Sunday, May 24, 2009

ULASAN KULINER PENANG BISTRO (***)





Penang Bistro, dari namanya aja udah ketahuan ini masakan Malaysia. Terbayang sudah nasi lemak, gulai, kari, dan masakan lainnya yang tidak jauh dari santan. Hampir mirip dengan masakan Padang, jadi agak malas mencobanya. Tapi sekarang image itu sudah berubah 180 derajat. Kenapa ? Ini dia kisahnya.
Untuk merayakan farewell dinner temen kantor ku, maka ku tanya sama dia, mau makan dimana. Jawabannya adalah Penang Bistro. “Enak kok mba, temen-temen kantor suamiku sering makan disini, cobain yuk” katanya. Ya okelah minta menunya dulu, di fax ke kantor. Rupanya menunya cukup variatif loh, dan hilanglah bayangan gulai & nasi lemak itu.
Menu ala carte nya terdiri dari :
1. Appetizer & soup, diantaranya roti canai, satay, shark fin soup, tom yam soup, seafood soup. Harganya antara 19.000-27.000 kecuali shark fin 125.000.
2. Noodle & rice, diantaranya kway teow, mee goreng, bee hoon, mee shua, laksa, nasi lemak, nasi hainam, nasi goreng. Harganya antara 35.000-42.000.
3. Beef & poultry, diantaranya manggo chicken, ayam goreng terasi, roasted chicken tangry sauce, claypot chicken curry, kung pao chicken, sizzling beef, black pepper beef, beef oriental sauce. Harga chicken antara 43.000-48.000 & harga beef antara 79.000-81.000.
4. Vegetable, diantaranya buncis, kangkung, tahu, kalian, tau miaw, mushroom. Harganya antara 38.000-45.000.
5. Seafood, diantaranya berbagai jenis udang, kepiting, cumi, ikan, kerang. Harganya minimal 34.000 sampai tergantung harga per ons nya.
6. Dessert, diantaranya es kacang, durian cendol, pulut hitam, merah delima, es campur, ice cream, mantao, mixed fruit & jus. Harganya antara 16.000-39.000.
Wah jadi lapar mata nih. Tapi karena harganya lumayan mahal & kita juga memilih makan tengah, maka pilihan menu kami jatuh pada : roti canai chicken curry & Roti canai tissue sebagai pembuka, nasi dengan lauk udang mayones, ayam goreng terasi, kailan ikan asin, Malay mee goreng, 3 kind baby mushroom, dessert es kacang, ice pink guava, jus kopyor & fruit platter.
Sekarang pilihan lokasinya, ada 3 nih di Jl. Pakubuwono VI no 2 Jak Sel, Jl. Kebon sirih raya no 59 Jak Pus & Oakwood residence Jl. Lingkar mega kuningan. Nah kami pilih lokasi di Oakwood, karena cukup adil bila dijangkau dari gd. BEI & Grand Melia. Telponnya 021 2554 2318-19.
Tibalah hari H, kami berangkat setelah Magrib dari BEI, dan jalanan macet karena besok adalah long weekend. Tapi rasa cape kami terobati setelah sampai di tempat. Oakwood residence adalah sebuah apartemen diseberang mall Ambasador, dimana ruang lobi masuknya dipenuhi dengan berbagai café & restoran, dan Penang bistro terletak di lobi lantai 2. Memasuki ruang restorannya yang bagus & mewah, dengan karpet tebal, kami mendapat meja bundar dengan pemandangan keluar. Pengunjungnya cukup banyak, berpenampilan keren & banyak bulenya. Kita langsung rileks & nyaman, hanyut dalam obrolan & foto-foto. Setelah semua teman berkumpul, langsung ku pesan menu sesuai kesepakatan semula.
Istimewanya pelayanan di sini cepet juga ya. Tidak begitu lama, roti canai kami tiba dimeja. Roti berbentuk lipatan dan tipis, lalu digoreng sehingga roti mengembang, garing, berwarna kuning kecoklatan, pinggirannya kriuk-kriuk crunchy dan bagian tengahnya empuk, disajikan bersama kari ayam. Cara makannya roti disobek, dan dicocol ke kari. Wuih enaknya, roti yang rasanya gurih dicocol ke kuah kari yang kental, kaya akan bumbu rempah & rasa karinya tajam, walaupun memakai ayam tapi rasanya seperti memakai daging kambing & wangi. Sedap nian deh, istimewa. Lalu roti canai tissue adalah roti canai yang lebih super tipis lagi seperti tissue, sehingga digoreng sehingga garing & melengkung. Roti berwarna putih agak kecoklat disana-sini. Roti yang kering renyah rapuh rasanya enak, manis gurih karena memakai butter & susu kental manis.
Dalam sekejap hidangan pembuka kami ludes, tapi tak berapa lama hidangan utama pun datang. Udang mayones adalah udang digoreng tepung lalu diselimuti mayones, ukuran udangnya besar-besar & rasanya enak & gurih. Ayam goreng terasi adalah potongan ayam dengan tulangnya, yang digoreng tepung yang telah mengandung bumbu-bumbu & terasi, hingga kering & berwarna coklat, rasanya enak & gurih. Kailan ikan asin adalah tumis sayur kailan yang ditaburi dengan potongan ikan asin jambal roti, sayur terasa segar & enak. Malay mee goreng adalah mi goreng yang mirip dengan mi aceh gitu, dimana rasanya kaya akan rempah, tidak begitu asin, campurannya adalah telur, kentang goreng yang dipotong kotak-kotak, toge serta udang & cumi. Terakhir, 3 kind baby mushroom adalah 3 jenis jamur yang masih kecil-kecil yang ditumis bersama jagung putren & bokcoy, bumbu tumisannya itu berwarna coklat yang rasanya asam segar & tidak begitu asin. Semua masakan ini bumbunya sangat pas & nikmat.
Akhirnya dessert time. Fruit platter terdiri dari potongan buah melon, semangka & jeruk sunkis, isinya banyak & segar. Es kacang adalah semacam es campur yang berisi berbagai kacang kecil-kecil seperti kedelai, ditambah potongan cincau hitam & cente manis kecil-kecil dan warna warni, ditutupi dengan es serut yang diberi susu & sirup moka. Istimewa. Ice pink guava adalah jambu biji yang dipotong kecil-kecil dicampur dengan cente manis kecil-kecil dan warna warni juga, sama dengan es kacang, lalu ditutupi es serut dan diberi sirup merah. Ah segar. Sedangkan jus kopyor adalah kopyor yang di jus, diberi susu dan sirup rasa rose, pas diminum masih ada kopyor yang belum lumat. Enak sekali. Pokoknya kita semua kenyang deh, memuaskan, yummy.
Tibalah waktu pulang, kita saling berpelukan & bertukar pesan. Sedih juga melepas teman kerja yang sedikit demi sedikit berkurang karena mendapat kesuksesan ditempat lain. Apalagi setelah bekerja lebih dari 10 tahun. Semoga sukses kawan, jangan lupakan aku…

No comments: