama tapi dia sendiri tidak mengamalkan ilmu nya pada diri sendiri.

No comments: