Thursday, February 04, 2016

Pengajian Al Ikhlas tg 2 Feb 16 “Besarnya manusia” oleh ustad Mohay Attaly

-      Dalam hadist Bukhari disebutkan : Ketika Rasul sedang duduk, lewatlah rombongan jenasah orang yahudi, Rasul pun berdiri untuk menghormati jenasah non muslim tsb dan merasa sedih karena ada seorang umat yang telah meninggal tapi belum bisa dia selamatkan.
-      Kematian itu ibarat pintu, apabila sudah tertutup tidak bisa masuk / kembali lagi. Memasuki alam barzah yang artinya penutup / pembatas.
-      Kalau kita memakan makanan haram, maka ibadah kita tidak akan diterima Allah selama 40 hari karena proses detoks makanan haram tsb keluar dari tubuh setelah 40 hari.
-      Mengapa seorang ibu hamil ngidam, karena 27% makanan ibu hamil dimakan oleh bayinya sehingga keadaan ibu tidak stabil.

3 macam nikmat dari Allah yang selalu diberikan kepada kita :
1.    Nikmat sehat : setiap bangun tidur kita cek keadaan tubuh dan seluruh indra kita, apakah semua masih sehat dan berfungsi
2.    Nikmat Iman & Islam : karena siapa pun yang mencari agama selain Islam maka di hari kiamat nanti dia menjadi orang merugi
3.    Nikmat diberi titipan amanah : yaitu pasangan hidup & anak serta harta benda

Manusia diciptakan dalam keadaan keluh kesah, karena itu kita harus selalu memohon hidayah, ada 2 macam hidayah :
1.    Hidayah Insad : yaitu hidayah hasil bimbingan manusia, yaitu ilmu yang didapat dari guru/ustad, dll
2.    Hidayah Taufik : yaitu hidayah hasil bimbingan Allah, yaitu apabila kita mengamalkan hidayah Insad tadi yaitu mengamalkan ilmu yang kita dapat dari guru/ustad

Manusia selalu dihiasi dengan keinginan-keinginan, ada 3 macam keinginan :
1.    Irodah : Keinginan biasa atau keinginan di mulut saja.
2.    Azam : Keinginan yang kuat, yang dibarengi dengan mencari ilmunya supaya keinginannya tercapai, bermunajat lebih hebat.
3.    Niat : Keinginan yang dibarengi dengan usaha / mengerjakannya.

-      Berdoalah terus menerus kepada Allah sampai doa tsb dijabah, karena Allah bangga pada umatnya yang berdoa sambil merintih dan menangis, karena doa adalah inti dari ibadah. Apabila kita berdoa tapi ujian dari Allah malah semakin hebat maka doa tsb sudah didengar, dan berdoa lah terus agar dijabah. Karena berdoa haruslah : yakin, paham dan diulang-ulang.
-      Tanah akan kalah oleh besi, besi akan kalah oleh api, api akan kalah oleh air, air akan kalah oleh angin, dan manusia memiliki 5 unsur tsb : tanah, besi, api, air, angin.
-      Karena manusia memiliki unsur logam, makan hanya perempuan lah yang boleh memakai emas karena perempuan memiliki pembuangan mens, sedangkan laki-laki tidak ada, maka laki-laki tidak boleh memakai emas.
-      Doa tidak ada yang ditolak, supaya doa tsb cepat dijabah, dipakailah kendaraan sedekah.
-      Doa wanita lebih didengar Allah karena wanita memiliki rahim, otomatis wanita memiliki banyak kasih sayang, sehingga doanya lebih didengar Allah.
-      Apabila kita sakit, zikirnya adalah Subhanallah diulang-ulang karena akan merontokkan racun.
-      Tapi setelah kita minum obat, zikirnya adalah La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim.
-      Kalau mau ketemu orang, zikirnya adalah Allahu Akbar

No comments: