Saturday, April 21, 2018

4 tingkat rasa pedas di Sambal Karmila (*)

Kebetulan, pas kami ke Bintaro dan mencari tempat makan ayam goreng, secara tak sengaja kami menemukan sebuah resto ayam baru bernama Sambal Karmila di Jl. Bintaro Utama 5 Blok E/A2 No. 27 Pondok Aren. Iklannya berbunyi “nikmati citarasa rempah khas Indonesia yang tersaji di setiap menu andalan 4 Menu Ayam & 2 Menu Bebek plus ke 12 Jenis Sambal Geledek yang menggelegar”. Nah kalau sudah mendengar kata sambal, apalagi dengan embel-embel “Geledek yang menggelegar” pula, maka dapat dipastikan suami ku langsung mampir.


Ketika kami masuk, hampir semua meja makan sudah penuh terisi. Tempat makannya berupa meja dan bangku kayu yang disusun berdekatan. Kami menemukan sebuah celah kosong diantara 2 meja pengunjung yang sudah terisi. Cara memesan menu bisa langsung mengisi jumlah pesanan di selembar kertas berisi daftar menu. Tapi sebelum memesan, kami melihat-lihat dulu didalam buku menu karena setiap menu ada gambarnya yang menggoda iman.


Sebagai pecinta ayam goreng, saya memesan menu ayam goreng rempah rawit dan suami sebagai pecinta ayam bakar, memesan menu ayam bakar rempah. Nah cocok kan, saling melengkapi hehehe. Nasi dipesan secara terpisah. Lalu saya melihat sebuah menu cihuy yang jarang ada ditempat lain yaitu kulit goreng nyoss, sedangkan suami memesan menu favorit khas warteg yaitu kol goreng mentega duniawi. Untuk sambalnya kami memesan sambal juara dunia dan sambal terasi serta minuman leci yakult dan es jeruk peras asli.

Ternyata malam itu pesanan kami lama sekali datangnya. Memang semua meja makan sudah penuh terisi pengunjung dan mungkin saja sdm yang ada belum terlalu cekatan. Ya sudah kami tunggu saja dengan sabar dan lapar.


Setelah pesanan kami tersaji dimeja, ayam yang digunakan adalah jenis ayam negeri, dengan ukuran sedang. Rasa ayam memang enak dan berempah sesuai dengan iklannya. Ayam goreng rempah rawit ditaburi kremesan rempah yang mengandung biji-biji cabe rawit. Kulit ayam goreng nya benar-benar cihuy dan kriuk. Kol gorengnya biasa tapi memang disiram mentega cair diatasnya.


Mengenai sambalnya ada 4 tingkat berdasarkan rasa pedas. Setiap tingkat berisi 3 jenis sambal yaitu sambal level terendah adalah pedas manja, naik menjadi judes menggoda, pedas naga dan lidah dewa yang rasa pedasnya paling dasyat. Sambal pesenan kami adalah sambal juara dunia dan sambal terasi termasuk dalam level 1 dan 2 yang paling rendah, jadi tidak bikin mata menangis.

Mengenai harganya cukup terjangkau yaitu ayam goreng / bakar Rp 18.500 belum termasuk nasi Rp 5.000, kulit Rp 15.000, kol Rp 12.000, sambal Rp 4.000, jeruk peras asli Rp 15.000 dan leci yakult Rp 12.500 yaitu es sirup leci dicampur yakult. Resto ini cocok buat makan rame-rame, acara arisan, dll, tapi kalau kami lebih suka ayam kampung sih.










2 comments:

Pupuk Hayati M-BIO said...

wah, kayaknya seru banget makan disana

agenayamterpercaya said...


Artikel kamu bagus gan! aku selalu menunggu artikel kamu.. Sebagus artikel ini Penyebab Ayam Laga Tidak Bertenaga