Saturday, July 11, 2009

ULASAN KULINER : GORENGAN



1. TEMPE MENDOAN & TAHU SLAWI BARITO (**)

Kawasan Barito Kebayoran Baru Jak Sel, depan kuburan, lumayan terkenal loh buat tempat makan. Yang paling terkenal sih bubur barito nya, cuma karena sudah banyak yang tau, maka aku mau bahas warung di seberang nya, yaitu tempat jual tempe mendoan & tahu slawi. Enak loh. Dimakan bersama cabe rawit, kecap & saus kacang. Harganya seribuan saja per potong. Dan kalo bulan puasa, terjadilah antrian panjang, termasuk aku yang sering antri kesini. Jadi tempe mendoan itu adalah tempe goreng tepung yang digoreng tapi tidak kering. Sedangkan tahu slawi adalah tahu kuning bentuk segitiga yang diisi adonan tepung kenyal-kenyal kaya siomay. Baik tahu & tempe semua terasa gurih & tepungnya memakai daun bawang. Tapi kalau mau beli kesini mesti malem, karena jam bukanya sekitar jam 5 an.

2. PISANG GORENG PONTIANAK & TEMPE MENDOAN PRIMA RASA FATMAWATI (**)

Di jalan RS Fatmawati di seberang DBEST paling terkenal martabaknya. Ada 3 restoran martabak yang buka 24 jam tapi sekaligus menjual menu masakan chinese food & seafood. Nah diantara 3 retoran tsb lah terselip 1 tempat yang menjual gorengan pisang kipas, sate pisang, tempe mendoan, tahu isi & gandasturi. Harganya sekitar dua ribuan lah. Rasanya sih enak, pisang nya manis, tahu tempe nya gurih, tepung nya renyah & crispy. Jadi lumayan tuh kalo lagi ada acara arisan atau rapat RT, aku suka beli buat camilan. Jam buka 24 jam juga loh.

3. WARUNG MENDOAN KALIBATA (*)

Kantong lagi cekak buat makan di mall, atau lagi bosan makan fastfood, ya udah kesini aja, ke Taman Makam Pahlawan Kalibata. Loh !! Bukan buat nyekar, tapi buat makan enak & murah, karena diseberang jalan kompleks makam berjejer warung tenda yang banyak banget, panjang deretannya, segala masakan ada, dari masakan indonesia sampai masakan Jepang pun ada. Yang paling terkenal dan telah masuk berbagai media berita sih warung pecel madiun. Tempatnya paling (hampir) ujung kanan deretan. Tapi yang mau kubahas bukan makan disitu, melainkan warung mendoan pas didepannya. Disini tempat jual tempe mendoan yang makannya pake bumbu saus kacang yang rasanya pedes. Terus di warung ini juga menjual sroto loh. Yaitu soto ayam yang isinya potongan ayam, bihun, toge, krupuk merah, disiram kuah, dan diberi bumbu kacang diatasnya, sehingga kalau makan harus diaduk dulu jadi kuah sotonya menjadi kecoklatan karena tercampur bumbu kacang, jadilah sroto, bisa dicampur lontong atau nasi. Harga tempe mendoan 2ribuan dan srotonya 9ribuan. Warung dibelah kanannya menjual aneka tahu yaitu tahu brontak, tahu campur & tahu tektek. Tapi aku belum coba loh. Sedangkan warung sebelah kiri menjual nasi uduk & ayam goreng. Malah pas kemaren aku arisan disitu, temenku makan ayam, lagi ada promo, beli 1 gratis 1. Beneran loh, pas liat di bon nya, beli ayam 6 bayar nya cuma 3. Hebat ya, kaya di mall. Tuh kan lumayankan, makan dikawasan ini banyak banget pilihannya, dan murah meriah. Tapi ingat, jam bukanya malam. Tapi warung pecel madiun yang terkenal itu bukanya dari jam 7 pagi loh, jadi bisa buat sarapan. Selamat mencoba.

No comments: