Friday, December 21, 2012

Warung Rawit, tak seseram namanya (*)







Mendengar namanya saja sudah gemeteran, Warung Rawit. Apakah semua masakannya dibumbui dengan potongan cabe Rawit ? Kalau suami saya yang mendengar kata “Rawit? dia pasti tergugah dan bersemangat untuk mencobanya. Lain dengan saya yang mengharapkan adanya menu lain yang tidak terkena sentuhan si cabe Rawit ini. Tapi bagaimana kita tau kalau belum mencobanya secara langsung ? Akhirnya, kali ini, ketika kami pergi ke daerah Kelapa Gading, kami pun langsung menuju warung Rawit. Walaupun namanya warung, tempatnya jauh dari kesan warteg, melainkan merupakan rumah makan sekelas restaurant yang berada di jajaran ruko di jl Boulevard Raya Kelapa Gading.
Memasuki tempat ini, ruangannya tidak begitu luas, tapi bagus, bersih dan rapih, dengan furniture dominan terbuat dari kayu. Kemiripan interiornya mengingatkan saya akan interior warung Tekko, spesialis iga penyet. Dindingnya berhiaskan aneka foto menu khas warung Rawit, dimana gambar-gambar tsb bikin tenggorokan kita menelan air liur sendiri, glek.
Apabila kita membaca daftar menunya, oh rupanya tidak seseram namanya. Menu yang tersedia disini cukup banyak, yaitu terdiri dari aneka masakan soup, aneka penyet, aneka masakan ikan, cumi, udang, ayam, sayuran, nasi dan mi. Rupanya keunggulan warung Rawit ini adalah menyajikan menu-menu khas Kalimantan dan Jawa Timur. Masakan Jawa Timur diwakili oleh menu serba penyet seperti iga, ayam, bebek, udang, cumi, tahu, tempe penyet. Sedangkan masakan Kalimantan diwakili oleh ikan teri singkawang, gurame kari singkawang, ayam goreng singkawang, gulai keong nenek dan pakis terasi udang singkawang. Berdasarkan rekomendasi waitres, kami memesan menu ayam goreng singkawang dan pakis teri terasi. Untuk minumannya kami memesan es jeruk Pontianak dan es campur batok kelapa.
Saat itu pengunjung lumayan banyak walau tidak sampai penuh, minuman pesanan kami datang tidak begitu lama. Es jeruk pontianak datang disajikan didalam gelas berbentuk botol selai, berhiaskan sepotong jeruk dibagian bibir gelas. Dari warnanya saja sudah terlihat, es jeruk ini berbeda dari biasanya yaitu memakai jeruk pontianak yang terkenal manis. Rasanya jelas semanis warnanya, enak dan segar.
Minuman pesananku, atau lebih tepatnya dessert, adalah es campur batok kelapa, datang dengan gaya, yaitu setengah potong kelapa muda yang berfungsi sebagai mangkuk, diisi dengan aneka buah-buahan potong, seperti nangka, alpukat, kolang kaling, diberi es serut yang disiram sirup merah dan susu kental manis. Ketika dimakan, wuih enaknya, dan ada yang berbeda yaitu rasa kletuk-kletuk dari jelly bulat kecil-kecil.
Kemudian datanglah menu lunch kami. Seporsi ayam goreng singkawang berisi beberapa potong ayam kampung berwarna kecoklatan dan disajikan dengan sambal rawit merah. Rupanya ayam tsb dibumbui dengan terasi sehingga warnanya kecoklatan. Rasanya enak, bumbu cukup meresap dan dagingnya lumayan empuk. Walau begitu sajian ini tidak termasuk kedalam kategori lezat atau bikin nagih.
Kemudian sajian pakis teri terasi, nah ini baru sajian yang jarang ada. Sayur pakis atau paku berasal dari tanaman hutan liar yang didatangkan langsung dari Kalimantan. Bentuk sayuran ini berupa pakis berbatang kecil dan bertekstur crunchy, dibumbui dengan terasi dan bawang putih, ditaburi teri dan kulit ayam goreng tepung. Aha sedapnya. Bumbunya nendang, sayurnya segar dan kres ketika dimakan, dan topping kulit ayam yang chrispy itu saya suka banget. Sayang seporsi cuma sedikit, he he he.
Saya intip meja pengunjung lain yang datang bersama keluarganya, mereka memesan ikan gurame yang kelihatannya menggiurkan banget karena ditaburi bumbu kremesan yang terlihat chrispy. Wah kapan-kapan saya harus coba menu itu kalau datang lagi kesini. Saya lihat gambar didinding, menu tsb bernama gurame jeruk bali. Wah aneh ya, seperti apa ya rasanya ? Tapi sayang perut kami sudah penuh terisi, tidak mungkin nambah lagi. Apalagi saya harus menghabis es campur yang isinya cukup banyak.
Selesai sudah makan siang kami, sekarang saya minta billnya. Oh ternyata sedang ada program discount 10% loh untuk semua jenis F&B. Harga aslinya adalah ayam singkawang Rp 25.000, Pakis Rp 19.500, es campur Rp 20.000 dan es jeruk ponti Rp 16.000. Harga tsb termasuk standardlah. Yang ingin berkunjung kesini alamatnya adalah Jl. Boulevard Raya Blok QA5 #8-9 Kelapa Gading Jakarta Utara, telpon (021) 4513 687. Bisa delivery order loh...

No comments: