Tuesday, July 28, 2009

ULASAN KULINER : RESTORAN SARI INDAH (***)

Masakan Padang, masakan yang paling banyak ditemui, tersebar dimana-mana, dari sabang sampai merauke, bahkan sampai ke luar negeri pun ada. Masakan padang ada yang dijual di warung, banyak juga yang di restoran, ada yang mahal tapi gak enak dan ada pula murah tapi lezat. Biasanya kalo masakan padang di restoran, rasanya udah standart international, jadi rasa gurih asin manis nya kurang tajam, mahal pula.
Nah tapi yang satu ini, ada restoran masakan padang, dimana aku dan temen sekantorku, menyebutnya “makan di padang mahal yuk” tapi tetep gak kapok-kapok makan disitu karena enak sekali & lain daripada yang lain. Yaitu di Restoran Sari Indah, jl. Wolter Monginsidi no 42-44, Jakarta Selatan, telpon 021 722 0930, fax 021 723 7233.
Disini dijual menu istimewa yang berbeda dengan yang lainnya, yaitu ayam bakar. Udah biasa ! Tapi beda rasanya. Enak sekali dan rasa gurih asin manis nya terasa tajam. Tiga potong ayam berbumbu santan kental dan berwarna kekuningan yang berasal dari kunyit, setelah di ungkep lalu dibakar, dan disajikan langsung diatas meja dengan masih memakai besi berjaring tempat ayam tsb dibakar. Bumbunya yang menempel di ayam masih banyak sehingga rasanya legit dan cenderung manis. Top.
Lalu ada gado-gado siram, isinya biasa, daun singkong, kacang panjang, toge, kol, tahu, tempe, telor, dialasi daun selada, diberi krupuk merah yang suka disajikan di dalam soto padang itu loh. Tapi seporsi isinya cuma sedikit, lalu disajikan dipiring berukuran sedang, tapi rasa bumbu kacangnya bo, lekker. Uenak tenan.
Nah kedua menu tsb yang selalu kami santap kalau kesini. Tapi bukan berarti menu lainnya ngak enak loh. Cuma kedua menu tsb yang tidak ada ditempat lain. Terakhir aku kesini ada menu baru nih, yaitu buncis yang diberi ayam cincang, tapi rasa bumbu ayamnya itu pakai terasi & ikan asin, jadi rasanya unik, dan tentu enak, asin-asin gituh, jadi lahap makannya. Walaupun aku membayangkan kalau memakai baby buncis, rasanya pasti lebih mak nyos.
Menu lain seperti ayam pop, gulai ayam, ayam goreng, rendang, sop buntut, kikil, dll tetap enak. Aku udah nyobain semua. Tapi kan ditempat lain juga ada. Jadi ngak seringlah. Lalu disini selalu disediakan dessert kue Srikaya, yaitu kue yang terbuat dari telur & santan yang diberi gula serta pewarna hijau dari daun suji dan pandan, lalu setelah dikocok, dituang dimangkuk kecil & dikukus. Hasilnya seperti pudding, manis, legit & wangi pandan, tapi sangat terasa telurnya. Dessert yang sempurna, sebagai penutup rasa masakan yang gurih & pedas.
Lalu harganya ? 3 potong ayam Rp 31.500, gado-gado Rp 7.500, cah buncis ayam Rp 8.500, sambal teri merah Rp 9.000, 3 nasi putih Rp 13.500. Bahkan air putihnya pun bayar @ Rp 1.500. Tuhkan, padang mahal, tapi enak loh. Kalo udah lama gak kesini suka kangen, jadi makannya lahap deh. Selamat mencoba.

No comments: