Monday, December 14, 2009

ULASAN KULINER : RM PAGI SORE – MASAKAN PADANG MEDAN (***)

Yang namanya rumah makan padang banyak banget, ada disetiap sudut jalan. Tetapi walaupun rumah makan padang semakin menjamur, rumah makan yang sudah lama berdiri, jarang yang kehilangan pelanggannya, yang ada malah bertambah pelanggannya, apalagi bila rumah makan padang tsb sudah mempunyai ciri khas masakan yang sangat digemari para pelanggan fanatiknya.
Contohnya adalah rumah makan Pagi Sore masakan Padang-Medan di Jl. Jend. Sudirman, Pasar Bendungan Hilir no 36A Jakarta 10210, telpon 021 5738941. Secara memang di ps Benhil adalah gudangnya kuliner lezat.
Caranya kesana adalah dari jalan Sudirman kan belok kiri ke arah pasar Benhil, lurus terus melewati bangunan pasar, tidak jauh, sampai ketemu RM Sunda Ampera disebelah kiri jalan, sedangkan disebelah kanan ada restoran Kentucki fried chicken, ada jalan, langsung belok kanan, beberapa langkah kemudian ada deh RM Pagi Sore disebelah kiri jalan.
Ciri-ciri rumah makan ini adalah sebuah bangunan sederhana, bercat putih & berukuran sedang, dimana di bagian teras depannya pun dipasang meja kursi, yang ditutupi kain spanduk, sehingga yang makan diteras tidak terlalu terlihat & terlindung dari panas. Lalu dipintu masuk ada seorang pengamen yang duduk dengan gitar kecilnya & menyanyikan lagu-lagu tempo doeloe.
Terus terang saya adalah pelanggan berat RM ini. Kalau sudah sebulan saja tidak makan kesini rasanya kangen berat, padahal saya sudah ratusan kali makan kesini. Dan jelas saya sudah kenal sama pemilik & para pelayannya.
Kalau saya & teman-teman kantor makan kesini, mereka langsung cari tempat duduk, karena dapat dipastikan, meja kursi disini hampir selalu penuh alias antri, sedangkan tugasku adalah langsung ketempat Uda dibagian display makanan. Saya tinggal bilang “Pak, panjang 5 potong” kataku. “Iya duduk aja, nanti saya antar”, kata Uda.
Jadi yang dimaksud dengan “panjang” itu adalah potongan ikan kakap goreng dibagian perut tengah, sehingga bentuk potongan ikannya panjang, mengikuti bentuk tulangnya. Jadi tinggal sebut “panjang” artinya kami semua memesan ikan kakap goreng. Ini adalah menu unggulan disini. Selain itu ada juga ikan kerapu goreng & ikan kakap masak asam padeh yang sama lezat nya.
Tapi apabila ingin makan disini, jangan sampai terlambat datang, apalagi kalau sudah lewat dari pk 12.30, kadang kami tidak kebagian ikan kakap gorengnya. Masih mending kalau kebagian pun bentuk potongan ikannya bantet-bantet karena bukan bagian perut tengahnya. Maka hari yang agak luang untuk makan disini adalah hari Jumat, dimana para lelaki masih sholat Jumat.
Setelah kami duduk, tak lama diantarlah pesanan kami, yaitu ikan kakap goreng, nasi putih (jangan minta setengah, seporsi pasti habis), disajikan bersama sayur daun singkong, urap, sambal cabe merah yang sangat berminyak, ikan asin (biasanya jambrong), serta yang paling penting adalah sepiring kecil kuah taoco. Itu kalau lagi komplit, tapi biasanya kami sering kehabisan urap & ikan asinnya.
Ikan kakap ini rasanya uenak banget karena bumbunya sudah meresap kedalam daging ikan. Sambalnya hmm juara, kuah taoco nya yahud punya. Pokoknya makan pasti lahap deh apalagi kalau ditambah krupuk putih. Kalau aku yang makan sih, ikan cukup sepotong saja karena ukurannya cukup besar, tapi kalau yang makan itu para lelaki biasanya minimal 2 potong.
Selain ikan kakap, ku juga pernah makan ikan kerapu goreng, tapi seringnya kehabisan sih. Rasanya juga sama lezatnya. Lalu ada juga temanku yang penggemar ikan masak asam padeh yaitu masakan ikan dalam kuah yang bercabe, bumbunya hampir sama dengan bumbu rendang, tapi tidak memakai santan. Pokoknya menu unggulan disini adalah ikan, walaupun ada juga masakan ayam & dagingnya, tapi kami belum pernah mencobanya.
Para pelanggan disini adalah 75% laki-laki karena hanya kaum lelakilah yang tahan makan ditempat panas, pasti keringetan & banyak kucing berseliweran. Jadi kaum wanita yang 25% itulah yang paling tau, panasnya makan disini sebanding dengan kelezatan makanan yang disantapnya. Bahkan kadang ku kasian kepada kucing yang mengeong memelas dikolong kursiku, karena ku tak kan rela berbagi secuil ikan untuknya.
Oh ya, sedikit tips untuk para wanita, kalau makan disini lebih baik memakai celana panjang, biar gampang menendang kucing & jangan memakai baju blazer atau jas, karena baju bisa basah kuyup, serta kalau sudah tiba dikantor segeralah memakai parfum.
Untuk harganya sangat murah bagi masakan selezat ini karena harga sepotong ikan kakap hanya Rp 13.000. Tapi yang namanya sambal, sayur & kuah taoconya gratis walaupun nambah porsinya. Jadi yang bayar cuma nasi, minum, krupuk, ikan asin & urap. Nah bagaimana, siap mencoba rasa kelas 1, harga kaki lima ?

3 comments:

Wasono'S said...

waah.. emg bener sis... saya langganan jg di pag-sor itu...top markotop...tp sayang skrg saya jauh kerjanya... jadi kangen neh klo ke jkt lg ..itu tujuan utama kyknya

Unknown said...

Perlu Dan wajib dicoba

rukunya15 said...

Obat Aborsi Manjur
Jual Cytotec Obat Aborsi Asli Ampuh

Obat Aborsi Asli
Jual Cytotec Obat Aborsi Ampuh Dan Tuntas

Obat Aborsi Pil Penggugur Kandungan

Obat Penggugur Kandungan
Jual Obat Aborsi Cytotec Ampuh