Thursday, May 16, 2013

Yumm Thai, masakan Thailand yang benar-benar yummy (**)








Hari ini kami berencana makan siang di Yumm Thai, yaitu resto masakan Thailand yang terletak di jalan Senopati no 66. Resto ini terbilang baru beberapa bulan berdiri. Sebelumnya kami sudah sering kesini tetapi dulu disini adalah resto Vietopia dengan menu andalan Pho Bo. Sekarang Vietopia sudah tidak ada lagi dan berganti pemilik menjadi resto Yumm Thai. Nah berhubung sohib saya hari ini berulangtahun, maka kesempatan buat kami minta traktir disini. Tempatnya juga dekat dengan kantor kami di kawasan SCBD Sudirman.

Nah kami berenam sudah sampai. Ketika memasuki resto ini terlihat suasana santai dan casual, yang ditandai dengan meja dan kursi yang terbuat dari kayu berwarna krem, dinding berwarna cerah bergambar gajah khas Thailand serta interior dengan pernak pernik khas Thailand.

Menu disini punya keunikan tersendiri, yaitu pengunjung dapat memilih menu yang dimasak sesuai dengan selera masing-masing. Cara yang tertulis dibuku menu adalah pertama, memilih protein yaitu ayam, daging, seafood atau tahu. Langkah kedua adalah memilih bumbu yaitu bumbu red curry, green curry, black pepper, three flavor, tom yum, thai herbs, chilli & basil. Langkah terakhir adalah memilih antara nasi putih, nasi merah atau sayuran rebus. Set menu ini sudah termasuk lumpia sayur dan mango salad loh. Tapi selain itu ada juga menu ala carte yaitu phad thai, nasi goreng, salad, soup, sayuran serta snack and sides.

Karena kami ingin makan tengah, maka kami lebih memilih menu ala carte. Pilihan kami adalah chicken pandan, vegetable spring roll, thai fish cake, fried brocoli, tom yam seafood soup, beef phad thai, dan grilled chicken. Dan inilah reviewnya.

Pertama tom yum seafood soup nya, hmm nikmat dan segar, tidak terlalu asam dan pedas, walaupun warnanya kemerahan. Cocok dilidah dan perut. Isinya pun banyak yaitu udang, ikan serta jamur. Kemudian fish cake yaitu otak-otak ikan tapi bentuknya bulat seperti perkedel, semakin nikmat dimakan bersama sausnya yang terasa asam pedas. Beef phad thai, ini favorit ku, karena rasa bumbunya yang tajam dan mi nya yang lembut. Lalu fried brocoli adalah tumis brocoli bersama aneka sayur lainnya seperti jamur, wortel dan keputren, dengan saus kecoklatan dan ditaburi cincangan bawang putih goreng. Sayurannya segar, bumbunya mantap, rasanya sedap nian. Ayam pandan adalah potongan ayam yang telah dibumbui dan dibungkus daun pandan, lalu digoreng sehingga menghasilkan ayam goreng yang harum dan empuk, dengan bumbu yang meresap sempurna. Grilled chicken adalah ayam panggang yang telah diiris-iris, dengan warna kecoklatan serta sedikit gosong yang menggoda, disajikan bersama salad mangga dan saus asam manis pedas. Ayam ini enak, hanya saja rasanya agak asin dan terlalu berlemak. Terakhir lumpia sayurnya renyah dan empuk.

Mengenai harganya rata-rata tiga puluh ribuan, yaitu yang paling murah adalah brocoli  Rp 18.500, dan yang termahal adalah beef phad thai Rp 44.500. Begitu pula dengan minumannya antara Rp 11.500 untuk ice tea dan yang termahal adalah jus semangka saya Rp 25.000. Harga yang kami bayar setelah tax adalah Rp 428.400. Bila dibagi 6 orang jatuhnya masing-masing sekitar tujuh puluh ribuan. Lumayan mahal sih.

Jadi kesimpulan saya atas resto ini adalah makanannya enak dan yummy, porsinya tidak terlalu besar alias kurang kenyang, harga termasuk mahal, suasana akrab dan santai, tetapi saya merasa duduk terlalu sempit, karena ukuran meja dan kursi yang tidak terlalu besar. Pelayanan cepat dan ramah serta ruang resto yang indah, bersih dan nyaman. Buat yang ingin mencoba makan kesini, bisa telpon dulu di 021 726 1162 untuk menjamin ketersediaan tempat.
 
 

No comments: