Tuesday, June 09, 2009

Terpikat Nasi Punclut Waroeng Sunda (**)










http://food.detik.com/read/2009/06/09/150111/1144843/287/terpikat-nasi-punclut-waroeng-sunda

Kania Kurniasari - detikFood
Jakarta - Nama: Kania Kurniasari
Email: kania.kurniasari[at]id.ey.com

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Bandung demi merasakan kelezatan makanan rumah a la Sunda dan Jawa. Karena di Tangerang ada sebuah rumah makan yang menyediakan segala macam masakan gabungan dari keduanya. Mulai dari aneka pepes, sop, sampai dengan nasi punclut. Hmm..seperti apa sih nasi punclut itu?

Semakin seringnya saya ke daerah Tangerang, membuat saya semakin kenal bahwa Tangerang juga kaya akan kulinernya. Selalu ada saja tempat makan yang baru yang layak dicoba. Selain itu banyak juga koran, majalah & website yang mengulas kuliner kawasan Tangerang.

Kalau saya menjemput suami dari Bandara, saya sengaja lewat Serpong dan melewati tol JORR untuk menghindari macetnya tol dalam kota. Nah, saat melewati daerah itulah saya mampir ke sebuah resto yang bernama Waroeng Sunda. Kenapa say amemilih mampir ke temapt ini, karena saya pernah melihat ulasan tentang resto ini disebuah Koran di Jakarta. Selain itu juga tiap kali saya lewat are parkirnya tidak pernah sepipengunjung, ini yang membuat saya makin penasaran.

Memasuki rumah makan itu, sekitar jam 8.30, dan hujan rintik-rintik, disambut oleh petugas parkir yang sigap memayungi kita. Saat masuk, tempat makan terbagi menjadi beberapa ruangan, yaitu didalam ada ruangan untuk umum, dibelakang ada ruangan untuk VIP reserved, serta diluar ada saung-saung serta lesehan. Tapi karena hujan, kita pilih duduk didalam saja. Cuma tempat duduknya itu loh, berbentuk gelondongan kayu bulat yang gak ada senderannya. Wah ini tandanya gak bisa santai lama-lama disini nih.

Setelah disodori buku menu masakan khas Sunda & Jawa, yang terdiri dari aneka masakan ikan gurame, patin, lele, udang, cumi, pepes, sate, ayam, sop, daging sapi, jeroan, nasi Punclut, sayur, gorengan pelengkap, menu anak-anak, jajanan tradisional, minuman tradisional, jus & es campur, maka pilihan saya jatuh pada : nasi punclut, lele goreng & sop buntut goreng serta es cincau hijau.

Nasi Punclut, rupanya menu rekomendasi di sini, yaitu nasi yang berbentuk kerucut, seperti tumpeng kecil, yang ditaruh di piring, bisa memilih nasi putih, merah atau uduk, disertai 4 macam pilihan lauk, yaitu gurame goreng tepung, ayam bakar / goreng, atau empal. Lalu ditambah tahu & tempe serta sayur asem.

Pilihan saya tentu saja gurame goreng tepung, yaitu potongan daging gurame yang digoreng dengan tepung, ditambah dengan bumbu kremes, rasanya enak, gurih serta empuk. Mantap, cocok sekali dengan selera saya. Tahu dan tempenya juga besar-besar, enak & gurih. Serta sayur asemnya enak & segar, isinya juga lengkap. Ditambah kerupuk kampung berbentuk oval, lalu dicocol dengan sambel, uenak tenan!

Disini kita bisa mengambil aneka sambal & lalap sepuasnya. Ada sambal dadak, dimana pas saya datang, mba nya tengah sibuk 'ngulek' dimeja sambal ditengah ruangan, lalu ada sambal terasi, kalasan, kecap & dabu-dabu. Semua jenis sambal itu kita coba semua loh!

Sop buntut gorengnya sedikit unik. Potongan buntutnya lumayan banyak tapi buntut nya berbentuk seperti semur,tidak kering, diselimuti saus kental yang rasanya manis tajam. Sebenarnya enak sih buat penggemar manis, empuk pula. Sopnya semangkuk besar, kuahnya banyak, berisi potongan wortel, rasanya enak & gurih, serta disajikan dengan emping. Sehabis makan, saya mencoba cincau hijau nya, dengan sirup gula putih & diberi sedikit santan, wah acara bersantap jaid semakin enak dan segar!

Saat membayar saya cukup terkejut, pasalnya harganya cukup murah untuk rasa yang uenak tenan! Seporsi nasi punclut hanya berkisar dari Rp 18.500- Rp 20.000,00. Lelenya Rp 12.000. Nah buntut nya Rp 27.000 saja. Ditambah nasi, krupuk, ati ampela, cincau & teh, total tagihan hanya Rp 116.050. Wah boleh juga nih, enak, kenyang tapi terjangkau.


Waroeng Sunda
Jl Raya Serpong KM 8 no. 88
(Sebelah SPBU Pertamina) Pondok Jagung, Tangerang
Telp 021 5315 7976, fax 021 5315 7671
Jam buka jam 11 pagi -10 malam. Yuu dicoba

No comments: