Label

Minggu, Maret 29, 2009

ULASAN KULINER BASO TAHU AHA (***)

Baso, makanan ini banyak banget ada dimana-mana. Di mall ada, di pinggir jalan ada. Paling enak dimakan saat santai sore, atau saat hujan, bahkan saat flu menyerang. Tapi kan ngak semua masakan baso enak & higenis. Apalagi buat aku yang bukan penggemar baso, mesti pilih-pilih dulu. Tapi ini ada baso istimewa yang enak & dekat dari kantor. Namanya Baso Tahu AHA, di jalan Senopati no 51 (Jak Sel), kan ada belokan ke SCBD, jangan belok tapi lurus terus, beberapa meter dari situ udah kelihatan tuh Apotik Potenza (telpon 021 521 3035), nah disebelahnya nempel tuh tempat makan Baso Tahu AHA. Tempatnya sih sederhana, tapi rapih & bersih, terdiri dari 2 ruangan ber AC & tidak, serta full music.
Walaupun judulnya Baso Tahu AHA, ada juga menu lainnya, yaitu siomay bandung, otak-otak, pastel & es podeng. Sajian basonya pun beragam, misal baso isi 5, ini yang paling murah, terus baso isi 5 tambah tahu, ini lebih kenyang karena tahunya besar, jadi cocok juga buat makan siang, bahkan ada baso isi diatas 10 plus tahu, yang paling mahal, Rp 16.000, cocok deh buat oleh-oleh orang rumah. Semua sajian baso ini bisa ditambah bihun atau mi kuning, jadi makin kenyang.
Lalu dimana istimewanya baso ini ? Baso ini berupa baso halus yang terdiri dari 2 bentuk yaitu bulat dan gepeng, tapi rasanya berbeda dan sama-sama enak serta berasa dagingnya. Sedangkan tahunya berupa tahu putih yang besar, halus & lembut, yang ditempelin baso halus juga. Heem enak. Lalu kuahnya bening & gurih, tapi apabila diberi cincangan bawang putih goreng sekaligus dicampur dengan minyak gorengnya sekalian, akan terasa lebih guriiih & enak banget, pokoke nikmat deh.
Kalo menu lainnya gimana ? Temenku udah nyoba siomay nya, biasa aja tuh. Pastel & otak-otaknya ya lumayan sih. Tapi ada cerita lucu nih. Waktu rombongan anak kantor pada makan siang disitu, mereka ditawarin otak-otak sama mba nya. Harganya Rp 5.000 / 1 biji. Lalu diberilah 1 porsi isi 10 otak-otak. Tapi mereka cuma makan 3 biji doang. Pas dikasih bonnya, kagetlah mereka harus membayar Rp 50.000 untuk 1 porsi. Rupanya walaupun cuma makan 3 biji doang, seluruh otak-otak tsb ke 2 ujung daunnya sudah dipotongi semua pake gunting, jadi kan sudah terbuka, jadi semuanya harus dibeli. Beda sistemnya dengan di toko lain, yang bayarnya untuk yang dimakan doang. Tapi otak-otaknya itu bentuknya lumayan besar & fress banget, kalo ada yang pesen baru dibakar, jadi masih panas.
O iya perkenalan ku dengan Baso Tahu AHA juga ada ceritanya. Gara-gara ada acara makan siang bareng dikantor, dengan menu nasi uduk ayam bakar & sate ayam, tapi ada seorang penggemar Baso Tahu AHA yang memesan baso ini. Wah pas disajikan, semua orang pada rebutan, dan aku gak kebagian malah kebagian ceritanya doang yang katanya uenaaak banget. Kan penasaran jadinya. Jadilah aku kesana & ketagihan deh, termasuk nyokap yang sering ku bungkusin.

Tidak ada komentar: