Saturday, January 11, 2014

Kehebohan Freeze ice cream (*)










Sekarang lagi booming yang namanya Liquid Nitrogen Ice Cream atau es krim nitrogen cair. Jadi penasaran kaya apa rasanya dan bagaimana cara pembuatannya. Es krim nitrogen yang pertama di Indonesia adalah LIN Artisan Ice Cream di Kemang. Tapi sampai sekarang kami belum kesampaian makan disana. Minggu lalu ketika kami pergi ke Mall Taman Anggrek, saya teringat ada sebuah gerai es krim nitrogen di Mall tsb, yang saya baca dari Detikfood, maka kami pun segera mampir kesana.

Gerai tsb berada dilantai 4. Kami berjalan pelan mencari gerai tsb sambil menonton pertunjukan ice skating dilantai dibawahnya. Terlihat dari kejauhan ada sebuah gerai berwarna hitam, yang mengeluarkan banyak asap serta dikerubungi banyak pengunjung. Tidak salah lagi, itu pasti tempat yang kami cari. Ketika kami mendekat, gerai es krim yang bernama Freeze itu, sedang dikerubungi pengunjung yang memang sedang mengantri atau sekedar menonton pertunjukan pembuatan es krimnya saja.

Kami segera ikut dalam antrian. Sambil menunggu, saya membaca penjelasan mengenai Freeze ice cream didinding gerai tsb. Freeze ice cream adalah es krim yang berasap, yang dibuat dalam 1 menit, dengan tehnik gastromolecular, menghasilkan kualitas premium, partikel es yang lebih kecil, dengan tekstur es krim yang sangat halus, fresh karena baru dibuat ketika dipesan, dan lebih dari 1000 kombinasi rasa.

Cara memesannya adalah pilih ukuran es krim, mau kecil atau besar, lalu pilih rasanya, kemudian pilih tingkat gulanya, mau tanpa gula, gula sedikit atau gula normal, lalu pilih tambahan toppingnya bila mau. Dengan cara ini, pembeli bisa memesan sesuai keinginan, atau berkreasi sendiri, atau bahkan kebingungan mau pilih rasa apa.

Kalau ngga mau bingung, pilih saja menu “creation signature” mereka yaitu ice cream rasa : Banana, Milk tea, Taro, Kopyor, Chocolate, Vanila cookies&cream, Thai tea, Cheese cake, Dark chocolate caramel, Blueberry/Strawberry, Hazelnut, Coffe&peanut butter. Hmm kalau begitu saya pilih Dark chocolate ukuran kecil tanpa topping dan gula normal, dan suami memilih Brazilian nut yaitu Coffe&peanut butter ice cream with oreo&caramel sauce.

Sambil menunggu pesanan kami jadi, kami menonton cara pembuatannya. Pertama, semua bahan-bahan es krim seperti susu, gula, dll dimasukkan ke dalam mangkok aluminium dan diaduk sampai bercampur, kemudian dicampur dengan nitrogen cair sehingga menimbulkan efek berasap, langsung diaduk lagi sampai bahan-bahan tsb membeku dan menjadi es krim dalam jangka waktu 1 menit. Terakhir, es krim dimasukkan kedalam cup atau mangkuk waffle dan tambahkan toppping sesuai pesanan. Nah jadi deh es krim pesanan kami dan siap dinikmati.


Setelah kami cicipi dan renungkan, saya merasa rasa es krim ini tidak istimewa, selain cara pembuatannya. Walaupun gula yang saya pilih ukurannya normal, tapi tetap tidak terasa manis. Semua detail penjelasan Freeze ice cream memang benar dan terbukti, kecuali 1 hal yaitu tidak menghasilkan rasa yang berkualitas premium. Karena saya tetap memilih Haagendazs atau Coldstone creamery yang jauh lebih menonjol rasanya. Rasa dark chocolatenya lebih pahit, lebih manis dan lebih creamy. Itulah rasa es krim yang sebenarnya, yang lebih menjual daripada pertunjukan cara pembuatannya. Kalau begitu saya harus mencoba LIN Artisan Ice Cream agar lebih objective terhadap Liquid Nitrogen Ice Cream.

No comments: