Friday, December 21, 2012

Acungan jempol untuk kopi Sumatera di Otten Coffee (***)







Berkunjung ke kota Medan tanpa membeli oleh-oleh tentunya belum lengkap. Belum lagi pesanan titipan dari keluarga dan teman sekantor, pesan ini, pesan itu. Salah satu pesanan yang sudah pasti adalah oleh-oleh bolu gulung Meranti di Jl. Kruing.
Wah saya baru tau, kalau dijalan tsb terhampar aneka toko oleh-oleh disepanjang jalan. Hmm bisa lapar mata nih. Begitu masuk toko bolu Meranti prosedurnya adalah kita langsung antri ke kasir untuk memesan bolu dengan berbagai pilihan rasa, lalu bayar, ambil nomer dan tunggu dipanggil.
Nah daripada lama nunggu disitu, lebih baik kita berjalan-jalan dulu disepanjang jalan Kruing, siapa tau ada toko oleh-oleh yang lebih menarik lagi. Tak disangka baru sebentar kami melangkahkan kaki, kami melihat sebuah coffee shop bernama Otten coffee yang kelihatannya masih baru. ngopi dulu yuk, aku haus nih?ajak suami ku.
Seorang waitres membukakan pintu untuk kami, dan kami terhenyak kagum akan keindahan interior coffee shop tsb. Disebelah kiri pintu masuk terdapat sebuah pajangan terbuat dari rotan berbentuk motor vespa berwarna hitam, dengan plat nama Otten coffee. Disampingnya terdapat aneka keranjang bambu, sangkar burung dan beberapa ember kayu berisi contoh-contoh biji kopi asli bertuliskan lintong, robusta, mandheling, aceh gayo dan roasted bean.
Disampingnya lagi terdapat sebuah mesin pembuat kopi yang masih mengkilat. Dimana petunjuk pengoperasian mesin tsb digambarkan melalui sebuah sketsa, yaitu dari memasukkan biji kopi kedalam mesin lalu melalui proses pemanggangan dan penggilingan biji kopi menjadi kopi bubuk yang siap kita minum. Hmm menarik.
Dibagian tengah ada sebuah rak kayu yang berisi aneka jenis kopi yang dijual yaitu meliputi kopi lanang, aceh gayo, sidikalang, sumatera, robusta sidikalang, robusta aceh, danau toba dan kopi medan. Semua dikemas dalam paperbag warna coklat, divakum dan disegel sehingga kantong tsb kedap udara dan kopi terjamin kesegarannya.
Sambil melihat dan memilih-milih jenis kopi, kami juga diberi keterangan secara mendetail oleh pemiliknya yang kebetulan sedang berada ditempat. Keunggulan coffee shop ini adalah selalu menjual kopi segar setiap hari dimana kopi yang dijual seluruhnya adalah 100% kopi sumatera.
Dibagian belakang ada sebuah rak lagi yang khusus berisi kopi luwak kualitas premium. Artinya kopi luwak tsb 100% asli dan dijamin keasliannya melalui sertifikat yang juga dipajang dirak tsb. Harga kopi luwak termurah adalah Rp 200.000 per 100 gram dan yang termahal Rp 1.200.000 dengan berat 250 gram dalam kemasan limited edition. Sedangkan harga kopi selain kopi luwak berkisar antara Rp 45.000 - 75.000 dengan berat 200 gram.
Sambil melihat-lihat kami diberi penjelasan yang menarik mengenai kopi luwak ini. Kopi luwak berasal dari buah kopi yang dimakan musang. Musang tsb hanya memakan buah kopi yang benar-benar matang. Buah kopi yang dimakan musang lalu dicerna didalam perut musang, tapi biji kopi tidak bisa dicerna melainkan berfermentasi dengan enzim didalam perut musang lalu dikeluarkan lagi melalui kotoran musang. Kotoran tsb dikumpulkan oleh petani, dicuci dan dibersihkan sampai steril, kemudian dijemur sampai kering, lalu dipanggang dan digiling sampai halus dan siap kita minum. Keunggulannya dibandingkan dengan kopi biasa adalah kopi luwak benar-benar berasal dari buah yang matang karena telah diseleksi oleh musang, lalu nyaman dilambung karena kopi telah berfermentasi dengan enzim diperut musang, terakhir rasa dan aromanya lebih nikmat daripada kopi biasa. Beberapa keunggulan tsb lah yang menjadikan kopi luwak mahal dan terkenal didunia.
Puas mendengarkan penjelasan, kamipun menghampiri coffee bar yaitu tempat barista meracik kopi pesanan pengunjung. Ah kami tertarik untuk duduk bersantai sejenak menikmati secangkir kopi hangat. Suami saya memesan latte dan saya memesan cappuchino. Kopi yang disajikan benar-benar terasa beda, segar dengan wangi yang memabukkan.
Sambil minum, kami masih terkesan akan interior ruangan tsb. Disetiap dinding pasti diberi rak, baik berisi kopi atau berisi berbagai pajangan unik khas Indonesia yang berkaitan dengan kopi. Sungguh menarik.
Interior yang indah dan menarik, kopi yang berkualitas, pemilik yang ramah, informasi yang detail, barista yang berpengalaman, harga yang terjangkau, semua keunggulan tersebut berpadu sempurna dan bakal menjadikan Otten Coffee menjadi yang terdepan dalam menyajikan kopi Sumatera. Acungan jempol untuk Otten coffee.
Otten coffee
Jl. Kruing No 3 E-F Medan
Telpon 061 414 8806

No comments: