Tuesday, January 01, 2013

The Goods Cafe, the good food (**)





Makan siang dimana hari ini ? Itu pertanyaan rutin orang kantoran seperti saya. Kebetulan kantor saya terletak persis diseberang Pacific Place mall. Jadi sekali-kali ketika sedang bosan masakan rumah atau kantin, kami pergi keseberang unutk mencari nuansa baru.
Rupanya ada sebuah departmen store baru dilantai 1 yaitu The Goods Dept. Tempatnya tidak begitu besar dan berisi produk fashion yang terbatas dan unik hasil rancangan desainer dalam dan luar negeri. Tapi sebenarnya yang akan saya bahas adalah sebuah cafe yang merupakan bagian dari dept store tsb, namanya The Goods cafe.
Cafe ini tempatnya tidak begitu luas, namun peminatnya cukup banyak. Ini terlihat ketika kami berkunjung untuk makan siang disini. Ruang makannya terbagi menjadi 3 tempat yaitu ruang dalam yang bersatu dengan dept store, ruang luar disamping dept store, serta beberapa meja yang disusun berjajar diseberang dept store, dikoridor mall. Karena pengunjung lumayan penuh, kami hanya mendapat tempat dikoridor mall. Terus terang saya kurang menikmati duduk disini karena selain tempatnya yang terbuka dan menjadi tempat lalu lalang pengunjung mall, selain itu kursinya pun kurang nyaman untuk makan karena dudukannya yang tidak sejajar serta mejanya terlalu rendah. Sebenarnya furniture tsb merupakan rancangan yang cukup keren, hanya kurang cocok saja buat makan siang. Walau begitu ketidaknyamanan tsb akan kami abaikan dulu mengingat rekomendasi dari teman bahwa makanan disini dijamin enak.
Menu yang tersedia tidak begitu banyak dan khas makanan cafe, yaitu terdiri dari salads, soups, snacks, asian foods, sandwich, burger, pasta, tacos, steak, cake dan dessert. Sebenarnya saya sudah ngiler banget dengan tulisan ?arm chocolate cake in a jar? Tapi menu cheese burger dan caesar salad lebih masuk akal untuk makan siang. Teman saya memesan meatball sandwich dan general tsao? chicken.
Untungnya walaupun pengunjung cukup banyak, pesanan kami termasuk cepat datangnya. Disajikan diatas piring putih yang lebar, menjadikan semua hidangan pesanan kami terlihat banyak, besar, cantik dan menggiurkan.
Sajian pertama adalah general tsao? chicken, sebagai perwakilan dari asian foods, berupa nasi goreng berwarna kuning disajikan bersama potongan ayam berbumbu berwarna kecoklatan dan ditaburi wijen. Potongan ayam tsb digoreng tepung lalu dibumbui soy sauce. Ketika dimakan rasanya manis dengan semburat rasa pedas dan sedikit gurih, cocok berpadu dengan nasi goreng yang rasanya sedikit gurih. Walaupun tekstur nasinya agak sedikit lengket dan menggumpal, tapi secara keseluruhan rasanya enak dan cocok dilidah kami.
Sajian kedua adalah meatball sandwich. Penampilannya berupa roti hotdog yang berisi 4 buah daging cincang berbentuk bulat yang dibumbui dengan saus tomat, serta disajikan bersama kripik kentang. Meatballnya matang dan terasa empuk dengan bumbu asam segar dari saus tomatnya, rotinya empuk dan kripik kentangnya renyah dan asin.
Terakhir cheese burger dan caesar salad, yaitu berupa cheese burger klasik yang disajikan bersama kripik kentang dan sayuran segar. Burger berupa daging cincang yang lumayan tebal, matang dan empuk, digrill dengan bumbu minimalis, dimakan bersama roti burger yang empuk. Keistimewaannya daging burger masih terasa juicy. Kekurangannya, kejunya kurang terasa karena tipis. Tapi kripik kentangnya banyak dan sayurannya pun segar.
Caesar salad didominasi dengan daun letuce yang diberi sedikit dressing dan taburan keju parmesan, diberi topping irisan daging ayam grill dan 2 potong roti garlic. Saya suka banget karena cocok dimakan bersama cheese burger.
Kesimpulan akhir, semua sajian terasa memuaskan, enak dan mengenyangkan. Kelemahannya adalah harganya lumayan mahal dan bikin kantong kering kalau tiap hari makan siang disini. Yang paling mahal adalah Cheese burger Rp 65.000, disusul dengan general tsao? chicken dan meatball sandwich, masing-masing @ Rp 50.000, yang termurah (tapi mahal) saladnya Rp 45.000. Buat kami, The goods cafe, menyajikan good food with poor price.

No comments: